Tampilkan di aplikasi

Penuhi hak belajar peserta didik di masa Pandemi Covid-19

Majalah Jendela - Edisi 48/November 2020
28 Desember 2020

Majalah Jendela - Edisi 48/November 2020

Bantuan Kuota Internet / Foto : Sukmawan Novandi Nurrohman, Dok. Lomba Foto 2020 Kemendikbud.

Jendela
Di masa pandemi corona virus disease (Covid-19), pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tetap berupaya memastikan hak belajar setiap peserta didik agar terpenuhi. Satu dari hal itu adalah bantuan subsidi kuota internet untuk mendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ) kepada peserta didik dan pendidik. Bantuan kuota tersebut terdiri dari kuota umum dan kuota belajar dengan jumlah tertentu.

Alokasi kuota bagi peserta didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebanyak 20 gigabyte/bulan, peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah 35 gigabyte / bulan, pendidik pada PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah 42 gigabyte /bulan, serta untuk mahasiswa dan dosen 50 gigabyte /bulan. Seluruhnya mendapatkan kuota umum sebesar 5 GB/bulan, sisanya adalah untuk kuota belajar. Kuota umum adalah kuota yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi. Kuota belajar adalah kuota yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim mejelaskan, keterbatasan ketersediaan paket data internet bagi pendidik dan peserta didik selama ini menjadi salah satu kendala yang dihadapi selama PJJ. Solusinya, kata dia, Kemendikbud beserta para pemangku kepentingan memberikan subsidi kuota internet untuk siswa, guru, mahasiswa, dan dosen selama empat bulan terhitung sejak September 2020 senilai Rp7,2 triliun.

Para pemangku kepentingan yang terlibat pada kebijakan bantuan kuota internet ini antara lain Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), serta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Selain itu operator seluler yang mendukung kebijakan ini antara lain Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, AXIS, 3 (Tri), dan Smartfren.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI