Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Pengantar Teori Semiotika

1 Pembaca
Rp 90.000 28%
Rp 65.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 195.000 13%
Rp 56.333 /orang
Rp 169.000

5 Pembaca
Rp 325.000 20%
Rp 52.000 /orang
Rp 260.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Pengantar Teori Semiotika. Sistematika buku Pengantar Teori Semiotika ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 12 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Pengantar dan Konsep Semiotika, Sejarah dan Perkembangan Semiotika, Batas Wilayah Semiotika, Tokoh dan Model Semiotika, Simbol, Kata-Kata, dan Makna, Konsep Ideologi dan Mitologi, Budaya, Manusia, dan Bahasa, Semiotika Komunikasi, Semiotika Sastra, Semiotika Dalam Riset Visual, Film dan Semiotika, dan Periklanan, Gaya Hidup dan Belanja Online Masyarakat Cyber pada Era Pandemi Covid-19.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Surya Darma / Giovani Sahri / Asnita Hasibuan / I Wayan Wirta / Immanuel D. B. Silitonga / Vina Merina Br Sianipar / Miftahul Khoiriah / Sri Ayu Rayhaniah / Nancy Angelia Purba / Supriadi / Abwabul Jinan / Muhammad Hasyim
Editor: Muhammad Ali Mursid Alfathoni

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233622998
Terbit: Januari 2022 , 205 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Pengantar Teori Semiotika. Sistematika buku Pengantar Teori Semiotika ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 12 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Pengantar dan Konsep Semiotika, Sejarah dan Perkembangan Semiotika, Batas Wilayah Semiotika, Tokoh dan Model Semiotika, Simbol, Kata-Kata, dan Makna, Konsep Ideologi dan Mitologi, Budaya, Manusia, dan Bahasa, Semiotika Komunikasi, Semiotika Sastra, Semiotika Dalam Riset Visual, Film dan Semiotika, dan Periklanan, Gaya Hidup dan Belanja Online Masyarakat Cyber pada Era Pandemi Covid-19.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya sehingga buku kolaborasi dalam bentuk book chapter dapat dipublikasikan dan dapat sampai di hadapan pembaca. Book cahpter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing.

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Pengantar Teori Semiotika. Sistematika buku Pengantar Teori Semiotika ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan.

Buku ini terdiri atas 12 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Pengantar dan Konsep Semiotika, Sejarah dan Perkembangan Semiotika, Batas Wilayah Semiotika, Tokoh dan Model Semiotika, Simbol, Kata-Kata, dan Makna, Konsep Ideologi dan Mitologi, Budaya, Manusia, dan Bahasa, Semiotika Komunikasi, Semiotika Sastra, Semiotika Dalam Riset Visual, Film dan Semiotika, dan Periklanan, Gaya Hidup dan Belanja Online Masyarakat Cyber pada Era Pandemi Covid-19.

Kami menyadari bahwa tulisan ini jauh dari kesempurnaan dan masih terdapat banyak kekurangan, sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Yang Kuasa. Oleh sebab itu, kami tentu menerima masukan dan saran dari pembaca demi penyempurnaan lebih lanjut.

Akhirnya kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah mendukung dalam proses penyusunan dan penerbitan buku ini, secara khusus kepada Penerbit Media Sains Indonesia sebagai inisiator book chapter ini. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Penulis

Surya Darma - Tak banyak yang bisa diceritakan oleh penulis terkait profil diri. Penulis lahir di Pelawi, Langkat, Sumatera Utara dan berhasil lulus menjadi Sarjana Komputer Program Studi Sistem Informasi di Universitas Potensi Utama, tahun 2015. Tahun-tahun di mana penulis menjadi mahasiswa Universitas Potensi Utama adalah tahun di mana penulis mulai berkarya, dan menghasilkan beberapa karya ilmiah yang telah di prosiding dalam bidang Sistem Informasi. Tahun-tahun berikutnya atas ijin Allah, penulis berhasil lulus menjadi Magister Seni Program Studi Pengkajian Seni di Institute Seni Indonesia PadangPanjang, tahun 2018.

Penulis terfokus di bidang Penciptaan dan Pengkajian Seni Film dan Televisi, sebagai upaya untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis aktif sebagai peneliti di bidang kepakarannya tersebut. Beberapa karya ilmiah penulis terbit melalui jurnal perguruan tinggi dan terbit melalui jurnal terakreditasi. Adapun penelitian yang telah dilakukan penulis didanai oleh Kemenristek DIKTI. Alhamdulillahilladzi bi ni'matihi tatimmush sholihat.

Selain mengajar, saat ini penulis aktif dalam kegiatan tim sosial untuk mewujudkan pembangunan Masjid dan Ma’had Tahfidz Qur’an Yatim Dhuafa Kitabina di Desa Sayum Sabah, Sibolangit, Sumatera Utara. Pembaca yang ingin berwakaf untuk penghafal Al-Qur’an Yatim Dhuafa Kitabina bisa menghubungi penulis melalui email berikut yang In syaa Allah menjadi Amalan Jariyah untuk kita. Aamiin Allahumma Aamiin
Giovani Sahri - Berawal dari ketertarikan penulis terhadap dunia seni music dan seni peran tepat pada tahun 2010 silam. Hal tersebut membuat penulis menekuni seni music dan peran pada masa itu, Dimana semua hal tersebut di lalui secara otodidak. ketertarikan itu membawa jalan pada takdir yang Allah sudah tentukan ternyata, Dimana tepat tahun 2012 penulis mulai masuk kuliah S1 jurusan Sistem Informasi di Universitas Potensi Utama dan berhasil lulus pada tahun 2016. Penulis kemudian melanjutkan studi ke jenjang S2 di Institut Seni Indonesia Padang Panjang pada jurusan Televisi dan Film dan selesai di tahun 2018. Lalu kemudian karena ingin menambah banyak pengetahuan terkait dunia seni yang khususnya film, tepatnya di tahun 2019 penulis mulai untuk mendaftarkan diri ke jenjang S3 di Institut Seni Indonesia Yogyakarta hingga sekarang.

Penulis memiliki kepakaran di bidang kajian isu- isu film dan directing film. Untuk mewujudkan karir sebagai dosen professional, penulis aktif dalam bidang produksi film bahkan meneliti di bidang kajian film. Untuk menambah kepakaran dalam konteks penulisan, penulis juga tidak jarang ikut serta dalam penulisan artikel yang bekerjasama dengan kementerian komunikasi dan informasi di tahun 2019, yang harapannya dapat dan mampu memberi kontribusi terbaik untuk Indonesia dan anak bangsa dalam membangun Indonesia.
Asnita Hasibuan - Lahir di Siantar Tonga-tonga, 01 Januari 1984. Menyelesaikan program Sarjana di Universitas Negeri Medan tahun 2016 Magister Pendidikan Bahasa Indonesia di UMN tahun 2011. Riwayat pekerjaan di berbagai Universitas seperti HKBP Nommensen, Sekolah Tinggi STBA-PIA, Sekolah Tinggi Pelita Bangsa, Inkes Sumut dan sekarang dosen Tetap di Universitas Katolik Santo Thomas. Pada Tahun 2019 Memenangkan Hibah Dosen Pemula yang Dibiayai Kemristekdikti. Tahun 2020 sebagai Pengajar Diklat Nasional untuk mendampingi Kepala Sekolah PAUD, SD, dan SMP Deli Serdang, Tebing Tinggi, Binjai, dan Kabupaten Asahan. Tahun 2021 sebagai Pengajar Praktik Guru Penggerak di wilayah Kabupaten Asahan. Tahun 2021 Menulis Buku ber-ISBN Keterampilan Berbicara.
I Wayan Wirta - Lahir di Ginyar, tanggal 31 Desember 1961, kota kabupaten di sebelah timur Denpasar, Provinsi Bali. Ketertarikan penulis terhadap ilmu komunikasi dimulai sejak tahun 2007 silam, semenjak penulis tinggal di Kota Medan, Sumatera Utara bekerja di Kamenag Kota Medan (sebagai PNS) sebagai Pengawas Pendidikan Agama Hindu Tingkat SLTA/SLTP se-Kota Medan. Sebagai seorang pengawas, merasa perlu meningkatan jenjang pendidikan yang lebih tinggi sesuai tuntutan karier menjadi pengawas. Hal tersebut mendorong penulis melanjutkan pendidikan Magister (S2) Ilmu Komunikasi di Universitas Darma Agung Medan (lulus tahun 2009), yang mengantarkan penulis menjadi dosen (dari sejak tahun 2010 s/d sekarang), menyebabkan penulis beserta keluarga pulang kampung, mutasi ke Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar. Sejak tanggal 20 Desember 2020 institusi tempat penulis mengajar mengalami peningkatan status menjadi Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar. Dan sambil bekerja penulis melanjutkan kuliah mengambil jurusan Ilmu Agama di Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar (lulus tahun 2019).

Penulis memiliki kepakaran dalam bidang Ilmu Komunikasi dan sekaligus Ilmu Agama, khususnya Agama Hindu. Penelitian komunikasi yang dilakukan lebih terfokus pada objek material Agama Hindu (komunikasi transcendental) yaitu Komunikasi Hindu. Untuk mewujudkan karir sebagai dosen yang professional, penulis aktip meneliti sesuai bidang kepakarannya, di samping juga menulis buku (book chapter) dengan harapan..
Immanuel D. B. Silitonga - Lulus Sarjana di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Unimed tahun 2012. Lulus Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Sebelas Maret Surakarta tahun 2014. Menjadi dosen tetap di Universitas Katolik Santo Thomas sejak 2014. Mengampu mata kuliah Semantik, Pragmatik dan Wacana. Pernah menjadi dosen tamu di program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas HKBP Nomensen Medan (2014-2018) dan Universitas Prima Indonesia (2014-2016). Pemenang Hibah Penelitian Dosen Pemula pada Tahun 2020. Menjadi Operator LMS Penguatan Kepala Sekolah Tahun 2020. Tahun 2021 Dosen Pengampu Matakuliah Pertukaran Pelajar Kampus Merdeka.
Vina Merina Br Sianipar - Penulis lahir pada tanggal 17 Mei dan anak ke-5 dari keluarga Bapak M. Sianipar dan Ibu N. Hasibuan. Penulis menyelesaikan studi S-1 di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UHN Medan pada tahun 2015. Kemudian, melanjutkan S-2 di Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Medan pada tahun 2018. Penulis memiki pengalaman mengajar di salah satu sekolah swasta Medan dan Jakarta. Mengajar di Sekolah, dimulai sejak tahun 2016-2019.Penulis memulai karir sebagai dosen pada tahun 2019 di FKIP Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UHN Medan. Penulis sangat menyukai menulis dalam bidang sastra, linguistik, dan Pendidikan. Hal ini dapat membantu penulis mengembangkan kemampuannya sesuai bidang Pendidikannya. Salah satunya, dengan aktif mengikuti kegiatan seminar dan sudah pernah menjadi pembicara seminar pada tahun 2017 dengan materi sastra akademik dan 2021 dengan materi Literasi Digital Bagi Tenaga Pendidik. Penulis menulis buku, melakukan penelitian, dan pengabdian kepada masyrakat dengan harapaan dapat memberikan kontribusi bagi bagi bangsa dan negara.
Miftahul Khoiriah - Penulis lahir di Maga Dolok, Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara. Saat ini, Penulis aktif sebagai salah satu guru di Jihan Ulfani Islamic School yang beralamat di Medan Marelan. Ditengah kesibukan mengajar di Jihan Ulfani Islamic School sebagai wali kelas dan membawa beberapa mata pelajaran salah satunya mata pelajaran Bahasa Indonesia. Ditengah kesibukan beraktifitas sebagai guru dan mendidik beberapa anak ABK penulis tetap berusaha untuk terus belajar agar mendapatkan ilmu pengetahuan yang update. Penulis tertarik untuk ikut serta dalam kepenulisan buku ini agar dapat berbagi ilmu pengetahuan sekaligus untuk mengasah kemampuan dalam bidang kepenulisan tentunya. Melalui penulisan buku ini, penulis semakin tertantang untuk semakin mengasah kemampuan dalam menulis agar dapat menghasilkan karya tulis dalam bentuk buku lainnya.
Sri Ayu Rayhaniah - lahir di Samarinda pada tanggal 31 Mei 1989, anak pertama dari dua bersaudara. Penulis menamatkan sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Sullamul Ulum (2001), MTs. Negeri Model Samarinda (2004), Madrasah Aliyah di Ponpes Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai (2007) pada jurusan IPA, selanjutnya melanjutkan kuliah di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Samarinda pada tahun 2007-2011, Jurusan Dakwah dengan Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Lalu pada tahun 2015-2017 melanjutkan kuliah pascasarjana di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda, dengan Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam.

Aktifitas sehari-hari selain sebagai ibu rumah tangga, penulis adalah seorang dosen yang aktif melakukan tri dharma perguruan tinggi pada Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) di Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda, pada Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI). Beberapa karya penulis di antaranya: Kilau pendidikan (2020), Komunikasi Korporat (2021), Pengantar Ilmu Komunikasi (2021), Etika dan Komunikasi Organisasi (2021) dan Public Relations (2021).
Nancy Angelia Purba - Ketertarikan penulis terhadap semiotika dimulai pada tahun 2007 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke Universitas Negeri Medan dengan memilih Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan berhasil lulus pada tahun 2012. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan Strata-2 pada tahun 2013 di Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Pendidikan Bahasa Indonesia dan berhasil menyelesaikan pada tahun 2015.

Penulis memiliki kepakaran di bidang Kajian Kurikulum Bahasa Indonesia di SD. Dalam mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti di bidang kepakarannya dan bergabung dalam organisasi yang mendukung hal tersebut seperti komunitas Kata Sastra, komunitas penulis kreatif dan komunitas sejenisnya. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI seperti Penelitian Dosen Pemula dengan judul Penelitian Etnografi Komunikasi pada Masyarakat Batak Toba di Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara Mengenai Analisis Tindak Tutur dalam Upacara Kematian Saur Matua. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.
Supriadi - Ketertarikan penulis terhadap Ilmu Semiotika dimulai pada tahun 2015, ketika beranjak menyelesaikan skripsi di Prodi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia di Universitas Muhammadiyah Makassar. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk melanjutkan pendidikan pascasarjana di Universitas Hasanuddin dengan judul tesis Karikatur Politik dalam Media Cetak Harian Rakyat Sulsel: Kajian Semiotik dan berhasil lulus pada tahun 2019. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan program doktoral di tahun 2021 dengan Program Studi Linguistik di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Sumber biaya pendidikan sponsor Kemendikbud Ristek-Puslapdik dengan penamaan Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) bekerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) BPI Puslapdik-LPDP.

Untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti di bidang kebahasaan (linguistik). Beberapa penelitian yang telah dilakukan dan didanai oleh kemendikbud ristek dengan skema penelitian PDP dengan judul Khazanah Leksikon Kepadian pada Masyarakat Bugis: Kajian Ekolinguistik. Selain peneliti, penulis juga memulai aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.
Abwabul Jinan - Lahir di Saribulan Kecamatan Air Dikit, Kabupaten Mukomuko Bengkulu. Penulis baru saja menyelesaikan pendidikan tingkat tingkat sarjana di Universitas Potensi Utama program studi Informatika. Setelah menyelesaikan pendidikan tingkat strata satu penulis melanjutkan pendidikan ke jenjang strata dua program studi Ilmu Komputer Pascasarjana Universitas Potensi Utama. Saat sekarang ini penulis menjadi guru tetap sebuah sekolah swasta di Kota Medan yaitu SMK Yapim Marelan. Ditengah kesibukan mengajar dan kuliah penulis juga mengelola sebuah channel youtube pribadi dengan nama Tutorial Jinan.

Walaupun bergerak dan berlatar pendidikan Ilmu Komputer, penulis juga membuka diri terhadap ilmu lainnya agar dapat menambah wawasan keilmuan di tengah perkembangan teknologi informasi saat sekarang ini. Awal ketertarikan penulis untuk menulis buku di luar keilmuan diawali kesukaan penulis menonton film dan membaca beberapa buku, jurnal yang berkaitan dengan film, begitu juga artikel-artikel yang berkaitan dengan film secara online.
Muhammad Hasyim - Penulis adalah guru besar bidang Ilmu Linguistik, kajian Semiotika pada Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar. Penulis adalah dosen yang ditugaskan pada program studi Sastra Prancis (S1), Program Magister Ilmu Linguistik, Progam Magister Bahasa Indonesia dan Program Doktor Ilmu Linguistik di FIB Unhas. Penulis adalah dosen pengampu mata kuliah Semiotika pada program sarjana, magister dan doktor. Tulisan-tulisan banyak mengangkat kajian bahasa, budaya dan media dengan pendekatan semiotika. Selain dosen semiotika, penulis mengajar bidang kebahasaan: bahasa Prancis dan terjemahan. Untuk meningkatlan SDM sebagai pengajar bahasa Prancis, penulis telah mengikuti pelatihan di Prancis tahun 2014 dan 2018 atas undangan Pemerintah Prancis. Penelitian disertasi dilakukan di Toronto University, Canada, yang dibimbing langsung oleh ahli semiotika, Prof Marcel Danesi. Penelitian penulis berfokus pada kajian bahasa, budaya dan media yang mendapatkan pembiayaan dari Unhas dan Kemendikbud. Tulisan-tulisan dengan topik bahasa, budaya dan media telah dimuat di jurnal nasional dan internasional (terindeks Scopus dan Web of Sceince). Selain sebagai pengajar, penulis aktif sebagai reviewer pada jurnal internasional terindeks Scopus: Heliyon (Q1), Tourism Management (Q1), Semiotica (Q2), International Journal of Learning, Teaching and Educational Research (Q4).

Editor

Muhammad Ali Mursid Alfathoni - Ketertarikan Editor terhadap ilmu film dan televisi dimulai pada tahun 2016 silam. Waktu itu, editor mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi starata dua (S2) prodi Penciptaan dan Pengkajian Seni dengan minat kajian film dan televisi di Institut Seni Indonesia Padangpanjang dan lulus pada tahun 2018. Setelah lulus, editor menjadi dosen tetap prodi Televisi dan Film Universitas Potensi Utama dan mengampu matakuliah yang berkaitan dengan produksi film dan program televisi.

Fokus penelitian editor dibidang penciptaan dan kajian film maupun program televisi. Untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai secara mandiri, internal perguruan tinggi, dan Kemenristek DIKTI yang salah satu luarannya menjadi buku ajar yang berjudul Pengantar Teori Film.

Selain peneliti, Editor juga aktif ikut menulis agar dapat menebarkan dan memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang tercinta ini. Beberapa tulisan editor sudah diterbitkan baik dalam kumpulan antologi seperti cerpen, kata-kata bijak, kisah inspiratif, dan buku referensi. Editor juga mengelola blog pribadi dengan alamat: www.muhammadalimursidalfathoni.my.id, channel youtube: Muhammad ali mursid alfathoni, dan akun instagram: mhd.ali8mursid.

Daftar Isi

Sampul
Kata pengantar
Daftar isi
1. Pengantar dan konsep semiotika
     Manusia Memahami Makna
     Teori Semiotik
     Ilmu Tanda
     Bahasa Sebagai Tanda yang Bermakna
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
2. Sejarah dan perkembangan semiotika
     Historiografi Semiotik
     Sejarah Semiotik
     Perkembangan Semiotika Dari Masa Ke Masa
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
3. Batas wilayah semiotika
     Pendahuluan
     Kerangka teori
     Batasan Semiotika
     Penutup
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
4. Tokoh dan model semiotika
     Pendahuluan
     Pembahasan
     Tokoh Semiotika
     Model Semiotika
     Implementasi Model Semiotika
     Simpulan
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
5. Simbol, kata-kata, dan makna
     Pengertian Simbol
     Memahami Kata
     Teori–Teori Makna
     Penutup
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
6. Konsep ideologi dan mitologi
     Pendahuluan
     Pengertian Ideologi
     Pendekatan Ideologi
     Pengertian Mitologi
     Mitos dan Ideologi dalam Semiotika
     Budaya Media atau Budaya Massa
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
7. Budaya, manusia, dan bahasa
     Pendahuluan
     Pengantar Budaya dan Semiotika
     Manusia dan Bahasa dalam Konteks Semiotika
     Penutup
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
8. Semiotika komunikasi
     Pendahuluan
     Definisi Komunikasi
     Semiotika dan Tanda (Sign) Dalam Komunikasi
     Sifat Tanda (Sign)
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
9. Semiotika sastra
     Pendahuluan
     Kerangka Teori
     Pembacaan Heuristik dan Hermeneutik
     Matriks, Model dan Varian-Varian
     Hipogram: Hubungan Intertekstual
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
10. Semiotika dalam riset visual
     Pendahuluan
     Semiotika
     Karikatur
     Kode Verbal dan Kode Visual
     Ikonik Tanpa Kode
     Simpulan
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
11. Film dan semiotika
     Pendahuluan
     Pengantar Semiotika Film
     Unsur Pembentuk Film
     Teori Semiotika Film Christian Metz
     Penutup
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
12. Periklanan, gaya hidup dan belanja online masyarakat cyber pada era
     Pengantar
     Periklanan
     Semiotika
     Budaya Konsumsi
     Periklanan, Gaya Hidup dan Belanja Online
     Tokopedia
     Bukalapak
     Penutup
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis