Tampilkan di aplikasi

Menikmati keragaman seni rupa di masa kenormalan baru

Majalah Jendela - Edisi 49/Desember 2020
25 Januari 2021

Majalah Jendela - Edisi 49/Desember 2020

Pameran Pusaka Pangeran Diponegoro

Jendela
Pameran Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) tahun 2020 dilaksanakan secara luring maupun daring. Pameran secara luring digelar untuk memberi kesempatan masyarakat menikmati pameran secara langsung di masa kenormalan baru saat ini. Sementara beberapa pameran lain digelar secara daring, untuk memberikan kesempatan masyarakat luas menyaksikan pameran-pameran tersebut melalui gawai.

Pameran yang secara luring terdiri dari dua pameran, yaitu “Alam Ruang dilaksanakan Manusia: Pameran Imersif Affandi” dan “Pameran Pusaka Pangeran Diponegoro: Pamor Sang Pangeran”. Pameran Imersif Affandi digelar di Galeri Nasional Indonesia, dari tanggal 26 Oktober hingga 25 November 2020. Pameran Pusaka Pangeran Diponegoro dilaksanakan di Museum Nasional Indonesia, dari tanggal 28 Oktober sampai dengan 26 November 2020.

Pameran Pusaka Pangeran Diponegoro

Pameran “Pamor Sang Pangeran” menampilkan sosok Pangeran Diponegoro dalam bentuk yang kekinian. Kisah kehidupan sang pangeran akan ditampilkan dengan konsep mendongeng (storytelling) dilengkapi dengan teknologi video mapping dan komik manga ala Jepang yang sangat digemari kaum muda. Sang pangeran juga akan tampil bersama kuda kesayangannya, pusaka hidup bernama Kanjeng Kiai Gentayu dalam bentuk hologram.

Film animasi kisah Pangeran Diponegoro sejak penangkapan di Magelang (28 Maret 1830) hingga diasingkan ke Manado (3 Mei 1830) yang berjudul “Diponegoro 1830” juga akan melengkapi pameran berbasis teknologi ini. Dalam pameran ini disajikan pula foto-foto lukisan dan sketsa Diponegoro hasil karya seniman dalam periode 1807 hingga 2019. Selain itu yang tak kalah pentingnya adalah suguhan pusaka-pusaka Pangeran Diponegoro yang pernah dirampas Belanda, serta Babad Diponegoro (1831-1832) yang merupakan naskah klasik otobiografi sang pangeran yang ditulis pada awal pengasingan di Manado.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI