Tampilkan di aplikasi

Pesona sandiwara sastra di udara

Majalah Jendela - Edisi 47/November 2020
27 November 2020

Majalah Jendela - Edisi 47/November 2020

Menilik Literasi Karya Seni di Masa Pandemi

Jendela
Kehadiran sastra menempati posisi penting dalam pemajuan budaya dan pembentukan karakter bangsa. Hal itu pula yang mendorong Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Titimangsa Foundation dan KawanKawan Media menghadirkan siniar (podcast) Sandiwara Sastra sebagai inovasi dan bagian dari program Belajar dari Rumah di masa pandemi Covid 19.

Karya sastra dan pergulatan diri. Pengalaman, pengamatan, serta pemaknaan situasi dan latar belakang sejarah dalam pada hakikatnya tercipta dari situasi karya sastra merupakan bentuk penguatan karakter. Melalui tokoh-tokoh dalam karya sastra, masyarakat dapat mengenal lebih dekat sifat kemanusiaan. Sandiwara Sastra menjadi misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam pemajuan kebudayaan dan pembentukan karakter melalui peningkatan kemampuan literasi.

Tidak hanya sebagai karya seni dan inovasi, Sandiwara Sastra juga digadang sebagai jalan untuk mengangkat literasi. Alih wahana karya sastra Indonesia ke dalam medium audio ini bertujuan untuk mengenalkan dan menghidupkan kembali karyakarya sastra Indonesia.

Deretan novel dan cerpen karya penulis kenamaan Tanah Air dialihwahanakan menjadi wujud audio dengan pengisi suara para pesohor. Program Sandiwara Sastra ini menawarkan cara menarik menyimak karya sastra Indonesia. Inisiatif yang sudah bisa disimak sejak Juli lalu tersebut dapat diakses lewat podcast @budayakita serta disiarkan di stasiun radio RRI.

Sekali tayang, Sandiwara Sastra akan tersiar selama 30 menit, di mana setiap episodenya menggandeng 3-4 aktris/aktor yang berperan sebagai pemain maupun narator. Di episode perdana, adaptasi cerpen berjudul Mencari Herman karya Dewi Lestari, sukses tayang dan dialihsuarakan oleh Pevita Pearce, Ario Bayu dan Widi Mulia.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI