Tampilkan di aplikasi

Penilaian siswa jadi kunci penilaian pendidikan

Majalah Jendela - Edisi 35/Juli 2019
9 Agustus 2019

Majalah Jendela - Edisi 35/Juli 2019

Buku Understanding and Applying Assessment in Education

Jendela
Pengukuran keberhasilan siswa dalam menangkap pengetahuan yang diajarkan adalah melalui penilaian pendidikan akademik. Seorang guru tidak hanya memberikan pembelajaran kepada siswanya tetapi juga perlu melakukan penilaian baik melalui tugas maupun ujian sekolah dan ujian nasional. Penilaian tersebut yang akan menjadi tolok ukur keberhasilan pendidikan.

Tidak hanya berhenti pada penilaian saja, tetapi juga perlu adanya evaluasi terhadap hasil agar dapat melakukan peningkatan kualitas hasil pendidikannya. Kompetensi itu lah yang perlu juga dipelajari oleh seorang guru. Oleh karena itu, Damian Murchan dan Gerry Shiel melalui bukunya yang berjudul Understanding and Applying Assessment in Education mencoba memberikan gambaran dalam memahami penilaian di sekolah.

Buku yang terdiri dari 12 bab ini mencankup pendekatan formatif dan subjektif di seluruh pendidikan dasar dan menengah. Buku ini juga dirancang sedemikian rupa dengan disertai ilustrasi-ilustrasi yang memperjelas dari isi buku. Selain itu buku ini juga dapat menjadi buku acuan bagi guru baru karena berisi prinsip-prinsip kunci penilaian, aturan dalam melakukan penillaian, merencanakan, mengembangkan, dan menerapkan berbagai pendekatan untuk penilaian kelas, serta membedakan penilaian agar sesuai dengan kebutuhan semua peserta didik.

Selanjutnya, melalui data hasil penilaian tersebut, guru dapat menganalisis seberapa banyak ilmu pengetahuan yang dapat dipahami siswa dari pembelajaran yang diberikan. Pada bab 8 dan 9, buku ini akan membahas bagaimana seorang guru dapat menafsirkan dan menggunakan skor dari tes dan pemeriksaan standar, pencatatan, umpan balik, dan pelaporan dari penilaian kelas. Buku ini juga direkomendasikan untuk dibaca oleh mahasiswa keguruan agar dapat menjadi guru yang berkualitas sehingga dapat melahirkan generasi yang hebat dan berkualitas juga.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI