Tampilkan di aplikasi

Wajah Indonesia dulu dan kini dalam cerminan topeng

Majalah Jendela - Edisi 49/Desember 2020
25 Januari 2021

Majalah Jendela - Edisi 49/Desember 2020

Parade Mahakarya Topeng Nusantara

Jendela
Topeng atau zaman kuno dalam tradisi nusantara. Topeng dalam berbagai fungsinya hadir dalam masker sudah dikenal sejak berbagai ritual dan seni tradisi. Dalam cerita panji misalnya, sang tokoh selalu mengenakan topeng. Topeng juga dipercaya memiliki kekuatan magis untuk menangkal bala dan menjadi bagian dari ritual pengobatan. Hampir setiap etnik di Indonesia mempunyai tradisi topeng yang khas dan unik.

Oleh karena itu, tidak heran jika Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) tahun 2020 menjadikan topeng sebagai salah satu pusat perhatian dalam penyelenggaraan PKN melalui acara yang Parade Mahakarya Topeng Nusantara. Parade ini sengaja dimasukkan ke dalam jadwal rangkaian acara pada hari terakhir penyelenggaraan PKN (30/11/2020) untuk memberikan kesan mendalam di penghujung perhelatan akbar ini.

Meskipun parade hanya dapat disaksikan secara daring melalui laman pkn.id atau melalui stasiun TVRI, namun acara ini tetap menjanjikan keunikan sekaligus kekayaan tradisi topeng nusantara. Hal ini karena sebelum parade diselenggarakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Kebudayaan telah terlebih dahulu menyelenggarakan Lomba Desain Topeng.

Lomba yang diselenggarakan pada bulan Agustus 2020 ini mengangkat tema yang selaras dengan parade, yakni “Parade Mahakarya Topeng Nusantara”. Lomba terbuka untuk umum, baik bagi pelajar, mahasiswa, atau pekerja kreatif di seluruh Indonesia. Selain itu, lomba juga terbuka bagi peserta per orangan atau kelompok, dengan usia minimal 17 tahun. Hal ini juga menjadi salah satu upaya untuk meningkat keterlibatan publik pada PKN tahun 2020.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI