Tampilkan di aplikasi

Festival Janadriyah & Diplomasi Lunak Indonesia untuk Arab Saudi

Majalah Jendela - Edisi 32/April 2019
10 Juni 2019

Majalah Jendela - Edisi 32/April 2019

Festival Janadriyah asal Arab Saudi

Jendela
Indonesia menjadi tamu kehormatan di Festival Janadriyah ke-33 di Riyadh, Arab Saudi. Festival yang berlangsung sejak 20 Desember 2018 hingga 9 Januari 2019 ini dipadati pengunjung domestik maupun mancanegara yang tertarik mengenal budaya Indonesia. Kesuksesan Indonesia di festival ini mempererat hubungan bilateral kedua negara serta antusiasme tinggi masyarakat Arab Saudi terhadap budaya Indonesia berpotensi menjadi peluang pengembangan program diplomasi budaya Indonesia di Arab Saudi.

Festival Janadriyah adalah festival budaya tahunan terbesar di Timur Tengah, yang diselenggarakan sejak 1985. Kesempatan menjadi tamu kehormatan di Festival Janadriyah merupakan pencapaian yang luar biasa, apalagi Indonesia hanya memiliki persiapan yang sangat singkat, yakni sekitar satu bulan. Festival kali ini dibuka oleh Raja Salman bin Abdul Aziz pada Kamis, 20 Desember 2018.

Indonesia ditunjuk sebagai tamu kehormatan dalam festival ini melalui Dekrit Raja Salman pada September 2018 yang merupakan keputusan Raja Salman bin Abdul Aziz Al Saud dan Putra Mahkota Pangeran Muhammad bin Salman. Sebelum Indonesia, terdapat Rusia, Prancis, Jepang, Jerman, hingga India yang pernah diberi kesempatan sebagai tamu kehormatan.

Paviliun Indonesia seluas 2.500 meter persegi di Festival Janadriyah memamerkan kekayaan budaya dan sejarah Indonesia, dengan mengangkat tema “Unity in Diversity for Strengthening Moderation and Global Peace”. Indonesia menampilkan keanekaragaman budayanya mulai dari seni batik, seni pencak silat, seni tari tradisional, seni ukir, seni membuat sketsa wajah, dan seni kaligrafi. Paviliun ini juga menampilkan Kapal Pinisi sebagai warisan budaya tak benda dunia yang dimiliki Indonesia.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI