Tampilkan di aplikasi

PIP buka jalan capai cita-cita

Majalah Jendela - Edisi 34/Mei 2019
9 Agustus 2019

Majalah Jendela - Edisi 34/Mei 2019

Tiga siswa SMP 1 Purwokerto penerima manfaat dana PIP tahun 2018. Dari kiri ke kanan : Ester Yuniar Anggraeni, Ali Meilhan Nur Azis dan Andini Gusti Maheswari.

Jendela
Semenjak diluncurkan, Program Indonesia Pintar (PIP) telah memberi banyak manfaat untuk para siswa penerima program. PIP disebut telah membantu meringankan beban orangtua terhadap biaya pribadi siswa untuk sekolah, hingga membuka jalan bagi siswa untuk mencapai cita-citanya.

Simak penuturan tiga siswa penerima PIP berikut yang telah merasakan sendiri manfaatnya. Ketiga siswa tersebut adalah Ali Meilhan Nur Azis, Ester Yuniar Anggraeni dan Andini Gusti Maheswari. Mereka adalah siswa kelas 7 Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP) 1 Purwokerto. Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Ester Yuniar, putri dari ayah yang menjadi buruh harian dan ibu pedagang di pasar Purwokerto, mengungkapkan kegembiraannya setelah menerima dana KIP. Apalagi bagi siswi yang gemar mempelajari Bahasa Jawa Ini, PIP telah memberikannya kesempatan untuk belajar lebih baik. “Saya senang menerima KIP ini karena bisa meringankan beban orang tua dalam membeli alat–alat sekolah saya.” katanya.

Ali Meilhan, teman satu kelas Ester mengaku telah menerima dana pencairan PIP tahap I tahun 2018. “Saya menerima sejumlah Rp375.000 untuk tahap pertama.” tuturnya. Ali bercerita bahwa setiap hari Ia berangkat ke sekolah diantar oleh ayahnya yang berprofesi sebagai seorang wiraswasta. Ali sangat suka bermain sepak bola. Dengan tetap bersekolah, Ali berharap bisa meraih cita-citanya. “Saya ingin menjadi pemain bola profesional.” jawab Ali.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI