Tampilkan di aplikasi

Begini caranya agar milenial bisa punya rumah

Majalah Housing Estate - Edisi 193
24 September 2020

Majalah Housing Estate - Edisi 193

IPEX 2019 / Foto : Susilo

Housing Estate
Pandemi Covid-19 memukul bisnis properti karena terhentinya sebagian besar aktivitas bisnis. Konsentrasi orang lebih pada urusan kesehatan dan upaya pemenuhan kebutuhan dasar. Kendati demikian, situasi itu tidak menghilangkan fakta, ermintaan rumah di Indonesia sangat besar. Hanya, kebutuhan yang besar itu tidak diimbangi oleh kemampuan mengakases atau daya beli kaum muda yang menjadi pasar terbesarnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), saat ini di Indonesia terdapat populasi muda berusia 21-39 tahun sebanyak 80 juta. Ini merupakan potensi pasar yang besar bagi pengembang perumahan. Hanya, itu tadi, harga rumah yang lebih cepat meningkat dibanding kenaikan penghasilan kaum muda, ditambah pengenaan pajak dan berbagai biaya lainnya, makin menyulitkan mereka mengakses rumah itu.

Namun, di sisi lain, rumah merupakan kebutuhan dasar yang wajib dimiliki anak muda, apalagi kalau sudah berkeluarga. Karena itu mereka mau tak mau harus sudah mulai merintis pemilikannya sejak awal bekerja. Webinar 2 “Menabung untuk Rumah Idaman Bagi Milenial” yang diadakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Jakarta, Kamis, 27 Agustus 2020, mencoba memberikan tips-tipsnya.
Majalah Housing Estate di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI