Tampilkan di aplikasi

Filsafat pendidikan Nabi Ibrahim

Majalah Karima - Edisi 02
14 Februari 2018

Majalah Karima - Edisi 02

Pendidikan anak adalah kewajiban bagi setiap orangtua, baik ayah atau ibu.

Karima
Cukup banyak teks al-Qur`an dan Hadits ra sulullah yang mengisyaratkan seputar pentingnya pendidikan. Pendidikan anak adalah kewajiban bagi setiap orangtua, baik ayah atau ibu. Tidak berlebihan jika Nabi SaW mengatakan bahwa tiap anak yang terlahir dalam kondisi fitrahnya. Kedua orangtuanya yang akan mendesain anaknya dikemudian hari.

Al-Qur`an secara khusus memerintahkan orangtua agar mendidik putraputrinya dengan bekal agama yang cukup. Harapannya, mereka kelak selamat dari sengatan api neraka yang menyala-nyala, sebagaimana firman Allah :

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”

(At- Tahrim [66]: 6) Kandungan ayat di atas bersifat universal. Semua orangtua wajib menjaga keluarganya agar jangan menjadi bahan bakar api neraka. Caranya, dengan memerintahkan mereka agar menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Sebagai orangtua wajib menjadi teladan bagi putraputrinya dalam semua aspek kehidupan, khususnya urusan shalat lima waktu. Jangan sampai, orangtua menyuruh anaknya shalat berjmaah, sementara dirinya duduk manis di rumah. Terkait dengan pentingnya perintah shalat, Allah menegaskan di dalam al-Qur`an surah Taha [20]: 132.

’’Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya.” Shalat adalah prioritas utama di dalam pendidikan keluarga. Ketika shalatnya benar, baik, dan tepat waktu maka yakinlah semuanya akan ikut baik.
Majalah Karima di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI