Tampilkan di aplikasi

Agar lebih terhindar dari ransomware

Majalah Infokomputer - Edisi 08/2018
2 Agustus 2018

Majalah Infokomputer - Edisi 08/2018

Ransomware bisa membuat korbannya mengalami karugian yang signifikan.

Infokomputer
Ibarat Jambret yang marak terjadi di Indonesia, ransomware menjadi salah satu momok yang menakutkan bagi para pengguna komputer. Meskipun sudah tidak menjadi malware yang paling banyak menginfeksi pengguna komputer (posisinya sudah digantikan oleh Adware dan Miner), tetapi sama seperti jambret, sekali berhasil mendapatkan korbannya, ransomware akan menyebabkan korbannya mengalami trauma dan kerugian yang signifikan.

Jika korban jambret akan kehilangan harta benda dan waswas menggunakan fasilitas umum, korban ransomware mengalami kerugian kehilangan harta benda digitalnya dan rasa was-was menggunakan internet.

Anda bisa lebih menghindari jambret maupun meminimalisasi kerugian dengan menerapkan beberapa tips seperti selalu waspada, tidak menggunakan harta benda yang mencolok, mengenakan helm dengan baik jika menaiki motor, membawa uang tunai secukupnya, mengunci ponsel dan kartu ATM dengan PIN yang kuat, dan menyimpan salinan SIM/KTP di tempat terpisah. Lalu bagaimana dengan ransomware? Di bawah ini penulis memberikan tips jitu yang didapatkan dari pengalaman melindungi ratusan ribu pengguna komputer.

Jika dijalankan dengan baik akan melindungi Anda dari kerugian karena ransomware. Jika tips ini dijalankan dengan baik dan disiplin, ransomware akan sulit sekali menginfeksi komputer Anda, dan sekalipun berhasil menginfeksi, kerugian yang Anda alami akan minimal. Tips ini dibagi menjadi dua tips esensial dan ahli. Tips esensial dapat dijalankan oleh pengguna komputer awam, sedangkan tips ahli akan membantu Anda yang bertanggung jawab melindungi jaringan komputer perusahaan.

Tips esensial

1. Harta benda Anda yang paling berharga di dunia digital adalah data. Karena itu tips pertama dan paling utama adalah melindungi data Anda. Pasalnya jika data ini berhasil dienkripsi oleh ransomware akan dijadikan sandera.
Majalah Infokomputer di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI