Tampilkan di aplikasi

Pembangunan Fisik Tercapai, SMK Negeri 1 Mundu Fokus Revitalisasi Alat Praktik

Majalah Jendela - Edisi 27/ Oktober 2018
7 Desember 2018

Majalah Jendela - Edisi 27/ Oktober 2018

SMK Negeri 1 Mundu, Cirebon, Jawa Barat, merupakan salah satu SMK yang merasakan dampak dari program Revitalisasi SMK.

Jendela
Di tahun pertama Program Revitalisasi SMK, 2017, SMKN 1 Mundu menerima bantuan pendidikan sebesar Rp1,3 milyar. Bantuan tersebut disebut bantuan komprehensif yang diberikan untuk 219 SMK yang termasuk dalam daftar SMK yang direvitalisasi, salah satunya SMK Negeri 1 Mundu. Dalam bantuan komprehensif, ada beberapa komponen yang masuk dalam revitalisasi, antara lain pembangunan fisik, kurikulum, dan peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan.

Wakil Kepala SMK Negeri 1 Mundu Bidang Sarana dan Prasarana, Arief Setiawan mengatakan, bantuan komprehensif tersebut digunakan untuk merenovasi gedung asrama dan beberapa laboratorium praktik. “Jujur, dari tahun 1990 kita sudah punya asrama. Tapi mencari anggaran untuk rehab asrama susah. Alhamdulillah kemarin dari program revitalisasi kita dapat anggaran rehab asrama, jadi tampak sekali megahnya, kelihatan apik, orang tua siswa baru juga lebih aktif menitipkan anak-anaknya di asrama,” tuturnya.

Dari Program Revitalisasi SMK, Sekolah ini juga mendapat tambahan dua ruang praktik siswa (RPS) yang pembangunannya sedang berlangsung. Kegiatan belajar mengajar di sekolah sekarang terlihat lebih nyata dan hidup dibanding sebelumnya. Alat-alat praktik yang mendukung kegiatan siswa, khususnya kegiatan usaha, juga berjalan dengan baik melalui teaching factory atau techno park.

Selain menghasilkan produk dalam teaching factory, SMK Negeri 1 Mundu juga menghasilkan jasa, yakni melalui program keahlian Teknika Kapal Penangkap Ikan (TKPI). Koordinator Kompetensi TKPI, Lilik Casidi menuturkan, TKPI memiliki unit produksi yang menyediakan jasa perbaikan pendingin atau mesin pendingin. “TKPI juga mengembangkan mata pelajaran welding atau pengelasan. Jadi ada pemesanan bikin pagar, misalnya. Bisa lebih murah dan harga bersahabat,” ujar Lilik.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI