Desain carport

Majalah Idea - Edisi 158
1 Juli 2016

Majalah Idea - Edisi 158

Merancang sebuah naungan untuk kendaraan tidak sekadar mempertimbangkan fungsi, tetapi juga estetika.

Idea
Tempat Parkir kendaraan di rumah, atau biasa disebut carport, fungsi utamanya memang sebagai pelindung kendaraan. Selain struktur lantainya dibuat lebih kuat karena harus menahan beban kendaraan, bagian atasnya pun ditambah penutup untuk menjaga kendaraan dari terik matahari dan guyuran hujan. Pengguna carport pun harus dibuat nyaman dengan menyediakan jalur sirkulasi, jalan udara, serta bukaan cahaya alami yang memadai.

Namun itu belum cukup. Posisi carport lazimnya di muka rumah, memanfaatkan lahan depan. Ini membuat tampilan carport sangat berpengaruh pada tampak depan rumah. Idealnya, desain carport dibuat serasi dengan desain rumah secara keseluruhan, agar tak terkesan seperti “tempelan”. Apalagi kini pilihan material sangat beragam, yang membuat desain seolah tak terbatas. Jangan lupakan pula peran aksesori dan pencahayaan yang dapat membuat area carport semakin indah dipandang.

Kali ini, iDEA menyajikan panduan merancang carport serta inspirasi desain dari beberapa pilihan material. Semoga salah satunya sesuai dengan selera Anda! Selaras Dengan Fasad Desain yang selaras tampilan fasad membuat carport terlihat menyatu dengan keseluruhan rumah. KehadiraN carport di rumah sering kali hanya terpaku pada fungsinya. Persoalan desain terabaikan begitu saja. Yang terpenting lahan carport mengakomodasi besar kendaraan pemilik rumah dan atapnya cukup kuat melindungi kendaraan dari cuaca. Tak salah memang. Fungsi beserta elemen-elemen pembentuknya tetap yang paling penting. Namun, bukan berarti kita abai pada desain, kan? sebab, lantaran abai pada desain, beberapa carport seringnya terlihat bagai tempelan di luar rumah saja. salah satu carport yang tampilannya menyatu dengan arsitektur rumah dapat kita lihat dalam karya arsitek Andi Pratama dari ANDP arsitek. Di rumah salah satu kliennya, Andi membuat carport dengan tampilan simpel tapi modern, sesuai dengan fasad rumah.

Majalah Idea dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI