Tampilkan di aplikasi

Buku Garudhawaca hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Sekolah Dasar

1 Pembaca
Rp 75.000 53%
Rp 35.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 105.000 13%
Rp 30.333 /orang
Rp 91.000

5 Pembaca
Rp 175.000 20%
Rp 28.000 /orang
Rp 140.000

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Secara umum buku ini membahas berbagai laporan pengamatan dan studi secara deskriptif terkait dengan implementasi Penguatan Pendidikan Karakter pada jenjang Sekolah Dasar, khususnya di Kota Bandar Lampung. Isi utama dalam buku ini meliputi: Pendahuluan, di dalamnya terangkum berbagai problematika implementasi pendidikan karakter di sekolah sampai pada novelty dari apa yang telah dikaji sebelumnya. Kemudian berlanjut pada teori klasik mengenai nilai karakter, program PPK, dan karakteristik pembelajaran di SD. Bagian inti buku ini memuat implementasi PPK berbasis kelas, implementasi PPK berbasis budaya sekolah, dan implementasi PPK berbasis masyarakat yang kesemuanya itu bermuara pada perilaku siswa SD yang berkarakter.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Yufiarti / Muhammad Japar / Yulia Siska

Penerbit: Garudhawaca
ISBN: 9786234220605
Terbit: Februari 2023 , 203 Halaman










Ikhtisar

Secara umum buku ini membahas berbagai laporan pengamatan dan studi secara deskriptif terkait dengan implementasi Penguatan Pendidikan Karakter pada jenjang Sekolah Dasar, khususnya di Kota Bandar Lampung. Isi utama dalam buku ini meliputi: Pendahuluan, di dalamnya terangkum berbagai problematika implementasi pendidikan karakter di sekolah sampai pada novelty dari apa yang telah dikaji sebelumnya. Kemudian berlanjut pada teori klasik mengenai nilai karakter, program PPK, dan karakteristik pembelajaran di SD. Bagian inti buku ini memuat implementasi PPK berbasis kelas, implementasi PPK berbasis budaya sekolah, dan implementasi PPK berbasis masyarakat yang kesemuanya itu bermuara pada perilaku siswa SD yang berkarakter.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Dengan memanjatkan puji syukur kepada ALLAH SWT, atas segala rahmat dan karunia-Nya pada penulis, akhirnya penulis dapat menyelesaikan penyusunan buku yang berjudul Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Secara umum buku ini membahas berbagai laporan pengamatan dan studi secara deskriptif terkait dengan implementasi Penguatan Pendidikan Karakter pada jenjang Sekolah Dasar, khususnya di Kota Bandar Lampung. Isi utama dalam buku ini meliputi: Pendahuluan, di dalamnya terangkum berbagai problematika implementasi pendidikan karakter di sekolah sampai pada novelty dari apa yang telah dikaji sebelumnya. Kemudian berlanjut pada teori klasik mengenai nilai karakter, program PPK, dan karakteristik pembelajaran di SD. Bagian inti buku ini memuat implementasi PPK berbasis kelas, implementasi PPK berbasis budaya sekolah, dan implementasi PPK berbasis masyarakat yang kesemuanya itu bermuara pada perilaku siswa SD yang berkarakter.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan sampai menjadi buku ini dapat diselesaikan berkat dukungan dan bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang secara langsung dan tidak langsung memberikan kontribusi dalam penyelesaian buku ini ini. Secara khusus penulis menyampaikan terimakasih kepada Prof. Dr. Komaruddin, M.Si. selaku Rektor Universitas Negeri Jakarta, Prof. Dr. Dedi Purwana, E.S., M.Bus. selaku Direktur Program Pascasarjana, kemudian, Prof. Dr. Syarif Sumantri, M.Pd., selaku Koordinator Prodi S3 Pendidikan Dasar Universitas Negeri Jakarta.

Ucapan terimakasih disampaikan kepada Prof. Dr. Sapriya, M.Ed. dari Universitas Pendidikan Indonesia selaku penelaah yang telah memberikan saran dan arahan konkret agar tulisan yang disusun ini menjadi lebih baik. Begitu pula kepada Prof. Dr. Tjipto Sumadi, M.Si., M.Pd. dan Prof. Dr. Arifin Maksum, M.Pd., terimakasih atas tanggapan dan saran yang diberikan untuk menjadi karya sederhana yang semoga bermakna. Kepada rekan-rekan Pascasarjana S3 PD 2015 atas segala kebersamaan yang indah dari hari kemarin, hari ini, sampai esok hari. Kepada Ketua STKIP PGRI Bandar Lampung, Dr. Wayan Satria Jaya, M.Si. beserta pimpinan, staf pimpinan, rekan dosen, dan karyawan yang telah memberikan akses dan kesempatan untuk bertumbuh serta mahasiswa STKIP PGRI Bandar Lampung. Lalu, terimakasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung beserta responden yang dijadikan subjek kajian.

Untuk kedua orang tua, Bapak Drs. Juminto Hariyadi dan Ibu Dra. Hj. Fitria Akhyar, M.Pd., terimakasih untuk seluruh kasih sayang dan dukungan, juga untuk adik-adik saya, Dian Perwitasari, M.T. dan Rio Darmawan, S.Pr. Kepada keluarga besar Atmo Sarijan dan Akhyar Nawawi, keluarga Bapak Sugito Setiawan – Ibu Supadmi dan kepada sahabat yang telah memberikan semangat dan dorongan, terkhusus untuk pendamping hidup, Andri Wicaksono, untuk anak-anak (Khansa Putri Pratama W. dan Davendra Jagadhita Wicaksana) serta kawan sebangsa se-tanah air.

Untuk itu, kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan, semoga buku ini dapat bermanfaat bagi berbagai pihak terkait Implementasi PPK di Sekolah Dasar.


Penulis

Yufiarti - Prof. Dr. Yufiarti, M.Psi. Lahir pada 17 Februari 1964. Pendidikan jenjang S1 pada Program Studi Psikologi Pendidikan dan lulus tahun 1985. Kemudian lulus Magister Psikologi dari Universitas Indonesia (1991). Kemudian, untuk jenjang S3 diselesaikan di Universitas Negeri Jakarta.
Pada tanggal 9 Juni 2010 dikukuhkan sebagai Guru Besar bidang Psikologi Pendidikan. Dalam pidato guru besarnya mengupas desain penelitian kualitatif dengan teknik Nvivo, yaitu aplikasi atau program komputer yang digunakan untuk analisis data kualitatif. Selain meneliti dan menulis untuk publikasi ilmiah, baik jurnal maupun dipresentasikan dalam seminar, ia juga beberapa kali menerbitkan tulisannya dalam bentuk buku, di antaranya: Pengantar Ilmu Pendidikan (Fakultas Ilmu Pendidikan UNJ, 2013). Sejarah dan Dasar-dasar Psikologi (Pusat Pengembangan Kemampuan Manusia, 2013), Profesionalitas Guru PAUD (Universitas Terbuka, 2008), dan Pendidikan Keluarga dalam Era Global (PT Tema Baru, 2021). Saat ini didaulat sebagai Dekan Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Jakarta. Sebelum menjabat sebagai dekan, pernah menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik di fakultas yang sama.


Muhammad Japar - Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si. Lahir di Teluk Betung pada tanggal 12 Februari 1966. Riwayat pendidikan yang telah dicapai yaitu S1 di PMP-KN IKIP Jakarta, S2 Ilmu Politik Program Pascasarjana Universitas Indonesia, dan S3 Teknologi Pendidikan PPs Universitas Negeri Jakarta. Saat ini, aktif sebagai dosen di Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, sekaligus menjabat sebagai Wakil Dekan II Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta. Sebelumnya, pernah menjabat sebagai Sekretaris Program Studi PPkn FIS UNJ (1999), Ketua Program Studi PPKn FIS UNJ (2003-2004), Kepala di SMA Labschool Cinere Depok (2004- 2007), dan Wakil Dekan II FIS UNJ (2013-2017). Saat ini menjadbat sebagai Wakil Direktur II di Pascasarjana UNJ. Seiring banyaknya pengalaman yang didapat, banyak pula karya yang telah dihasilkan. Karya-karya yang telah dipublikasikan yaitu buku “Demokrasi dan Hak Asasi Manusia Masihkah Utopis ?” (2015), buku “UUD 1945 dan Tujuh Konstitusi Negara”, “Teknologi dan Informasi Pendidikan” (2018), dan buku “Media dan Teknologi Pembelajaran PPkn” (2019). Selain menulis buku, juga aktif menulis di jurnal. Tak hanya itu, karya lainnya juga dimuat dalam publikasi ilmiah melalui prosiding. Beberapa karya mendapatkan Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari sebagai tenaga pengajar dan akademisi, hal yang selalu menjadi prinsip hidup adalah mengoptimalkan ikhtiar dan selalu yakin bahwa “Semua Akan Indah pada Waktunya”.


Yulia Siska - Lahir di Bandarlampung, 28 Januari 1985. Putri pertama pasangan Bapak Drs. J. Haryadi dan Ibu Dra. Fitria Akhyar, M.Pd. Dari pernikahannya telah dikaruniai gadis kecil tambayong bunda, Khansa Putri Pratama W.

Pendidikan Dasar dan Menengah di- rampung-kan di kota kelahiran. Begitu pun pendidikan Strata 1 (S1), Prodi Pendidikan Sejarah, FKIP-Universitas Lampung (lulus 2008). Kemudian pada tahun berikutnya melanjutkan studi S2 di Kota Kembang (UPI Bandung, lulus 2011) mengambil konsentrasi Pendidikan Dasar. Saat ini sedang menempuh studi S3 pada Prodi Pendidikan Dasar, PPs-UNJ Jakarta.

Aktivitas keseharian selain wara-wiri Lampung – Jakarta adalah sebagai dosen tetap pada Prodi Pendidikan Sejarah, STKIP PGRI Bandar Lampung. Selain itu, juga menjadi tenaga pengajar di UIN Raden Intan Lampung dan Tutor UT-UPBJJ Bandar Lampung.

Beberapa penelitian yang telah dilakukan dimuat dalam Jurnal Penelitian Pendidikan (UPI Bandung, 2011), Lentera (STKIP PGRI Bandar Lampung, 2014, 2017), Mimbar SD (UPI Bandung, 2015, 2016), dan Terampil (UIN Raden Intan Lampung). Adapun buku yang pernah diterbitkan dan digunakan sebagai bahan ajar perkuliahan adalah Manusia dan Sejarah (Garudhawaca, 2015); Konsep Dasar IPS untuk SD/MI; (Garudhawaca, 2016); Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi (CV Ilham Kreatif Mandiri, 2016) dan Pembelajaran IPS di SD/MI (Garudhawaca, 2018).

Daftar Isi

Sampul
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab I. Pendahuluan
     A. Latar Belakang
     B. Fokus Kajian
     C. Kebaruan
     D. Metode
Bab II. Hakikat Pendidikan Karakter
     A. Definisi Nilai
     B. Definisi Pendidikan
     C. Definisi Pendidikan Karakter
     D. Pembentukan Karakter Bangsa
     E. Penguatan Pendidikan Karakter (PKK)
     F. Tinjauan Filosofis Pendidikan Karakter
Bab III. Kurikulum dan Pendidikan Karakter
     A. Kurikulum Pembelajaran
     B. Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar
     C. Kurikulum 2013 Sebagai Sarana Penguatan Pendidikan Karakter
Bab IV. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar
     A. Definisi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
     B. Tujuan Pembelajaran IPS
     C. Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar
     D. Materi Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Dalam Kurikulum 2013
Bab V. Konsep Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Sekolah
     A. Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kelas (Pembelajaran IPS SD)
     B. Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah
     C. Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat
Bab VI. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam Pembelajaran Tematik Terpadu
     A. Aspek Sosialisasi
     B. Aspek Pra-observasi
     C. Aspek Observasi Kelas
Bab VII. Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah
     A. Branding Sekolah
     B. Pembiasaan Nilai Karakter di Sekolah
     C. Kegiatan Ekstrakurikuler
     D. Peraturan Sekolah
Bab VIII. Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Masyarakat
     A. Kerjasama Sekolah dengan Orang Tua Siswa atau Paguyuban Orang Tua
     B. Kerjasama Sekolah dengan Pengelola Kesenian dan Kebudayaan
     C. Kerja Sama Sekolah dengan Lembaga Pemerintahan
     D. Kerja Sama Sekolah dengan Komunitas Sumber Belajar
     E. Kerja Sama Sekolah dengan Masyarakat Pegiat Pendidikan
     F. Kerja Sama Sekolah dengan Komunitas Keagamaan
     G. Kerja Sama Sekolah dengan Dunia Usaha- Dunia Industri
     H. Kerja Sama Sekolah dengan Lembga Penyiaran/Media
Bab IX. Perilaku Siswa Berkarakter
     A. Karakter Religius
     B. Karakter Nasionalis
     C. Karakter Mandiri
     D. Karakter Gotong Royong
     E. Integritas
Daftar Pustaka
Penulis