Tampilkan di aplikasi

Merawat kebinekaan dan tingkatkan literasi berbahasa

Majalah Jendela - Edisi 48/November 2020
28 Desember 2020

Majalah Jendela - Edisi 48/November 2020

Ruang Dialog dan Ekspresi Pemajuan Kebudayaan

Jendela
Oktober ditetapkan sebagai bulan bahasa dan sastra (BBS) Indonesia. Peringatan ini tidak lepas dari peringatan Sumpah Pemuda yang juga jatuh di bulan yang sama. Tahun ini, peringatan Bulan Bahasa dan Sastra dilakukan secara berbeda. Seluruh kegiatan dilaksanakan secara daring mengingat pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini. Karena itulah tema pada peringatan BBS tahun ini mengangkat “Berbahasa untuk Indonesia Sehat”

Tema ini diusung karena berkaitan erat dengan pemahaman bahwa kemampuan berbahasa dan bersastra yang baik dapat membantu masyarakat untuk saling memahami. Dengan kesalingpahaman, maka persoalan apapun dapat diatasi, termasuk dalam menghadapi pandemi Covid-19. Tema ini juga menyiratkan optimisme bangsa agar mampu mewujudkan bangsa yang sehat secara jasmani dan rohani.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim yang berkesempatan menyampaikan sambutan dalam Puncak Peringatan BBS 2020, Rabu (28/10/2020) secara daring mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus meningkatkan literasi berbahasa. Tidak hanya dalam bahasa Indonesia, tetapi juga bahasa daerah.

Menurut Mendikbud, tanpa kecintaan terhadap bahasa, akan sulit meningkatkan kemampuan literasi. Kemampuan itulah yang menjadi salah satu kunci menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul dan pembelajar sepanjang hayat, berkompetensi global, dan berperilaku sesuai dengan normal-normal Pancasila. Mendikbud menambahkan bahwa keberadaan bahasa Indonesia telah menjadi anugerah bagi bangsa Indonesia. Persatuan dan kesatuan bangsa itu, salah satunya dirajut oleh bahasa. Tidak hanya bahasa Indonesia yang mengukuhkan bangsa, tetapi juga berbagai bahasa daerah.

Untuk itulah, kebijakan pengembangan bahasa dan sastra di Indonesia diarahkan untuk tetap merawat kebinekaan. Saat ini, Kemendikbud melalui Badan Bahasa telah berhasil memetakan 718 bahasa daerah yang digunakan oleh masyarakat Indonesia.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI