Tampilkan di aplikasi

Rumah seken Cicaras ada yang harganya Rp280 juta

Majalah Housing Estate - Edisi 191
20 Juli 2020

Majalah Housing Estate - Edisi 191

Rumah seken Cicaras / Foto : Susilo

Housing Estate
Hilangkan dulu gambaran harga rumah di Jakarta pasti sudah mahal, sehingga pilihannya hanya di wilayah pinggiran Jakarta atau Bodetabek (Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi). Buang juga pikiran kalau hunian di Jakarta yang terjangkau hanya tinggal hunian vertikal atau unit apartemen. Nyatanya, di Jakarta masih cukup banyak ditawarkan rumah-rumah dengan harga yang terjangkau.

Lokasinya tentu bukan di jalan besar. Pilihannya antara lain di wilayah Ciracas, Jakarta Timur. Sebelum mengulas soal rumah sekennya, penawaran rumah yang paling murah di Ciracas justru dari rumah baru yang dikembangkan oleh perorangan seperti di Gang Makmur, hanya beberapa ratus meter dari Jalan Raya Muncul, Ciracas. Sebelumnya di Keluraha.

Tengah, Kramat Jati, Jakarta Timur, sudah dikembangkan perumahan serupa berupa rumah-rumah petak. Dua kamar Di Gang makmur itu ditawarkan rumah baru tipe 28/28 seharga Rp280 juta oleh pengembangnya. Karena kavelingnya ekstra kecil (3,5 x 8 m2), rumah dibuat satu setengah lantai sehingga layout-nya hanya bisa dibuat satu kamar tidur di atas, sementara di ruang bawah untuk kamar mandi, dapur, ruang tamu, dan satu kamar tidur lagi. Hitungan harga per meter persegi (m2)-nya Rp10 juta untuk tanah dan bangunan.

“Totalnya ada 13 unit rumah yang dipasarkan. Saat ini tinggal satu unit. Legalitasnya aman karena owner menggunakan uang sendiri. Kalau dia beli nggak aman, sangat berisiko untuk investasinya. Di sini IMB-nya bisa keluar. Tapi, pembeliannya langsung ke owner dengan depe minimal 30 persen dari harga rumah. Nanti cicilannya Rp4,1 juta per bulan selama maksimal lima tahun (60 bulan). Sertifikatnya dipegang notaris, jadi pasti aman,” kata Willy, broker properti dari Langit Property (Jakarta), yang memasarkannya. Sertifikat akan diserahkan kepada konsumen setelah cicilan rumah lunas.
Majalah Housing Estate di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI