Tampilkan di aplikasi

Peran aktivator guru tingkatkan prestasi siswa

Majalah Jendela - Edisi VII/11/2016
12 Januari 2018

Majalah Jendela - Edisi VII/11/2016

Guru punya peluang bereksperimen dalam rangka menemukan pengetahuan baru dalam pembelajaran.

Jendela
Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Guru tidak hanya sebagai pengajar tetapi juga menjadi fasilitator dan mitra bagi siswa dalam merangsang dan memberikan stimulus kepada siswa agar mampu mengoptimalkan kecerdasan dan kecakapannya secara bebas tetapi tetap bertanggungjawab.

Guru punya peluang bereksperimen dalam rangka menemukan pengetahuan baru dalam pembelajaran. Perkembangan baru terhadap pandangan belajar mengajar membawa konsekuensi kepada guru untuk meningkatkan peranan dan kompetensinya karena proses belajar- mengajar dan hasil belajar siswa sebagian besar ditentukan oleh peranan dan kompetensi guru.

Guru yang kompeten akan lebih mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan akan lebih mampu mengelola kelasnya sehingga hasil belajar siswa berada pada tingkat optimal. Buku ini memuat meta analisis John Hattie yang berpendapat bahwa “Activating Learning” lebih efektif atau kuat dibandingkan dengan “Facilitating Learning”.

Dalam buku ini Gayle Gregory menunjukkan bagaimana cara memberikan fasilitas pembelajaran yang lebih baik dan lebih dalam, digabungkan dengan strategi yang praktis dan dapat digunakan oleh guru setiap hari untuk meningkatkan prestasi siswa.

Kita akan mendapatkan teori Belajar Neuroscience tentang meningkatkan “cara berfikir yang terus tumbuh” dan menciptakan kelas yang mendukung dan mendorong siswa untuk maju dan tidak takut untuk gagal.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI