Tampilkan di aplikasi

Sensasi berkarya dan berbagi di coworking space

Majalah Idea - Edisi 188
28 Desember 2018

Majalah Idea - Edisi 188

Ruang kolaborasi di Zona Kuning dibuat dalam suasana tidak terlalu formal untuk menciptakan suasana kerja yang menyenangkan.

Idea
Menjamurnya pengusaha startup mendorong bisnis coworking space makin berkembang. Coworking space merupakan tempat yang dapat disewa dan digunakan untuk bekerja secara bersama-sama. Berbeda dengan kantor konvensional pada umumnya, orang-orang yang bekerja di tempat ini bukan berasal dari organisasi yang sama dan bisa jadi memiliki bidang usaha yang berbeda.

Penggunanya pun beragam, baik yang paruh waktu maupun penuh waktu, pribadi atau kelompok. Beragamnya latar belakang pengguna ini memotivasi munculnya inovasi desain coworking space untuk meningkatkan layanan bagi penggunanya dan menjadikan tempat bekerja ini sebagai lingkungan yang mendukung kesuksesan usaha.

Salah satu contohnya adalah inovasi desain yang diterapkan pada sebuah coworking space Cocowork yang berlokasi di Menara BTPN, Kuningan, Jakarta. Delution Architect merupakan konsultan arsitek yang dipercaya mendesain tempat ini. Dirancang sebagai coworking space premium, kantor yang menempati lahan seluas 1.600 m² ini dibangun untuk mewadahi para pengusaha startup yang saat ini tumbuh subur di Indonesia. Dalam merancang area kerja bersama ini, sang arsitek menerapkan konsep “3 most”.

Dirancang menjadi best of the best di antara kompetitornya, konsep pertama yang diusung Delution adalah “most emotional feelings”. Konsep ini diwujudkan dengan penerapan zona warna yang disusun dengan mempertimbangkan aspek psikologis yang disesuaikan dengan jenis kegiatan di masing-masing zona. Di bawah alam sadar, pengguna akan dibangkitkan emosi dan perasaannya yang menunjang aktivitas mereka dalam bekerja.
Majalah Idea di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI