Tampilkan di aplikasi

Rumah tropis satu lantai

Majalah Housing Estate - Edisi 191
20 Juli 2020

Majalah Housing Estate - Edisi 191

Rumah tropis / Foto : Fasad

Housing Estate
Proyek rumah ini diberi judul A+A House sesuai dengan nama pemiliknya Aria Eka dan Alda Maudy. Rumah di kawasan Pasteur, Bandung, Jawa Barat, ini berada di atas lahan 225 m2 dengan luas bangunan 177 m2. Pemilik menginginkan rumah hanya terdiri dari satu lantai dengan banyak sirkulasi udara dan cahaya alami. Tidak seperti kebanyakan tampilan rumah masa kini yang tipikal industrial, arsitek Lukie Widya bersama timnya Arman Masudi dan Tiffani Rossa, mewujudkan rumah ini dengan kesan yang natural dan responsif terhadap iklam tropis.

Elemen desain yang diunggulkan adalah penggunaan material ekspos seperti dinding acian semen dan bata dipadukan dengan material fabrikasi, serta kehadiran pohon dan tanaman sebagai pusat perhatian. Konsep desain hunian dirancang dengan pola ruang terbuka untuk fleksibilitas aktivitas dalam keseharian bagi pasangan suami istri dengan satu orang anak. Rumah ini selesai dibangun pada 2015 dengan kontraktor dari Salaki Grup.

Open Plan Bangunan satu lantai dengan pola ruang open plan atau terbuka menempatkan zona publik berupa ruang keluarga, ruang makan, ruang tamu, dan dapur tanpa sekat dan saling berinteraksi. Dapur dibuat lebih luas untuk mengakomodasi aspirasi pemiliknya yang gemar memasak dan membuat kue. Eksterior ditampilkan dengan dinding bertekstur berwarna abu-abu yang dingin. Sementara bata ekspos yang diterapkan pada dinding interior memberi kehangatan di ruang keluarga.

Zona Privat Zona Privat, yaitu kamar tidur, dibuat berkeliling menghadap zona publik, sehingga pola sirkulasi bersifat terpusat. Dihadirkan taman terbuka di setiap sisi (depan-belakang-samping), bertujuan untuk menghadirkan udara, cahaya, dan pemandangan yang secara tidak langsung seolah memeluk bangunan dan penghuni di dalamnya.
Majalah Housing Estate di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI