Tampilkan di aplikasi

Bangunan hijau dari perspektif pandemi

Majalah Housing Estate - Edisi 192
18 Agustus 2020

Majalah Housing Estate - Edisi 192

GOP 9a

Housing Estate
Pandemi COVID-19 mengajak kita mengulas kembali kebiasaaan-kebiasaan dalam berlaku pada setiap kegiatan, tak terkecuali saat menjalankan aktivitas kerja di kantor. Lalu bagaimana bangunan hijau (green building) bekerja dalam merespon pandemi? The World Commission on Environmental Development (1987) mendefinisikan Pembangunan Berkelanjutan sebagai pembangunan yang berusaha memenuhi kebutuhaan saat ini, tanpa membahayakan kemampuan generasi yang akan datang dalam memenuhi kebutuhannya.

Bangunan hijau merupakan respon terhadap perubahan iklim yang sejalan dengan pengertian Pembangunan Berkelanjutan. Urgensi green building menjadi sangat nyata manakala disadari berdasarkan global outlook report dari UN Environment yang menyatakan, sektor bangunan merupakan penghasil emisi gas rumah kaca sekitar 39 persen, 25 persen sampah dunia, menyerap 30 persen energi global dan 15 persen air dunia.

Pada awal Juli lalu Klaster Arsitektur dan Sustainabilitas Departemen Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menyelenggarakan webinars BIG! atau Build it Green! Series #01 yang mengusung tema What is Green Building from the Pandemic Perspective?.

Diskusi pada webinar kali ini mengarah pada pembelajaran penting apa yang dapat ditarik dari pandemi COVID 19 dan dampak yang ditimbulkannya, serta antisipasi yang lebih serius pada bencana perubahan iklim yang bersifat multibencana dan sesungguhnya sangat terprediksi.

Webinar menghadirkan dua narasumber, yakni Ketua Umum (Chairperson) Green Building Council Indonesia (GBCI) atau Konsil Bangunan Hijau Indonesia yang juga menjadi anggota tetap World GBC Ir. Iwan Prijanto, MM. GP, dan Direktur Sinar Mas Land (SML) Ir. Ignesjz Kemalawarta, MBA.

Sinar Mas Land dihadirkan selaku developer yang sudah memiliki beberapa bangunan tersertifikasi hijau, baik gold maupun platinum. SML berbagi tentang praktik penyesuaian pandemi pada bangunan hijau berstandar platinum di Green Office park 9 (GOP 9) BSD City, Tangerang Selatan (Banten).
Majalah Housing Estate di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI