Tampilkan di aplikasi

Revitalisasi SMK Negeri 1 Bawen, daya serap lulusan semakin meningkat

Majalah Jendela - Edisi 27/ Oktober 2018
7 Desember 2018

Majalah Jendela - Edisi 27/ Oktober 2018

SMK Negeri 1 Bawen, Jawa tengah, namanya kian terkenal di dunia industri pertanian dan peternakan Indonesia.

Jendela
Kini, SMK Negeri 1 Bawen telah memiliki Ikatan Alumni Wirausahawan Semkensaba yang diresmikan Agustus 2018 lalu. Mengingat minat berwirausaha lulusan tersebut, selain untuk mengembangkan jaringan kepada adik kelasnya, ikatan alumni ini juga dapat membawa dampak yang bermanfaat bagi warga sekolah melalui programprogram yang akan dijalankannya ke depan.

Minat berwirausaha lulusan SMK Negeri 1 Bawen sebagian besar terjun di peternakan ruminansia. Selain itu, SMK Negeri 1 Bawen juga terus meningkatkan kerja sama dengan dunia usaha dan industri (DUDI) khususnya bidang pertanian dan peternakan untuk meningkatkan kompetensi peserta didiknya. Diantaranya, sinkronisasi kurikulum berbasis industri, rekrutmen lulusan, praktik kerja lapangan, teaching factory, kunjungan belajar siswa, dan guru tamu dari DUDI hingga kerjasama usaha sayuran serta hasil olahan pertanian.

SMK Negeri 1 Bawen telah bekerja sama dengan 136 DUDI untuk fasilitasi praktik kerja lapangan siswanya. Sebagian besar DUDI memberikan fasilitas plus sebagai bentuk resource sharing dari perusahaan institusi pasangan tersebut hingga layanan perekrutan calon karyawan. Selain itu, SMK yang terletak di Kabupaten Semarang itu pun memberikan layanan kunjungan belajar bagi siswa Taman Kanak-kanak hingga Sekolah Menengah Pertama, maupun masyarakat umum.

SMK ini juga menerima kunjungan studi banding bagi sekolah maupun institusi lain untuk berbagi informasi di bidang pertanian dan peternakan, bahkan mampu menjadi penyelenggara pelatihan bagi calon karyawan DUDI. Tak hanya itu, SMK Negeri 1 Bawen juga telah menjadi konsultan pendirian SMK Pertanian.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI