Tampilkan di aplikasi

PKN kembali digelar untuk kedua kalinya

Majalah Jendela - Edisi 48/November 2020
28 Desember 2020

Majalah Jendela - Edisi 48/November 2020

Ruang Dialog dan Ekspresi Pemajuan Kebudayaan / Foto : www.pkn.id

Jendela
Kongres Kebudayaan Indonesia pada 2018 telah menghasilkan sebuah resolusi penting yakni penyelenggaraan event kebudayaan bertaraf nasional sebagai ruang dialog dan ekspresi pemajuan kebudayaan. Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) yang diselenggarakan pertama kalinya pada 7-11 Oktober 2019 adalah langkah konkret dari resolusi tersebut. Tahun 2020, PKN kembali diselenggarakan.

PKN adalah upaya negara dan masyarakat di dalam membangun wadah kerja bersama untuk melahirkan ruang- ruang keragaman berekspresi, dialog antar-budaya, serta inisiatif dan partisipasi inovatif yang dikelola secara berjenjang dari desa hingga ke ibu kota. Di dalamnya terdapat rangkaian kegiatan yang ditujukan untuk memfasilitasi ekosistem kebudayaan sebagai garda terdepan dalam pemajuan kebudayaan Indonesia.

Istora GBK Senayan, Jakarta menjadi saksi digelarnya 10 kompetisi, 36 sesi konferensi, 125 pertunjukan, 27 pameran, dan 10 workshop budaya pada PKN yang pertama. Antusiasme masyarakat tampak pada jumlah pengunjung yang tercatat sekitar 250 ribu orang. Tak bisa tidak, bercermin dari capaian tersebut, PKN mesti dilaksanakan setiap tahun. Maka, tak berapa lama selepas penyelenggaraannya yang pertama, diskusi dengan pelbagai pihak perihal PKN 2020 pun diadakan. Hasilnya, rancangan umum PKN 2020.

Situasi pandemi Covid-19 adalah tantangan bagi seluruh sendi kehidupan, tak terkecuali pula kebudayaan. Namun demikian, situasi itu pun menyediakan wilayah refleksi dan inovasi. Melihat kondisi yang demikian dan dengan tekad bahwa kebudayaan mesti tetap berdenyut untuk menjaga kesehatan jiwa masyarakat membawa PKN 2020 mengambil bentuk penyelenggaraan dengan format dalam jaringan (online).
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI