Tampilkan di aplikasi

Pertunjukan yang menggugah apresiasi seni dan budaya generasi muda

Majalah Jendela - Edisi 49/Desember 2020
25 Januari 2021

Majalah Jendela - Edisi 49/Desember 2020

Selain ragam seni dan ritual tradisi, prosesi pembukaan PKN juga menyuguhkan garapan kontemporer dari dua seniman tari dan koreografer kebanggaan Indonesia, yakni Rianto Manali dan Eko Supriyanto.

Jendela
Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) tahun 2020 membuka ruang ekspresi bagi pekerja seni untuk berkontribusi dalam pemajuan kebudayaan walau pandemi Covid 19 masih belum nampak ujungnya. Selama sebulan penuh, 98 pergelaran yang melibatkan ribuan pekerja seni unjuk gigi, ditampilkan secara virtual. Meskipun tak bertatap muka secara langsung, performa mereka tetap membara dan memberi warna indah pada bentang budaya generasi muda.

Gebyar pembukaan Kebudayaan Nasional yang disiarkan langsung di TVRI pada Pekan 31 Oktober 2020, berhasil menarik perhatian masyarakat dengan sajian kearifan tradisi Nusantara. Konsep keselarasan yang ditautkan dengan penghormatan kepada Tuhan Maha Kuasa sebagai sumber napas bumi beserta isinya, dipadukan dengan kreasi para seniman tradisi maupun kontemporer dari berbagai wilayah Indonesia. Menarik, karena sebentuk dengan refleksi atas kenyataan dan tantangan yang mendera di segala lini akibat pandemi Covid 19.

Kehadiran komponis Ananda Sukarlan yang secara khusus memainkan repertoar karyanya bersama penyanyi tenor muda, Nikodemus Lukas, memberi nuansa heroik. Karya ini dibawakan sedemikian puitik persis di bawah naungan pohon sukun dalam situs Rumah Pengasingan Bung Karno, di Ende, Nusa Tenggara Timur. Dari lokasi bersejarah ini, tempat Bung Karno dikisahkan duduk merenungkan nilai-nilai Pancasila yang kelak dikukuhkan menjadi dasar negara.

Prosesi pembukaan PKN juga memberi ruang bagi ragam budaya tradisi yang tersebar di negeri ini. Ritual Nyangahatn dari Suku Dayak di Kalimantan, pentas tari tradisi dari Jambi, pertunjukan kolaborasi yang berangkat dari kesenian di Aceh, tari Sigale-gale dari tepian Danau Toba, serta sebuah tayangan kilas balik ritual Rambu Tuka dan Rambu Solo di Toraja pada 3–7 Oktober 2020 lalu, membius penonton.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI