Tampilkan di aplikasi

Resensi buku, melebarkan semangat literasi dengan menulis

Majalah Jendela - Edisi VI/10/2016
12 Januari 2018

Majalah Jendela - Edisi VI/10/2016

Saat ini literasi banyak digalakkan di sekolah hingga masyarakat baik oleh pemerintah maupun komunitas.

Jendela
Literasi merupakan keberaksaraan di mana keaksaraan teknis menjadi salah satu pokok bahasan selain fungsional dan budaya. Saat ini literasi banyak digalakkan di sekolah hingga masyarakat baik oleh pemerintah maupun komunitas. Hal ini penting karena literasi tidak hanya mencakup kemampuan membaca dan menulis tetapi juga kemampuan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan, keluarga, dan masyarakat.

Buku ini membahas mengenai literasi dalam dua sisi yaitu konsepsi dan praksis. Sisi pertama memahamkan dan memberi pijakan tentang pentingnya “melek literasi”, memberikan panduan perkembangan literasi di Indonesia, serta menjelaskan akan pentingnya masyarakat pembelajar. Sisi kedua berupa contoh bagaimana buku dimanfaatkan dan dirayakan komunitas literasi.

Bentangan tema dalam buku ini begitu luas karena literasi terjalin erat dengan kehidupan, mulai dari dunia penerbitan, komunitas literasi, perpustakaan, kampanye baca tulis, hingga isu sosial, karena ia tak hidup dalam ruang hampa udara. Pembicaraan yang ditampilkan dalam 99 esai mempunyai makna khusus yang bisa mendorong pembaca agar melengkapinya menjadi 100 melalui aksi nyata dalam bentuk tulisan.

Pembahasan mulai dari minat baca, gerakan membaca hingga budaya menulis yang bisa mendorong pembaca untuk bisa menyebarluaskan informasi yang mereka miliki. Gempa yang dimaksud dalam buku ini bukan gempa yang bersifat menghancurkan, tapi justru membangun masyarakat untuk memanfaatkan informasi hingga bisa menyebarluaskannya.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI