Memasak ditemani alam pegunungan

Majalah Idea - Edisi 166
6 Maret 2017

Majalah Idea - Edisi 166

Pemandangan pegunungan dan udara sejuk adalah hal yang dapat dinikmati di dapur yang merangkap sebagai tempat bersantap ini. Membetahkan! / Foto : Adeline Krisanti

Idea
Saat keluarga Syamsu Rijal memutuskan pindah ke rumah ini, kesegaran alam adalah hal utama yang dicari. sebelumnya, keluarga ini tinggal di tengah kota Bogor yang relatif ramai. Di rumah baru mereka ini, suasana asri dan udara sejuk masih dapat dinikmati.

Melengkapi rumah—yang sebelum ditempati direnovasi dulu—hadir sebuah dapur. Letak dapur di ruang utama menandakan bahwa dapur inilah yang menjadi primadona rumah. Apalagi dapur ini didesain terbuka, menghadap ke arah ruang makan dan ruang keluarga. Terlebih, ada island table yang membuat dapur ini tidak sekadar tempat mengolah masakan.

Pintu lebar yang terletak di samping dapur memberi akses bagi udara segar dan cahaya matahari masuk ke area dapur. Tidak hanya itu, bukaan lebar inilah yang membuat kegiatan memasak dapat dilakukan sambil menikmati pemandangan pegunungan yang mengepung kompleks perumahan ini.

Desain dapurnya langsung menyiratkan bahwa si pemilik rumah pastilah orang yang gemar menghabiskan waktu di dapur. Tebakan ini tidak salah. Dwi ilfarah, sang nyonya rumah, memang punya hobi memasak.

Tak heran ia memesannya kepada jasa profesional pembuat dapur yang sudah ternama. ini karena Dwi tidak mau mainmain dengan hasilnya.

Desain dapur ini sangat modern dan simpel. Garis-garis tegas mendominasi dapur. Bentuk kabinet kotak dengan guratan kayu dan detail yang minim.

Tidak tampak adanya handle atau penggunaan banyak warna. Hanya cokelat tua pada kabinet dan putih pada top table solid surface. Pemilihan warna ini agar serasi dengan tema war na seluruh rumah, yang terinspirasi dari warna-warna alam.

Didesain dengan saksama, kabinet minimalis yang menggunakan sistem push-to-open ini menyimpan berbagai alat masak dan alat makan secara efisien. Begitu pun dengan penempatan berbagai perangkat dapur terkini, yang diatur sedemikian rupa hingga tampil selaras dengan desain kitchen set. Oven, cofee maker, serta lemari es dua pintu menempati celah kabinet dengan pas.

Majalah Idea dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI