Tampilkan di aplikasi

Disco Hardcore

Majalah JIP - Edisi 175
8 Maret 2017

Majalah JIP - Edisi 175

Semua tahu produk Land Rover identik dengan lumpur. Apalagi Defender dan Discovery. Sayangnya, Defender sudah masuk masa pensiun dan penggantinya masih dalam antrian jalur produksi. Sedangkan Discovery, meski kemampuannya hebat dan banyak dipakai off-road, namun masih sering dianaktirikan. / Foto : Farman Bahar

JIP
Mungkin ingin memenuhi permintaan peminat Defender yang dipaksa menunggu itu, Land Rover pun berencana mengemas versi Discovery yang lebih fokus ke off-road.

Mengambil basis Discovery 5 yang belum lama ini diperkenalkan, Land Rover menunjuk divisi Special Vehicle Operations untuk meramu Discovery yang kemungkinan menggunakan emblem SVX. Special Vehicle Operations biasa membuat varian khusus high performance untuk Land Rover dan Jaguar yang super kencang di aspal. Kini, mereka diminta membuat Disco yang jago menari di trek tanah.

Salah satu kunci kemampuan off-roadnya adalah pelek yang lebih kecil.

“Pelek untuk Disco baru ini berdiameter 18 inci, sebelumnya Discovery menggunakan pelek antara 19-22 inci,” ujar chief engineer Land Rover, Alex Heslop.

Penggunaan pelek 18 inci ini digabung dengan ban kasar tipe A/T, sekaligus peranti rem yang juga lebih kecil. Dengan beberapa inovasi baru seperti mesin diesel 4 silinder serta bodi aluminium, bobot Disco baru ini bisa dipangkas hingga 480 kg! Soal mesin, diperkirakan Discovery SVX ini akan memakai varian 4 silinder, seperti turbo diesel yang sebelumnya disebut, atau mesin bensin turbo yang sekelas.

Tambahan lain, kemungkinan Disco SVX ini akan dilengkapi snorkel dan roof rack. Juga jadi media percobaan beberapa teknologi autonomous mereka (mengemudi sendiri). Menurut bos SVO, John Edwards, mereka masih mempertimbangkan beberapa kemungkinan fokus spesifikasinya.

“Bisa berat ke arah offroad ekspedisi, atau off-road cepat seperti di Rally Raid, yang menggabungkan kemampuan off-road dengan kecepatan tinggi.” Yang pasti, Land Rover mengincar pasar Australia, Timur Tengah dan Afrika Selatan. Dan bakal bersaing berat dengan Toyota Prado dan Ford Everest.
Majalah JIP di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI