Tampilkan di aplikasi

Voice over talent, suaranya ada dimana-mana!

Majalah Hai - Edisi 31/2016
2 Agustus 2016

Majalah Hai - Edisi 31/2016

Meskipun wajahnya nggak keliatan, kerjaan ini bikin suara kita beredar ke mana-mana. / Foto : Jeanett

Hai
Suara bagus, nyatanya nggak cuma bisa bikin kita jadi penyanyi beken aja, sob. Dengan suara yang enak didengar dan penguasaan akan teknik vokal yang baik, kita juga bisa kok menekuni profesi lain yang bayarannya menjanjikan. Yap, profesi itu adalah voice over talent alias pengisi suara, atau yang biasa kita kenal juga dengan istilah dubber. “Dubber itu kalo yang aku jalanin, adalah dubber profesional. Untuk iklan, dan segala sesuatu yang hubungannya dengan suara. Mereka (para klien, RED) memakai jasa aku terutama untuk iklan TV. Terus iklan radio sometimes, sampai company profile. Terus, provider.

Seperti ‘Thank you for calling Axis, please press one, please press two’,” cerita Fla Priscilla, salah seorang voice over talent asal Indonesia yang suara miliknya, secara sadar nggak sadar udah sering banget kita dengar lewat ratusan, bahkan ribuan iklan. Sebenernya deskripsi kerjaan seorang voice over talent itu simpel banget. Mereka ‘menjual’ suara mereka untuk digunakan mengisi suara berbagai macam produk komunikasi audio atau audio visual. Selain contoh yang udah disebutin sama Fla, seorang voice over talent juga bisa mengisi suara di film animasi, atau film berbahasa asing yang ingin disulih suara menjadi bahasa lain.

Bahkan, audio pre-flight safety demonstration yang kita dengar di atas pesawat, itu juga merupakan suara seorang voice over talent, lho! “Aku pernah dikontrak sama Lion Air, sama Batik Air. Jadi, pramugarinya nggak bicara lagi, tapi mereka cuma memperagakan. Kayak ‘please fasten your seat belt, na na na’ itu pakai suaraku juga udah beberapa tahun,” tutur Fla yang udah berkiprah di dunia voice over selama 20 tahun. Nggak Instan Well, kelihatannya sih, kerjaan ini gampanggampang aja. Tinggal baca naskah, udah. Tapi, jangan salah. Soalnya, ada banyak banget hal yang harus diperhatikan oleh mereka-mereka yang pengen tekun di profesi ini.
Majalah Hai di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI