Tampilkan di aplikasi

Gerakan literasi sekolah, saatnya penyelarasan antar pemangku kepentingan

Majalah Jendela - Edisi XIV/09/2017
11 Januari 2018

Majalah Jendela - Edisi XIV/09/2017

Kegiatan ini bertujuan agar peserta didik gemar membaca, dan membaca menjadi kebiasaan serta gaya hidup.

Jendela
Literasi merupakan keterampilan wajib yang harus dimiliki generasi penerus di era global dan modern. Mengacu World Economic Forum 2015, cakupan literasi meliputi literasi sains, digital, finansial, budaya dan kewarganegaraan, baca dan tulis, numerasi, dan sains.

Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ilza Mayuni menggarisbawahi literasi bukan lagi sekadar urusan bagaimana suatu bangsa bebas dari buta aksara, tetapi telah menjadi syarat kecakapan hidup dan kemampuan bersaing satu negara dalam persaingan pasar kerja.

Karena itu, diperlukan pemahaman dalam berbagai ranah literasi, seperti literasi numerasi, sains, digital, dan finansial. Survei membuktikan bahwa negara-negara yang budaya literasinya tinggi berbanding lurus dengan kemampuan bangsa tersebut dalam memenangi persaingan global, terutama dalam penguasaan ilmu dan teknologi, kehebatan ekonomi, serta sukses dalam persaingan pasar kerja.

Sebelumnya, di tahun 2016, Gerakan Literasi Nasional (GLN) menetapkan tahapan rintisan dan pengenalan dengan berkonsolidasi antar unit utama. Di tahun yang sama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti, yang melahirkan Gerakan Literasi Sekolah.

Penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) berkesinambungan berupaya untuk ciptakan ekosistem sekolah yang gemar membaca (literat). Peremajaan GLS di tahun 2017 merujuk kepada peta jalan GLN yang menitikberatkan kepada Penyelarasan dan Pelaksanaan Literasi.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI