Tampilkan di aplikasi

Strategi pengembang gaet pasar milenial

Majalah Idea - Edisi 188
28 Desember 2018

Majalah Idea - Edisi 188

Mulai dari DP rendah hingga hadiah perjalanan ditawarkan pengembang untuk menarik hati konsumen generasi masa kini yang punya prioritas kebutuhan berbeda. / Foto : SHUTTERSTOCK

Idea
Hasil survei Rumah.com barubaru ini menyebut optimisme para pencari rumah di paruh kedua tahun ini masih tinggi. Sebanyak 6 dari 10 orang berencana membeli rumah pada semester dua 2018. Marine Novita, Country Manager Rumah. com, menjelaskan bahwa first time buyers didominasi oleh generasi milenial.

Selain harga, jenis, dan lokasi properti tentu jadi faktor penentu ketika hendak membeli. Fanny Meilana, GM Marketing Rumah123.com, menyebut bahwa milenial masih menginginkan rumah tapak sebagai huniannya, meski mereka harus siap dengan lokasi yang jauh dan luas tanah yang terbatas. “Yang tidak mau keadaan ini, barulah apartemen jadi pilihan,” ujarnya.

Menurut Fanny, harga properti yang cocok untuk kantong milenial diprediksi sekitar Rp1,2 miliar, namun berdasarkan tren pencarian dan pembelian secara umum, hunian dengan rentang Rp300 juta hingga Rp500 juta yang banyak dicari. Meski ada optimisme untuk membeli, namun ada beberapa kendala bagi kaum milenial untuk mewujudkan keinginannya.

Tak seimbangnya pendapatan dengan harga hunian sering menjadi alasan pertama. Kecuali itu, perbedaan prioritas kebutuhan milenial dengan generasi sebelumnya, membuat mereka mengesampingkan pembelian properti. Marine juga menjelaskan, milenial yang memiliki mobilitas tinggi, umumnya mencari properti dengan akses mudah.

Tentunya akses untuk kendaraan adalah faktor yang harus diperhatikan. Hal inilah yang dilihat Regia Glamourla, Country Manager Mobil123.com, tentang naiknya tren peminat otomotif. Mengingat kesibukan kaum milenial yang sebagian besar waktunya digunakan untuk kegiatan di luar rumah, mau tak mau muncul pilihan untuk membeli rumah dulu atau mobil dulu.
Majalah Idea di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI