Tampilkan di aplikasi

Asya, danau 15 hektar dalam perumahan

Majalah Housing Estate - Edisi 186
17 Februari 2020

Majalah Housing Estate - Edisi 186

Asya

Housing Estate
Banjir awal tahun 2020 menjadi peringatan dalam memilih hunian. Calon konsumen perlu lebih berhati-hati mengingat cakupan banjir makin luas termasuk di Jakarta. Kota ini tergolong rentan banjir mengingat geografisnya berada di dataran rendah.

Tapi, ada lokasilokasi yang aman dari banjir. Salah satunya Asya (70 ha), township besutan PT Astra Modern Land di dalam kawasan Jakarta Garden City (JGC/370 ha), Cakung, Jakarta Timur, ini. Astra Modern Land adalah kongsi tiga pengembang: Astra Property, Hongkong Land, dan Modernland.

Irma Gunawan Tjandra, Chief Marketing Officer Astra Modern Land menyebutkan, Asya terbukti aman dari banjir. Di dalam kawasan tak ada genangan sama sekali. Lokasinya yang lebih tinggi dari kawasan sekitar dan konsep pengembangan yang memperhatikan daya dukung lingkungan, membuat hunian kelas atas ini terbebas dari banjir.

Kalau peil banjir JGC +5.00, peil Asya paling rendah +6.50 (area nursery). Bahkan, di klaster Semayang peil-nya +7.80 dan rumah-rumahnya +8.40. Jadi, beda level minimal Asya dibanding peil banjir JGC sekitar 1.5 m. Alokasi ruang terbuka hijau dan tamannya juga cukup banyak, sehingga area resapan air lebih maksimal.

Drainase dan saluran pembuangan utama dibuat lebar dan dalam, sehingga aliran air dari area perumahan ke drainase kota lebih lancar. Selain itu di dalam perumahan terdapat danau seluas 15 ha untuk penampungan air dan pengendali banjir. Danau terbesar di Jakarta Timur itu sekaligus menjadi nilai tambah dan fitur yang menarik.

Pengembang akan melengkapinya dengan lake side garden serta sarana dan prasarana untuk santai, jogging, dan menghirup udara segar. Selain danau itu, di kawasan JGC sendiri ada beberapa danau yang cukup luas di kawasan River Garden, area pengembangan tahap dua JGC seluas 100 ha. Keberadaan beberapa danau itu dapat mencegah banjir di kawasan. Bukan sekarang saja, tapi sudah sejak dulu.
Majalah Housing Estate di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI