Tampilkan di aplikasi

Pendidikan karakter, jiwa utama dalam penyelenggaraan pendidikan di Indonesia

Majalah Jendela - Edisi XVIII/12/2017
10 Januari 2018

Majalah Jendela - Edisi XVIII/12/2017

PPK bisa dilakukan di dalam dan/atau luar lingkungan sekolah, serta dilaksanakan dengan prinsip manajemen berbasis sekolah. / Foto : Dok. Lomba

Jendela
Revolusi mental menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari program prioritas yang dilaksanakan oleh Presiden Joko Widodo. Karakter bangsa yang religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas adalah nilai-nilai yang ingin dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia ke depan. Dengan karakter bangsa yang kuat maka diharapkan Indonesia mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain.

Perpres yang memuat enam bab dan 18 pasal ini menjelaskan tentang pengertian, tujuan, ruang lingkup, penyelenggaraan, pelaksana, serta tanggung jawab pelaksana PPK. Dalam Perpres tersebut dijelaskan bahwa PPK adalah gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab sekolah untuk memperkuat karakter siswa.

Hal ini dilakukan melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan pelibatan dan kerja sama antara sekolah, keluarga, dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental. Setidaknya ada tiga tujuan yang ingin dicapai melalui pelaksanaan PPK ini.

Tujuan tersebut adalah membangun dan membekali siswa dengan jiwa Pancasila dan pendidikan karakter yang baik, mengembangkan platform pendidikan nasional yang meletakkan pendidikan karakter sebagai jiwa utama dalam penyelenggaraan pendidikan, serta merevitalisasi dan memperkuat potensi dan kompetensi seluruh warga sekolah.

Dalam Perpres ini dijelaskan bahwa ruang lingkup pelaksanaan PPK tidak hanya dilakukan oleh satuan pendidikan pada jalur pendidikan formal semata. PPK juga diselenggarakan oleh sekolah pada jalur pendidikan nonformal dan informal.

Jadi, bukan hanya sekolah formal, satuan pendidikan nonformal dan informal, seperti lembaga kursus, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), sanggar belajar, dan sekolah rumah (home schooling) juga menyelenggarakan PPK. Semua pihak diajak turut terlibat dalam pelaksanaan PPK ini.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI