Tampilkan di aplikasi

Edukatif kreatif, upaya ciptakan suasana kondusif bagi peserta didik baru

Majalah Jendela - Edisi XII/07/2017
11 Januari 2018

Majalah Jendela - Edisi XII/07/2017

Upaya penanggulangan tindak kekerasan pun berlaku dengan peranan masyarakat, Pemerintah Daerah, dan Pemerintah sesuai kewenangannya.

Jendela
Menumbuhkan kecintaan belajar bagi para peserta didik baru dimulai saat rentang waktu awal mereka berada di lingkungan sekolah. Rentang waktu ini dikenal dengan masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau PLS. Edukatif kreatif merupakan dua kata kunci untuk menciptakan suasana kondusif bagi para peserta didik baru.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menempatkan penciptaan suasana edukatif dan kreatif pada Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi para peserta didik baru. Secara rinci, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah merinci materi, konten, durasi, dan larangan terhadap PLS yang diselenggarakan masing-masing sekolah.

PLS bagi siswa baru dilaksanakan dalam jangka waktu paling lama tiga hari pada minggu pertama awal tahun pelajaran, dan dilaksanakan hanya pada hari sekolah dan jam pelajaran. Sekolah memiliki peranan penting dapat memilih salah satu atau lebih materi kegiatan pilihan pengenalan lingkungan atau melakukan kegiatan pilihan lainnya yang disesuaikan dengan kondisi dan karakteristik lingkungan sekolah.

Fokus edukatif dan kreatif menyasar kepada lima tema yaitu berupa aktivitas mengenali potensi diri siswa baru; membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah; Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru;

Mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya; Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong pada diri siswa.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI