Tampilkan di aplikasi

Majalah Franchise Indonesia - Edisi 07/XIII/Juli-Agust 2018

Pengetahuan tentang produk yang ditawarkan sudah mutlak menjadi kewajiban bagi franchisor.

Franchise Indonesia
Sebagai pedagang seharusnya sudah bisa mengerti dan memahami seluk beluk barang yang dijualnya. Baikburuk, cacat-tidaknya barang harus dapat diketahui telebih dahulu agar dapat meminimalkan resiko kekecewaan dari pembeli yang kecewa dengan barang yang dibelinya, yang dapat merusak citranya sebagai seorang pedagang maupun barang dagangannya.

Begitupun seorang franchisor harus dapat mengerti seluk-beluk produk dan bisnis yang dijalankannya, agar dapat dengan benar menjelaskan kepada calon franchisee maupun menjual dengan cara yang baik dan menarik. Pengetahuan tentang produk yang ditawarkan sudah mutlak menjadi kewajiban bagi franchisor. Pasalnya tidak semua calon franchisee atau pembeli buta akan pengetahuan mengenai produk yang ditawarkan.

Dengan zaman informasi yang serba canggih seperti saat ini, informasi apapun dapat dengan mudah dan cepat diakses. Maka dari itu seorang franchisor yang baik haruslah berpikir bahwa orang yang sedang ditawari bisnis atau produknya pasti mengetahui minimal sedikit tentang bisnisnya maupun bisnis frinchese secara umum. Hal ini untuk menghindari terkesan bohong dan memperdaya orang lain.

Franchisor pun harus memahami bahwa ada calon franchisee yang sudah memiliki pengetahuan sebelumnya mengenai bisnis maupun produk yang ditawarkan, dan ada juga calon franchisee yang sama sekali belum mengetahui.

Bagi calon franchisee yang sudah memiliki pengetahuan sebelumnya, franchisor jangan memperlakukannya seperti orang yang tidak mengerti apaapa, mereka biasanya ingin mendapatkan sesuatu yang baru untuk memberikan alasan yang kuat agar bergabung atau mereka juga ingin mendapat informasi yang baru untuk menambah pengetahuannya. Calon franchisee yang masih sedikit mengetahui informasi atau bahkan belum sama sekali tahu, harus dijelaskan sedetail dan sebaik mungkin agar mereka mendapatkan informasi yang utuh dan tidak salah sangka.
Majalah Franchise Indonesia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI