Tangga hemat ruang, hemat biaya

Majalah Idea - Edisi 183
30 Juli 2018

Majalah Idea - Edisi 183

Rumah mungil tangganya harus hemat ruang. meski kecil, perhatikan desainnya agar tangga kuat dan tampil menarik. / Foto : Adeline Krisanti, Yannis Rudolf Pratasik

Idea
Meningkat rumah jadi satusatunya cara bila Anda memiliki hunian di lahan mungil namun ingin menambah ruang. Ketika meningkat rumah, tangga adalah elemen penting yang perlu dipertimbangkan dengan baik. Jangan sampai karena kehadiran tangga, rumah mungil jadi makin terasa sempit. Yanuar Pratama Firdaus, arsitek dari Aaksen Responsible Architect, mengungkapkan sirkulasi adalah salah satu poin penting dalam mendesain tangga di rumah mungil.

Poin penting lainnya adalah pertimbangan siapa yang akan sering menggunakan tangga. Ini bertujuan untuk menentukan desain tangga dan railing yang akan digunakan. “Usahakan sediakan void untuk sirkulasi yang baik,” ungkap Yanuar. Sirkulasi yang dimaksud Yanuar bukan cuma sirkulasi udara tapi juga sirkulasi penghuni rumah untuk berkomunikasi dari lantai bawah ke atas maupun sebaliknya.

Sementara itu Ninna Suhendra, desainer interior Ranah Project mengatakan desain pun jadi elemen penting untuk tangga di rumah mungil. Menurut Ninna, desain tangga tanpa banyak aksen dan bentuk yang tidak berlikuliku disarankan untuk rumah mungil. Desain ini akan menghindari area tangga terkesan berat dan memberikan kesan sempit.

“Pilihan desain ini biasanya tergantung dari material yang dipilih dan struktur bangunan itu sendiri,” ungkap Ninna. Pilihan material dan desain ini juga yang akan berpengaruh pada bujet pembuatan tangga. Berikut ini beberapa poin penting ketika membuat tangga untuk rumah mungil yang IDEA rangkum dari Yanuar dan Ninna.

Posisi. Menurut Yanuar, posisi tangga di rumah mungil sebaiknya menempel ke dinding. Posisi ini akan lebih menghemat ruang dan menghindari area mati pada rumah mungil. Tangga yang rapat ke dinding juga menghemat bujet penggunaan railing, karena hanya dibutuhkan satu railing saja. Posisi tangga menempel dinding memungkinkan pemilik rumah membuat desain tangga melayang yang tampil unik dan cocok untuk rumah mungil.

Majalah Idea dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI