Tampilkan di aplikasi

Yuk, Ketahui Proses Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru!

Majalah Jendela - Edisi 32/April 2019
10 Juni 2019

Majalah Jendela - Edisi 32/April 2019

Proses Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru

Jendela
Tahun ini, proses seleksi penerimaan peserta didik baru (PPDB) dapat ditempuh melalui tiga mekanisme, yaitu jalur zonasi dengan kuota minimal 90 persen dari daya tampung sekolah, 5 persen jalur prestasi, dan sisanya melalui jalur perpindahan tugas orang tua/wali. Proses seleksi PPDB kelas 1 Sekolah Dasar (SD) hanya menggunakan jalur zonasi dan perpindahan tugas orang tua/wali saja. Sedangkan bagi kelas 7 Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan 10 Sekolah Menengah Atas (SMA) dapat menggunakan ketiga jalur tersebut.

Proses seleksi PPDB kelas 1 SD, kriteria yang diprioritaskan adalah usia dan jarak tempat tinggal terdekat ke sekolah dalam zonasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah (pemda) kabupaten/ kota. Usia calon peserta didik baru kelas 1 SD adalah 7 tahun, dan paling rendah berusia 6 tahun pada 1 Juli di tahun berjalan. Pengecualian syarat usia ini yaitu minimal 5 tahun 6 bulan pada 1 Juli di tahun berjalan asalkan disertai bukti rekomendasi tertulis tentang kesiapan calon peserta didik untuk bersekolah dari psikolog profesional atau dewan guru sekolah jika tidak ada psikolog tersebut.

Setiap batas usia harus mengacu pada jarak tempat tinggal calon peserta didik ke sekolah dalam zonasi yang ditetapkan. Jika ada calon peserta didik dengan usia sama, maka diprioritaskan bagi peserta didik yang tempat tinggalnya mempunyai jarak terdekat dengan sekolah. Dalam jenjang SD, proses seleksi PPDB tidak dilakukan tes membaca, menulis, dan berhitung.

Pada seleksi PPDB kelas 7 SMP dan 10 SMA, dilakukan menggunakan mekanisme dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring). Melalui kedua mekanisme itu, prioritas akan diberikan sesuai jarak tempat tinggal terdekat ke sekolah dalam zonasi yang ditetapkan oleh pemda. Akan tetapi, dalam mekanisme daring, jika jarak tempat tinggal calon peserta didik sama, maka yang diutamakan adalah peserta didik yang mendaftar lebih awal.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI