Tampilkan di aplikasi

Menjaga data center tetap aman dan dapat diandalkan

Majalah Infokomputer - Edisi 4/2017
7 April 2017

Majalah Infokomputer - Edisi 4/2017

Herfini Haryono (Director and Chief Wholesale and Enterprise Officer, Indosat Ooredoo)

Infokomputer
Tumbangnya tiga situs e-commerce lokal beberapa waktu lalu mengakibatkan jutaan transaksi gagal dilakukan. Walhasil, penjual dan pembeli pun sama-sama kecewa. Jumlah kerugian pun ditaksir mencapai ratusan miliar rupiah, meski situs down beberapa jam saja. Bayangkan jika musibah semacam ini menimpa perusahaan Anda.

Masalahnya, tidak sedikit perusahaan yang mengaku memiliki data center sendiri, tetapi kurang cakap dalam mengelolanya. Alasannya klasik, pemeliharaan data center butuh dana besar, sedangkan anggaran TI terbatas. Padahal, banyak sekali faktor yang harus diperhatikan dalam mengelola data center. Mulai dari pasokan listrik, sistem pendingin, ketersediaan jaringan, sampai keamanan fisik dan cyber.

Sangat berat jika departemen TI harus bertanggung-jawab penuh terhadap keandalan data center. Sedangkan di sisi lain, kelangsungan bisnis menuntut akses data yang selalu terjaga 24/7. Lalai sedikit, keuntungan bisa melayang.

Untunglah, sekarang perusahaan bisa mengalihkan tanggung jawab itu kepada pihak lain, dalam hal ini Indosat Ooredoo Business, yang menyediakan solusi data center paripurna, seperti colocation, Disaster Recovery Center (DRC), dan managed service.
Majalah Infokomputer di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI