Tampilkan di aplikasi

Jelajah museum dengan teknologi virtual

Majalah Jendela - Edisi 49/Desember 2020
25 Januari 2021

Majalah Jendela - Edisi 49/Desember 2020

Museum Daring

Jendela
Di masa pandemi, banyak fasilitas publik harus ditutup agar tidak terjadi penyebaran virus Covid-19. Tidak terkecuali museum yang menyajikan pengalaman belajar tentang sejarah juga harus meniadakan kunjungan tatap muka. Namun, kecanggihan teknologi membuat masyarakat tetap dapat berwisata ke museum secara virtual. Sejumlah museum menyajikan layanan kunjungan secara daring, sehingga masyarakat tetap dapat menikmati fasilitas ini.

Museum nasional satu museum yang menyediakan fasilitas kunjungan daring bagi merupakan salah masyarakat dari seluruh Indonesia tanpa perlu hadir secara tatap muka. Apalagi di tengah pandemi saat ini, di mana menghindari kerumunan menjadi hal yang wajib ditaati. Dengan mengakses laman https://www.museumnasional.or.id/virtual-tour, pengunjung dapat dengan bebas mengeksplorasi seluruh kawasan yang ada di Museum Nasional.

Tidak hanya dimanjakan dengan tampilan gambar kualitas tinggi, pengunjung juga disuguhkan audio berupa musik latar dan narasi yang berisi informasi mengenai apa yang dapat dijelajahi pada setiap lantai museum. Ada lima menu yang dapat dipilih oleh pengunjung, mulai dari profile, panorama list, location, floorplan, dan museum collections.

Profile berisi video mengenai sejarah berdirinya Museum Nasional yang dibuka pertama kali pada 1868. Menu panorama list menampilkan gambaran beberapa bagian dari Museum Nasional yang dapat dieksplorasi pengunjung. Setiap gambar yang diklik, pengunjung langsung disuguhkan tampilan gambar sesuai wujud aslinya ketika berkunjung ke museum secara tatap muka.

Pada menu location, pengunjung diberikan informasi mengenai peta lokasi Museum Nasional dan informasi laman serta nomor Whatsapp yang dapat dihubungi. Sementara itu pada menu floorplan, terdapat gambar keterangan lokasi setiap gedung dan lantai yang ada di museum ini. Gambar ini dapat membantu pengunjung mencari lokasi yang diinginkan, tanpa perlu menyusuri setiap lantai.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI