Tampilkan di aplikasi

Rumah tempat berelaksasi

Majalah Housing Estate - Edisi 193
24 September 2020

Majalah Housing Estate - Edisi 193

Y House

Housing Estate
Proyek berjudul Y House ini adalah hasil renovasi rumah tinggal yang berlokasi di Bogor, Jawa Barat. Di atas lahan seluas 185 m2, dibangun rumah dua lantai seluas 160 m2. Pemilik berencana menjualnya kembali, sehingga rancangan diminta demikian rupa, sehingga tidak terlalu banyak pekerjaan bongkar untuk menghemat biaya dan waktu, serta memiliki unique selling proposition.

Walaupun tidak begitu luas, secara keseluruhan rancangan mengusung konsep transisi. Arsitek menghadirkan ruang semi-outdoor sebagai transisi agar nuansa luar ruangan bisa melebur ke bagian dalam bangunan.

Fasad rumah dirancang dengan menyesuaikan fungsi ruangan di dalamnya, bukan hanya elemen dekorasi. Arsitek meyakini bahwa fasad bangunan yang baik akan selalu berinteraksi dengan konsep ruang di dalamnya. Salah satu contoh kecil penerapannya pada bagian fasad yang dibuat lebih menjorok ke dalam, dan di bagian depannya dibuat taman yang bertujuan untuk mengurangi paparan ruang kamar mandi di baliknya secara visual.

Untuk pemilihan bahan pada fasad, kisi-kisi kayu vertikal dipadukan dengan susunan vertikal lubang angin-angin yang terbuat dari semen pada besi hollow dalam balutan cat abu-abu tua. Tampilan material memberikan kesan alami namun tetap bernuansa kekinian.

Lantai 1 Pada lantai ini terdapat taman dan carport dengan kapasitas dua mobil yang terhubung ke ke teras yang terletak di balik lubang angin-angin (ventilation block)
Majalah Housing Estate di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI