Tampilkan di aplikasi

Empat langkah strategis pemajuan kebudayaan

Majalah Jendela - Edisi XI/06/2017
11 Januari 2018

Majalah Jendela - Edisi XI/06/2017

Hasil dari pembagian manfaat tersebut dapat untuk menghidupkan dan menjaga ekosistem objek pemajuan tersebut.

Jendela
Pengkajian dilakukan baik melalui penelitian ilmiah maupun metode kajian tradisional untuk menggali kembali nilai kearifan lokal untuk pengembangan kebudayaan masa depan.

Adapun pengayaan keberagaman dilakukan, antara lain, melalui penggabungan budaya (asimilasi), penyesuaian budaya sesuai dengan konteks ruang dan waktu (adaptasi), kreasi baru atau kreasi hasil dari pengembangan budaya sebelumnya (inovasi), dan penyerapan budaya asing menjadi bagian dari budaya Indonesia (akulturasi).

Pemanfaatan. Pemanfaatan yaitu upaya pendayagunaan Objek Pemajuan Kebudayaan untuk menguatkan ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam mewujudkan tujuan nasional.

Untuk menjalankan pemanfaatan objek pemajuan kebudayaan, Pemerintah Indonesia memfokuskan kepada empat tujuan besar yang dicapai, yaitu meningkatkan karakter bangsa melalui internalisasi nilai budaya, inovasi, peningkatan adaptasi menghadapi perubahan, komunikasi lintas budaya dan kolaborasi antar budaya.

Kemudian, bertujuan meningkatkan ketahanan budaya, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan peran aktif dan pengaruh Indonesia dalam hubungan internasional. Menariknya, Undang-Undang ini secara eksplisit menegaskan pemanfaatan objek kebudayaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat dilakukan melalui pengolahan objek pemajuan kebudayaan menjadi produk, tapi tetap menjaga nilai keluhuran dan kearifan objek tersebut.

Sehingga, industri besar, maupun pihak asing yang akan melakukan pemanfaatan objek pemajuan kebudayaan untuk kepentingan komersial wajib memiliki izin Pemanfaatan Objek Pemajuan Kebudayaan dari Menteri, dengan memenuhi syarat, seperti memiliki persetujuan atas dasar informasi awal, pembagian manfaat dan pencantuman asal-usul objek pemajuan kebudayaan.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI