Tampilkan di aplikasi

Rumah rapi, hati senang

Majalah Idea - Edisi 189
31 Januari 2019

Majalah Idea - Edisi 189

Terlalu banyak barang jadi masalah utama di rumah mungil. / Foto : SHUTTERSTOCK

Idea
Punya hunian yang berukuran terbatas, berarti harus memiliki siasat agar rumah tidak terasa sempit. Barang-barang simpanan yang terlalu banyak menjadi penyebab utama rumah terasa sempit. Karena itu, pemilik rumah berukuran mungil harus mulai membiasakan diri merapikan rumah bahkan sebelum rumah berantakan. Belakangan ini ada satu metode beres-beres bernama Konmari yang dipopulerkan oleh konsultan asal Jepang, Marie Kondo. Lewat bukunya yang berjudul “The Life- Changing Magic of Tidying Up”, Kondo mengungkapkan bahwa dengan merapikan ruang, maka kita membuka lembar hidup baru yang lebih bahagia.

Untuk mencapai kebahagiaan itu, Kondo menyarankan untuk merapikan barang dalam satu waktu sekaligus, bukannya sedikit demi sedikit. Karena dengan begitu, perubahan akan jadi lebih terasa dan kita memiliki keinginan kuat untuk menjaga rumah tetap rapi. Nah, untuk melakukan beres-beres dengan cepat dan tepat ini, Kondo juga mengenalkan teknik kategorisasi dalam menyortir barang. Kondo menyarankan untuk merapikan barang sesuai kategorinya, bukan sesuai ruang tempat benda itu berada.

Pakaian menjadi kategori benda yang paling utama untuk disortir. Karena, pada umumnya, pakaian adalah benda yang paling sering menumpuk padahal belum tentu sering digunakan oleh pemiliknya. Untuk mengatur barang-barang tadi, Anda harus melakukan penyortiran atau dengan kata lain menyingkirkan bendabenda yang sudah tidak diperlukan. Ketika menyortir, Kondo menyarankan untuk menyentuh tiap barang yang akan disortir. Bila benda tersebut dirasa tidak memancarkan kebahagiaan atau rasa cinta, maka singkirkan barang tersebut.
Majalah Idea di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI