Tampilkan di aplikasi

Literasi keluarga bagian dari penguatan pendidikan karakter

Majalah Jendela - Edisi XIV/09/2017
11 Januari 2018

Majalah Jendela - Edisi XIV/09/2017

Literasi keluarga tidak harus ditumbuhkan di dalam rumah saja, lingkungan sekitar rumah pun dapat dijadikan sumber belajar bagi anak-anak khususnya kemampuan literasi mereka.

Jendela
Kebijakan pemerintah melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah mengatur penyelenggaraan sekolah dilaksanakan delapan jam sehari selama lima hari dalam seminggu.

Permendikbud itu dikeluarkan dengan salah satu alasan untuk mendorong para orangtua siswa menumbuhkan pendidikan karakter pada anak-anaknya baik di lingkungan keluarga itu sendiri maupun di lingkungan sekitar rumahnya.

“Kami juga mendorong literasi keluarga agar orangtua memperhatikan pendidikan anaknya, karena pendidikan karakter pertama kali ada di keluarga,” ujar Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Hamid Muhammad.

Literasi menjadi salah satu kunci utama bagi siswa dalam memenangkan persaingan global ke depan dengan anak-anak dari negara lain. Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berupaya mempercepat internalisasi kemampuan literasi siswa, guru, maupun orangtua baik di sekolah melalui gerakan literasi sekolah dan atau di keluarga melalui gerakan literasi keluarga.

Pada dasarnya orangtua memiliki peran besar dalam menciptakan lingkungan di rumah yang aman, nyaman, sehat, dan menyenangkan bagi anak-anak sehingga mereka betah berada di dalam rumah. Salah satu cara mewujudkan kondisi tersebut adalah dengan mengembangkan literasi keluarga melalui pengenalan buku-buku yang sesuai dengan usia dan kemampuan literasi anak-anak tersebut.

Para orangtua dapat mengajak anakanaknya untuk membangun kemampuan mendengarkan, berbicara, membaca, menulis, dan berhitung yang merupakan bagian dari literasi keluarga.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI