Tampilkan di aplikasi

“Guru kreatif, siswa aktif, begitupun sebaliknya”

Majalah Jendela - Edisi 47/November 2020
27 November 2020

Majalah Jendela - Edisi 47/November 2020

Praktik Baik Pembelajaran di Tengah Pandemi Covid 19

Jendela
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Agama (Kemenag), menggagas sebuah program apresiasi berbagi praktik baik dalam menyambut Tahun Ajaran Baru 2020/2021. Apresiasi ini diberikan kepada satuan pendidikan yang telah berusaha menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga tetap semangat dalam menjalani pendidikan di tengah keterbatasan.

Pandemi Covid membatasi aktivitas yang berhubungan dengan perkumpulan 19 secara signifikan atau kerumunan. Termasuk dalam proses belajar mengajar yang biasanya diselenggarakan tatap muka, kini harus dilakukan dari rumah. Butuh semangat dan komitmen besar dari para pendidik untuk menghadirkan sebuah pola transfer ilmu yang inovatif kepada peserta didik agar proses pembelajaran tetap menyenangkan.

Satu cerita datang dari I Nengah Suradnya, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Banjarangkan, Klungkung, Bali. Ia salah satu peserta apresiasi yang berkesempatan untuk berbagi pengalaman secara langsung, saat diundang virtual oleh Kemendikbud. Selama pandemi, Suradnya dan para guru di SMP Negeri 1 Banjarangkan berupaya mengembangkan kecakapan hidup peserta didik lewat keterampilan

Ia mengajarkan bagaimana siswa membuat masker, desinfektan, belajar memasak, hingga mengembangkan seni musik dan tari. “Intinya, guru harus aktif siswa juga harus kreatif, atau sebaliknya, guru kreatif siswa juga harus aktif,” tuturnya. Kepedulian Suradnya tidak hanya sampai di situ. Pandemi Covid 19 yang mengubah proses belajar menjadi daring pun menimbulkan masalah lain. Tidak semua peserta didik memiliki gawai yang bisa dipakai untuk belajar.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI