Enam hal penting ciptakan ruang favorit

Majalah Idea - Edisi 175
22 November 2017

Majalah Idea - Edisi 175

Kenali kebutuhan keluarga Anda. Pelajari kebiasaannya, lalu akomodasikan dalam sebuah ruang yang nyaman untuk semua. / Foto : Richard Salampessy

Idea
Inilah langkah menciptakan ruang yang diharapkan nantinya menjadi ruang favorit bagi seluruh anggota keluarga. Jika jenis ruangnya tak sama dengan keluarga lain, tentu tak jadi soal. Karena, kebutuhan dan selera setiap keluarga itu berbeda, maka desain dan penataan ruang (favorit) keluarga pun sangat mungkin tidak sama satu dengan lainnya. Meski tak sama, ada beberapa prinsip yang secara umum dapat diterapkan demi kenyamanannya dan apa pun jenis ruangnya.

1. Letak atau Zoning. Kenyamanan menjadi tujuan utama. Luas dan sempitnya lahan seharusnya tak menjadi kendala. Kuncinya, suasana santai dan kebersamaan jangan sampai terganggu dengan aktivitas yang terjadi di area lain di dalam rumah. Penciptaan zona khusus perlu dilakukan. Meski, tentu saja tak harus menggunakan sekat atau pemisah masif, apalagi jika rumah tergolong sempit. Penciptaan zoning bisa dilakukan melalui penataan furnitur dan elemen lain sesuai kebutuhan.

2. Akomodasi Kebutuhan. Setiap keluarga punya kebiasaan yang berbeda. Kenali kebiasaan itu dan gunakan setiap elemen yang membentuk ruang (favorit) keluarga sebagai cara untuk mengakomodasi kebiasaan atau kebutuhan itu. Contohnya, jika anggota keluarga Anda suka membaca, maka menyediakan rak buku dan wadah-wadah lain yang gampang untuk menyimpan buku adalah utama. Jadi, tak perlu repot harus bolak-balik ke ruang lain saat ingin menyimpan dan mengambil buku.

3. Terjadi interaksi. Usahakan menata ruang keluarga dengan memerhatikan terjadinya interaksi dan komunikasi. Pilih dan tata setiap elemen agar bukan menjadi penghalang interaksi ini. Sapaan, saling pandang, sentuhan, adalah wujud perhatian antar anggota keluarga untuk menumbuhkan keakraban yang sempurna.

Majalah Idea dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI