Tampilkan di aplikasi

PPK mengembalikan jati guru sebagai pendidik

Majalah Jendela - Edisi XVIII/12/2017
10 Januari 2018

Majalah Jendela - Edisi XVIII/12/2017

Berdasarkan pasal 15 PP Nomor 19 Tahun 2017, pemenuhan beban kerja guru dapat diperoleh dari ekuivalensi beban kerja tugas tambahan.

Jendela
Sebagaimana ajaran Ki Hajar Dewantara, “ing ngarso sung tuladho, ing madyo mbangun karso, tut wuri handayani”, maka seorang guru idealnya memiliki kedekatan dengan anak didiknya. Tidak hanya perkembangan dimensi intelektualitas, namun juga perkembangan kepribadian setiap anak didiknya.

Karena itulah melalui kegiatan penguatan pendidikan karakter (PPK), guru memiliki lima peran utama, yaitu sebagai pengajar (tutor), penghubung (resource linkers), penjaga gawang (gate keepers), fasilitator, dan katalisator.

Kunci kesuksesan pendidikan karakter terletak pada peran guru. Peran guru sangat penting dalam pendidikan karakter. Guru harus menjadi sosok yang mencerahkan, membuka alam pikir serta jiwa, memupuk nilai-nilai kasih sayang, nilai-nilai keteladanan, perilaku, moralitas, dan nilai-nilai kebinekaan.

Pendidikan karakter sejatinya menjadi inti dari pendidikan yang sesungguhnya. Ada lima peran utama guru dalam penguatan pendidikan karakter, yakni sebagai pengajar atau tutor, penghubung (resource linkers), penjaga gawang (gate keepers), fasilitator, dan katalisator. Guru adalah pengajar atau tutor mata pelajaran yang harus mampu menyampaikan mata pelajaran agar dimengerti dan dipahami anak didik.

Guru juga harus mampu berperan sebagai penghubung anak didik dengan berbagai sumber-sumber belajar yang beragam, yang tidak hanya ada di dalam kelas atau sekolah, namun juga di luar sekolah. Guru juga harus mampu bertindak sebagai penjaga gawang yang membantu anak didik menyaring berbagai pengaruh negatif yang berdampak tidak baik bagi perkembangannya.

Guru juga harus bisa berperan sebagai fasilitator yang membantu anak didik mencapai target pembelajaran. Kemudian terakhir sebagai katalisator, guru juga harus mampu menggali dan mengoptimalkan potensi setiap anak didik.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI