Tampilkan di aplikasi

Buku Media Cendekia Muslim hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Strategi Konseling Kreatif

Agar Kegiatan Konseling Asyik dan Menyenangkan

1 Pembaca
Rp 47.000 15%
Rp 39.950

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 119.850 13%
Rp 34.623 /orang
Rp 103.870

5 Pembaca
Rp 199.750 20%
Rp 31.960 /orang
Rp 159.800

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Bimbingan Konseling (BK) merupakan salah satu komponen dalam keseluruhan sistem pendidikan di sekolah. Bimbingan dan Konseling sebagai bagian integral dalam proses pendidikan, mempunyai kontribusi dalam penyiapan mutu sumber daya manusia.
Hanya saja, kebanyakan layanan yang diberikan oleh guru Bimbingan dan Konseling masih terkesan kaku, tidak menyenangkan, bahkan masih terkesan ditakuti bagi sebagian besar siswa. Pada akhirnya, tujuan dari kegiatan Bimbingan dan Konseling tidak tercapai.
Buku ini, merupakan hasil pengalaman profesional penulis dalam memberikan pelayanan Bimbingan dan Konseling kepada peserta didik. Di dalam buku ini akan disajikan langkah-langkah pelayanan konseling yang dikemas secara menarik dan menyenangkan.

Selamat membaca!

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Siti Kulsum

Penerbit: Media Cendekia Muslim
ISBN: 9786026647368
Terbit: Juli 2019 , 106 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Bimbingan Konseling (BK) merupakan salah satu komponen dalam keseluruhan sistem pendidikan di sekolah. Bimbingan dan Konseling sebagai bagian integral dalam proses pendidikan, mempunyai kontribusi dalam penyiapan mutu sumber daya manusia.
Hanya saja, kebanyakan layanan yang diberikan oleh guru Bimbingan dan Konseling masih terkesan kaku, tidak menyenangkan, bahkan masih terkesan ditakuti bagi sebagian besar siswa. Pada akhirnya, tujuan dari kegiatan Bimbingan dan Konseling tidak tercapai.
Buku ini, merupakan hasil pengalaman profesional penulis dalam memberikan pelayanan Bimbingan dan Konseling kepada peserta didik. Di dalam buku ini akan disajikan langkah-langkah pelayanan konseling yang dikemas secara menarik dan menyenangkan.

Selamat membaca!

Ulasan Editorial

Hidup ini dinamis. Diperlukan upaya-upaya tertentu berupa inovasi untuk menyelaraskan dengan perkembangan zaman. Selama ini bukan hanya dikalangan peserta didik saja, bahkan orang tua/ wali pun nyaris berstigma bahwa guru BK merupakan sosok yang ditakuti. Hal ini terjadi karena guru BK sering diidentikkan dengan siswa-siswa bermasalah, bahkan hukuman tertentu.

Buku ini berupaya mengubah stigma tersebut. Pelayanan BK di sekolah tidak selalu dengan cara konvensional. BK dengan sentuhan estetika seni menjadi inovasi pelayanan BK. Dengan demikian, pelayanan BK menjadi lebih variatif dan menyenangkan. Poin oentingnya adalah bahwa dalam hidup diperlukan sesuatu yang tidak hanya berupa rutinitas perlu upaya-upaya baru untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu buku ini layak untuk dibaca bukan hanya oleh guru BK, namun semua guru, wali kelas serta orang tua dapat mendapatkan inspirasinya

SMAN 4 Tanjung Jabung Timur, Jambi / Sutoyo, S.S., M.Pd.

Bimbingan konseling merupakan bidang ilmu yang dinamis, yang senantiasa berkembang mengikuti zamannya, mengiringi perkembangan peserta didik yang ada pada zamannya. Untuk iu dibutuhkan sosok guru BK yang kreatif dan inovatif dalam memberikan bimbinga ataupun konseling baik secara kelompok maupun individual. Menyentuh hati siswa dengan tepat, saya berpikir ada media yang membuat siswa tertarik dan nyaman ringan ketika mencurahkan permasalahannya dalam sesi konseling. Saya sudah mengapilkasikan creatif counseling by siti kulsum, buku cetakan pertamanya yang saya baca dan telah mengikuti workshop nya sangat menginspirasi dalam menghadapi keragaman permasalahan siswa. Terima kasih bu siti, karyamu menjadi salah satu refernsi kami dalam mengaplikasikan layanan BK di Madrasah kami

Guru MAN 2 Karawang / Amalia Fardiani, S.Pd. Kons.

Guru BK yang mengintegrasikan seni kreatif dalam konseling dapat meningkatkan kualitas layanan konseling sehingga sangat membantu konseli dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya. Jadi, upaya yang dilakukan dengan mengintegrasikan seni kreatif dalam layanan konseling memiliki dampak yang signifikan bagi perubahan tingkah laku konseli. Pastikan setelah membaca buku ini energi ktreatif anda akan semakin berlipat dalam meberikan layanan konseling

Staf Pengajar STKIP Muhammadiyah Aceh Tengah / Hendri Putra, S.Psi., M.Pd., MCH

Setelah saya membaca Buku “Counselig Creatif ala Siti Key” saya merasa senang sekali karena buku tersebut memuat tentang beberapa contoh konseling kreatif yang berbasis kreatifitas peserta didik dengan media yang murah meriah dan dapat kita temui di mana saja, dan saya yakin ini dapat dilaksanakan di manapun termasuk kepada peserta didik saya di SMPN 1 Purwosari Gunungkidul.

Benar adanya setelah saya laksanakan terlihat sekali kreatifitas peserta didik dalam konseling mereka merasa tidak dalam suasana konseling yang selama ini terkesan kaku

SMPN 1 Purwosari Gunungkidul DIY / Sugi Yana

Menjadi Guru BK di era milenials, tentu membutuhkan tingkat kreatifitas yang tidak biasa. Buku ini menawarkan konsep praktis berdasarkan pengalaman langsung penulis tentang bagaimana mengatasi permasalahan siswa dengan cara kreatif dan menyenangkan.

Lembar demi lembar buku ini akan mengasah kepiawaian anda dalam memberikan pelayanan konseling secara kreatif, sangat menarik dan relevan diimplementasikan dalam era pendidikan 4.0”

SMK Perguruan Cikini Jakarta / Anis Nurhasanah, S.Psi. M.Pd

Penulis kami kenal sebagai pribadi yang terbuka dan memiliki pemikiran yang jauh ke depan. Dedikasinya untuk dunia pendidikan Bimbingan dan Konseling sangat luar biasa. Semangatya dalam memperkenalkan metode baru patut diapresiasi. Semoga langkah awal ini bisa menjadi batu loncatan untuk prestasi yang lebih tinggi demi kemajuan pendidikan umumnya dan “mempercantik” Bimbigan dan Konseling khususnya di masa mendatang”

Pemerhati Pendidikan / Aidil Zarkasih

Buku ini merupakankoleksi terbaik dalam penerokaan tentang diri, pemikiran, perasaan dan terhasilnya tingkah laku. Ianya harus dimiliki oleh sesiapa sahaja yang mencari erti kehidupan masing-masing”

Universitas Putera Malaysia / Kaunselor Siti fatimah Abdul Ghani K.B.,P.A

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Syukur dan alhamdulillah saya panjatkan setinggi-tingginya kepada Allah SWT. Karena dengan limpahan rahmat dan karunia-Nya, akhirnya saya dapat menyelesaikan buku ini setelah sekian lama menyimpan hasrat untuk mewujudkannya. Shalawat dan salam tak lupa saya haturkan kepada sosok makhluk yang mulia, nabi terakhir penutup akhir zaman, yaitu Nabi Muhammad Saw.

Buku ini, Strategi Konseling Kreatif, merupakan hasil pengalaman profesional saya dalam memberikan pelayanan Bimbingan dan Konseling kepada peserta didik. Di dalam buku ini akan disajikan kepada para pembaca langkahlangkah pelayanan konseling berkenaan dengan berbagai topik dan kasus yang dikemas secara menyenangkan.

Terakhir, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak, yang telah terlibat dan membantu sehingga terselesaikannya buku ini. Saya menyadari, bahwa dalam penulisan buku ini masih banyak terdapat kekeliruan, untuk itu saran dan kritik yang sifatnya membangun sangat diharapkan. Akhir kata, semoga buku sederhana ini dapat diterima dan bermanfaat serta menginspirasi untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.

Penulis

Siti Kulsum - Siti Kulsum, S.Pd. lahir di Garut pada 13 Agustus 1980. Ia adalah anak kedua dari tujuh bersaudara. Ia menyelesaikan pendidikan dasarnya di SDN Bojongloa 1, dan SMPN 1 Rancaekek. Kemudian ia melanjutkan pendidikan menengahnya sambil mondok di Pondok Pesantren YPI An Nur Malangbong, Garut, dari tahun 1996–1999. Pendidikan jenjang sarjananya ia selesaikan pada tahun 2005, jurusan Psikologi, fakultas Tarbiyah, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Daftar Isi

Sampul
Testimoni “Strategi Konseling Kreatif”
Testimoni Tokoh
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1: Potret Bimbingan Konseling
Bab 2: Paradigma Bimbingan Konseling
Bab 3: Layanan Bimbingan Konseling
Bab 4: Expressive Arts Therapy (Terapi Seni Ekspresif)
     A. Mengenal Konseling Expressive Arts Therapy
     B. Media Konseling Expressive Arts Therapy
     C. Tahapan Konseling Expressive Arts Therapy
     D. Panduan Konseling Expressive Arts Therapy
          Langkah Pertama
               a. Sesi Lukisan Diri Saya
               b. Sesi Lukisan Kebahagiaan Saya
               c. Sesi Lukisan Kemarahan Saya
               d. Sesi Lukisan Ketakutan saya
               e. Sesi Lukisan Kesedihan saya
          Langkah Kedua
          Langkah Ketiga
Bab 5: Expressive Arts Therapy Dalam Pembentukan Karakter Siswa
Bab 6: Kreatif Quotes Stone; Inspirasi Literasi
     A. Dunia Literasi di Indonesia
     B. Teknik Kreatif Quotes Stone
     C. Sumber Daya Pendukung Kreatif Quotes Stone
     D. Alur Pemikiran dan Tahap Pelaksanaan Kegiatan
     E. Hambatan dalam Pelaksanaan Program
Bab 7: Kreatif Quotes Stone dalam Literasi Anti Korupsi
     A. Menanamkan Budaya Anti Korupsi di Sekolah
     B. Strategi Implementasi
Bab 8: Kreasi Inovasi Batik Eco Printing; Kreativitas Ekonomi, Kreativitas Siswa
     A. Sumber Daya Pendukung
     B. Tradisi Batik
     C. Batik Eco Printing
Daftar Pustaka
Tentang Penulis