Tampilkan di aplikasi

Situs web bisa lumpuhkan Windows 7 dan 8

Majalah Infokomputer - Edisi 6/2017
17 Juli 2017

Majalah Infokomputer - Edisi 6/2017

Sebuah eksploitasi bug NTFS dikabarkan akan membuat Windows 7 atau 8 melambat atau bahkan hang. / Foto : http://plugable.com

Infokomputer
Sebuah situs yang “nakal” akan bisa membuat Windows 7, 8, atau Vista menjadi hang atau crash. Caranya dengan membuat tautan (link) dalam situs tersebut yang mengandung folder dengan nama $MFT. Karena Windows menganggap ini merupakan folder sistem sehingga tidak bisa diakses, penggunaan nama ini pada folder dalam situs web akan mengakibatkan komputer melambat atau bahkan hang.

Dalam beberapa kasus, hal ini bahkan bisa memicu munculnya “layar biru kematian” alias blue screen of death (BSOD). Jika sudah begini, tidak ada lagi yang bisa dilakukan pengguna kecuali melakukan restart komputer dengan cara menekan tombol reset pada komputernya.

Bug ini dikabarkan akan beraksi tidak peduli apakah pengguna menggunakan peramban Firefox, Opera, atau Internet Explorer. Lantas, kenapa baru kali ini bug ini ditemukan? Para pengamat menyatakan bahwa kemungkinkan besar, hal ini disebabkan jarang (kalau boleh dikatakan tidak ada) situs web yang menggunakan nama folder $MFT untuk menyimpan fi le (misalnya gambar).

Lagipula, penggunaan nama folder dengan nama yang didahului karakter khusus seperti tanda $ bukanlah merupakan hal yang lazim. Berdasarkan percobaan yang dilakukan The Verge, menggunakan komputer Windows 7 untuk mengakses sebuah situs web berisikan gambar yang disimpan dalam folder c:\$MFT\123, mengakibatkan komputer menjadi melambat dan bahkan hang.
Majalah Infokomputer di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI