Tampilkan di aplikasi

Menbedakan proyrksi investasi bisnis Franchise dan bisnis yang belum difranchise

Majalah Franchise Indonesia - Edisi 11/XI/2017
14 Maret 2018

Majalah Franchise Indonesia - Edisi 11/XI/2017

Jadi, apa yang diminta oleh Franchisor untuk dijalankan Franchisee adalah sebuah desain, proses, dan tata cara yang sudah terbukti berhasil, yang disebut sebagai Bisnis Model. / Foto : Istimewa

Franchise Indonesia
Waralaba atau franchise adalah salah satu dari sekian banyak sistem pemasaran. Tetapi karena sistem ini tinggi tingkat keberhasilannya (bila dijalankan oleh pebisnis yang mastery di bisnisnya dengan sistem franchise yang benar), maka orang mulai menganggapnya sebagai sebuah industri tersendiri.

Pada prinsipnya franchising adalah duplikasi dari pengalaman sukses sebuah bisnis untuk dijalankan oleh orang lain. Itu sebabnya jika Franchisee berinisiatif untuk menjalankan metodanya sendiri (atau menerapkan pengalamannya sendiri) pada bisnis tersebut, Franchisor akan keberatan. Franchisor akan meminta Fanchisee untuk menjalankan bisnis tersebut sesuai dengan pengalaman sukses Franchisor.

Bila Franchisee ingin menjalankan metoda bisnisnya sendiri, maka Franchisor sudah pasti tidak/ belum memiliki pengalaman sukses dengan cara tersebut (atau telah memiliki pengalaman tersebut dengan hasil tidak lebih berhasil dari metoda sesuai pengalaman yang diterapkan dalam sistem franchise-nya), oleh sebab itu Franchisor menolaknya. Penolakan sangat terkait dengan nama baik dari Merk/ Brand milik Franchisor yang Franchisee “sewa”.

Jadi, apa yang diminta oleh Franchisor untuk dijalankan Franchisee adalah sebuah desain, proses, dan tata cara yang sudah terbukti berhasil, yang disebut sebagai Bisnis Model. Mengenai bisnis model ini, apakah persis sama dengan desain, proses dan prosedur bisnis awalnya? Apakah investasi serta biaya-biaya yang dikeluarkan sama dengan bisnis aslinya? Desain dan proses adalah sama.
Majalah Franchise Indonesia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI