Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Sistem Pendukung Keputusan

1 Pembaca
Rp 100.000 35%
Rp 65.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 195.000 13%
Rp 56.333 /orang
Rp 169.000

5 Pembaca
Rp 325.000 20%
Rp 52.000 /orang
Rp 260.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Sistematika buku sistem pendukung keputusan dalam Berbagai Aspek Kehidupan Masyarakat ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 14 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Sistem Pendukung Keputusan dan Intelijen Bisnis, Sistem pengambilan keputusan, model dan dukungan, Konsep, metodologi dan teknologi sistem pendukung keputusan : gambaran umum, Pemodelan dan analisis, Analitical Hierrachy Proces, Pengambilan keputusan berbasis indeks kinerja, Grup Decission Support, Metode Weighted Product, Metode Simple Additive Weighting, Metode Profile Matching, Metode Fuzzy SAW, Pengembangan sistem pendukung keputusan, Kolaborasi sistem pendukung keputusan dengan sistem informasi lain dan Metode Fuzzy Tahani (Mamdani Sugeno).

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Asmawati S, S.Kom., M.Pd / Nazaruddin Ahmad, M.T. / Rika Ismayanti, S.Kom., M.Kom. / Welda, S.KOM., M.T.I / Dr. Ir. Muhammad Ramdhan Olii, S.T., M.Eng., IPM. / Nurfaizah, S.Kom., M.Kom. / Rifaldo Pido, S.T.,M.T. / Andi Yulia Muniar, S.Si., M.T / Nur Syamsiyah / Fahrullah, S.Kom., S.I.Pust., M.Kom. / Herianto / Yahya / Aditya Wardhana / Abdul Azis, M.Kom
Editor: Dudih Gustian, ST. M.Kom

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233623148
Terbit: Januari 2022 , 232 Halaman










Ikhtisar

Sistematika buku sistem pendukung keputusan dalam Berbagai Aspek Kehidupan Masyarakat ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 14 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Sistem Pendukung Keputusan dan Intelijen Bisnis, Sistem pengambilan keputusan, model dan dukungan, Konsep, metodologi dan teknologi sistem pendukung keputusan : gambaran umum, Pemodelan dan analisis, Analitical Hierrachy Proces, Pengambilan keputusan berbasis indeks kinerja, Grup Decission Support, Metode Weighted Product, Metode Simple Additive Weighting, Metode Profile Matching, Metode Fuzzy SAW, Pengembangan sistem pendukung keputusan, Kolaborasi sistem pendukung keputusan dengan sistem informasi lain dan Metode Fuzzy Tahani (Mamdani Sugeno).

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya sehingga buku kolaborasi dalam bentuk book chapter sistem pendukung keputusan dapat dipublikasikan dan dapat sampai di hadapan pembaca. Book cahpter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Sistem pendukung keputusan. Sistematika buku sistem pendukung keputusan dalam Berbagai Aspek Kehidupan Masyarakat ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 14 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Sistem Pendukung Keputusan dan Intelijen Bisnis, Sistem pengambilan keputusan, model dan dukungan, Konsep, metodologi dan teknologi sistem pendukung keputusan : gambaran umum, Pemodelan dan analisis, Analitical Hierrachy Proces, Pengambilan keputusan berbasis indeks kinerja, Grup Decission Support, Metode Weighted Product, Metode Simple Additive Weighting, Metode Profile Matching, Metode Fuzzy SAW, Pengembangan sistem pendukung keputusan, Kolaborasi sistem pendukung keputusan dengan sistem informasi lain dan Metode Fuzzy Tahani (Mamdani Sugeno). Kami menyadari bahwa tulisan ini jauh dari kesempurnaan dan masih terdapat banyak kekurangan, sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Yang Kuasa. Oleh sebab itu, kami tentu menerima masukan dan saran dari pembaca demi penyempurnaan lebih lanjut.

Akhirnya kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah mendukung dalam proses penyusunan dan penerbitan buku ini, secara khusus kepada Penerbit Media Sains Indonesia sebagai inisiator book chapter ini. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Penulis

Asmawati S, S.Kom., M.Pd - Penulis mulai berkecimpung dan mengenal ilmu komputer dimulai pada tahun 2002 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk melanjutkan Pendidikan pada jenjang Diplama 1 dengan memilih Jurusan Manajemen Informatika dan lulus pada tahun 2003 di AMIK Rezky Makassar. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi dan berhasil menyelesaikan studi S1 di prodi Sistem Informasi pada tahun 2012. Tiga tahun kemudian, penulis menyelesaikan studi S2 di prodi PENDIDIKAN TEKNOLOGI KEJURUAN PROGRAM PASCA SARJANA UNM MAKASSAR dan selesai tahun 2017.

Penulis memiliki kepakaran dibidang Web Development dan Data Science. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh Kemenristek DIKTI. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.
Nazaruddin Ahmad, M.T. - Penulis berasal dari kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, lahir di Banda Aceh 5 Juni 1982, merupakan anak keempat dari lima bersaudara dari pasangan Drs. H. Ahmad Habib Lubis dan Hj. Rostina. Saat ini penulis bekerja sebagai dosen tetap pada Prodi Teknologi Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam negeri Ar-Raniry Banda Aceh sejak tahun 2014. Penulis menyelesaikan pendidikan Strata Satu (S1) Teknik Informatika di Universitas Jabal Ghafur Sigli – Aceh Tahun 2008, kemudian melanjutkan pendidikan Strata Dua (S2) di Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) pada program studi magister Teknik Informatika dan mendapatkan gelar Magister Teknik pada tahun 2013. Penulis saat ini mengajar mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi, Basis Data, Manajemen Proyek Teknologi Informasi dan Jaringan Syaraf Tiruan. Penulis aktif dalam menulis berbentuk Bookchapter yang berkolaborasi dengan dosen-dosen dari seluruh Indonesia dengan harapan dapat memberikan kontribusi untuk pengembangan ilmu dalam bidang Informatika. Penulis juga terlibat dalam pengembangan jurnal program studi teknologi informasi yaitu JINTECH: Journal of Information Technology.
Rika Ismayanti, S.Kom., M.Kom. - Penulis lahir pada tanggal 17 Mei 1994 di Purwajaya, salah satu Desa di Kutai Kartanegara. Penulis mendapatkan gelar Sarjana Komputer (S.Kom) pada tahun 2015 di Universitas Mulawarman Program Studi Teknik Informatika. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan pascasarjana di Yogyakarta tepatnya di Universitas Islam Indonesia Program Studi Informatika Fakultas Teknologi Industri dan berhasil memperoleh gelar Magister Komputer (M.Kom) pada tahun 2020. Saat ini, penulis berdomisili di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Penulis sampai sekarang masih aktif mengajar di PSDKU Universitas Mulia Samarinda Program Studi S1 Sistem Informasi. Mata Kuliah yang penulis ampu adalah Dasar Pemrograman, Perangkat Lunak Aplikasi, Konsep Sistem Informasi dan Manajemen Proyek Sistem Informasi. Penulis memiliki keahlian dibidang Sistem Pendukung Keputuan dan Sistem Pakar. Oleh karena itu penulis sangat antusias dalam penyusunan buku Sistem Pendukung Keputusan ini dan berharap buku ini dapat menjadi referensi bagi mahasiswa yang ingin belajar atau memahami tentang Sistem Pendukung Keputusan.
Welda, S.KOM., M.T.I - Penulis mulai menekuni ilmu komputer sejak menempuh Pendidikan ilmu komputer dengan jurusan Komputerisasi Akuntansi pada tahun 2000 di Universitas Bina Nusantara. Berhasil menyelesaikan Pendidikan Perguruan Tinggi pada tahun 2004, penulis kemudian mulai mewujudkan profesi sebagai dosen di kota Palembang sejak tahun 2006. Menyelesaikan studi S2 kemudian di tahun 2011 dengan program studi Magister Teknologi Informasi pada program Pascasarjana Universitas Indonesia. Dan hingga saat ini, penulis mengabdikan diri sebagai dosen di kota Denpasar, Bali.

Penulis memiliki kepakaran dibidang Sistem Informasi dan analisis sistem. Untuk menunjang profesinya sebagai dosen, penulis aktif sebagai peneliti dibidang-bidang yang berhubungan dengan kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Selain meneliti, penulis juga menulis buku dengan harapan dapat menuangkan pemikiran dan ilmu yang dimiliki, sehingga dapat memberikan dan menambah sumber ilmu dalam bentuk buku yang dapat dimanfaatkan oleh generasi penerus bangsa.
Dr. Ir. Muhammad Ramdhan Olii, S.T., M.Eng., IPM. - Lahir di Ujung Pandang, 24 Mei 1987. Pendidikan dasar, SMP dan SMA diselesaikan di kota kelahirannya Makassar. Penulis melanjutkan pendidikan S-1 di Jurusan Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia Makassar pada tahun 2005, dan memperoleh gelar Sarjana Teknik (ST) pada tahun 2009. Beliau melanjutkan S-2 (M.Eng.) Pengelolaan Sumber Daya Air (MPSA) di Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan UGM tahun 2011-2013, dan langsung melanjutkan studi S3 (Dr) pada universitas yang sama pada tahun 2013-2018 menggunakan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPPDN) Kemenristek-Dikti Republik Indonesia, Gelar Profesi Insinyur (Ir) diperoleh dari Universitas Tadulako. Penulis merupakan Dosen ASN LLDIKTI XVI Wilayah GoSulutTeng yang dipekerjakan di Universitas Gorontalo sejak tahun 2015 sampai sekarang. Kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi penulis terutama berkaitan erat dengan bidang rakayasa hidrologi, pengembangan sumber daya air, erosi dan konservasi lahan, dan mitigasi bencana. Kegiatan lain yang sering dilakukan secara rutin adalah berpartisipasi sebagai presenter dalam seminar skala nasional dan internasional dan menjadi tenaga ahli Kementerian/Dinas PUPR, Kepolisian Provinsi Gorontalo, Kejaksaan Tinggi Provinsi Gorontalo, dan BPDAS Bone Bolango.
Nurfaizah, S.Kom., M.Kom. - Lahir di Pemalang, 25 Februari 1988. Lulus S1 Sistem Informasi tahun 2011 kemudian melanjutkan jenjang S2 Magister Teknik Informatika di Universitas Amikom Yogyakarta lulus pada tahun 2014 dan menjadi Dosen pada Program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Amikom Purwokerto. Mata kuliah yang diampu diantaranya Sistem Manajemen Basis Data, Pemrograman Berorientasi Objek, Enterprise Resource Management, Data Mining dan Data Warehouse dan Temu Balik Informasi. Ketertarikan riset pada Data Science, SPK dan Rekayasa Perangkat Lunak.

Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemendikbudristek. Selain aktif melakukan penelitian, penulis juga aktif menulis buku. Kolaborasi buku pertama terbit tahun 2020 dengan judul Pemrograman Logik & Semantic dengan Bahasa Java.
Rifaldo Pido, S.T.,M.T. - Dilahirkan Pada Tanggal 05 Mei 1994 Lulus S1 di Program Studi Teknik Mesin Universitas Gorontalo (FT-UG) tahun 2016, lulus S2 di Program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia, Makassar (UMI) tahun 2019. Saat ini adalah dosen tetap di Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Gorontalo, sekarang menjabat sebagai kepala pusat studi kajian material dan energi terbarukan (PUSKAMET) dan Sebagai direktur perusahaan CV. Coordinat Cartesian Consultant (CCC). Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI.
Andi Yulia Muniar, S.Si., M.T - Lahir di Rappang, Sidrap tanggal 20 Juli 1987. Telah menyelesaikan studi S1 di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Hasanuddin pada tahun 2008. Setelah itu penulis kemudian melanjutkan studi S2 di Teknik Informatika Universitas Hasanuddin dan lulus pada tahun 2011. Saat ini sedang melanjutkan pendidikan S3 Teknik Informatika Universitas Hasanuddin. Sejak tahun 2011 sampai saat ini aktif mengajar di STMIK AKBA Makassar. Salah satu mata kuliah yang diajarkan adalah Sistem Pendukung Keputusan.

Hidup dalam era perkembangan teknologi dan informasi yang berkembang sangat pesat, dengan bekal keilmuan penulis sebagai dosen, penulis bisa menuangkan ide-ide dan pemecahan masalah yang ada saat ini dalam bentuk karya ilmiah. Karya ilmiah yang penulis hasilkan terkait sistem pendukung keputusan memiliki Nilai inovatif berupa produk (model) atau salah satu sistem informasi berbasis komputer yang dihasilkan membantu manusia dalam mengambil sebuah keputusan yang baik dan tepat. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi STMIK AKBA dan juga mendapat hibah penelitian Kemenristek DIKTI. Pada tahun 2017 penulis mengikuti Seminar Hasil Program Peningkatan Kapasitas Riset (penelitian dosen pemula) yang diselenggarakan oleh RISTEKDIKTI dan terpilih sebagai Penyaji Terbaik.
Nur Syamsiyah - Ketertarikan penulis terhadap ilmu komputer dimulai pada tahun 1993 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke Sekolah Tinggi Manahemen dan Informatika Gunadarma, yang sekarang berganti menjadi Universitas Gunadarma, dengan memilih Jurusan Teknik Informatika Strata satu dan berhasil lulus pada tahun 1997. Dua tahun kemudian penulis pernah mengenyam pendidkan Strata dua di Universitas Gunadarma jurusan Sistem Informasi Bisnis. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister, dan berhasil menyelesaikan studinya pada tahun 2011 di Magister Teknologi Informasi Universitas Indonesia.

Penulis memiliki kepakaran dibidang Rekayasa Perangkat Lunak dan Pengembangan SIstem Informasi. Penulis berkaris sebagai dosen sejak tahun 1999 di berbagai perguruan tinggi ilmu computer, dan menjadi Dosen Tetap di Universitas Darma Persada sejak 2003 sampai dengan sekarang. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.
Fahrullah, S.Kom., S.I.Pust., M.Kom. - Merupakan lulusan S1 Sistem Informasi STMIK Sentra Pendidikan Bisnis dan S2 Magister Teknik Informatika Universitas Amikom Yogyakarta. Saat ini sebagai staf pengajar di program studi S1 Sistem Informasi (Kampus Kota Samarinda) Universitas Mulia. Penulis pernah bekerja sebagai staf bagian akademik, pustakawan, IT dan Promosi di Akademi Keperawatan Yarsi Samarinda (2001-2020).

Penulis mengampu mata kuliah pengujian dan implementasi sistem, sistem pendukung keputusan, algoritma dan pemrograman serta jaringan computer. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.
Herianto - Mulai mengajar sejak tahun 1999. Pendidikan master (S2) ditempuh di Universitas Gadjah Mada (UGM) bidang Sistem Komputer dan Informatika -Teknik Elektro. Mata Kuliah yang pernah diampu : Perancangan Basis Data, Jaringan Komputer, Data warehouse dan Data Mining, Artificial Intelligence, Pemrograman Internet dan sejumlah mata kuliah dasar Teknologi Informasi.

Secara Khusus penulis memiliki ketertarikan di bidang Artificial Inteligence dan Data Science. Untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, keahlian penulis di bidang data science telah dinyatakan Kompeten melalui Sertikasi BNSP pada tahun 2021. Penulis juga aktif sebagai peneliti di bidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI.
Yahya - Ketertarikan penulis terhadap ilmu komputer dimulai pada tahun 1997 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke Universitas Gunadarma dengan memilih Jurusan Teknik Informatika Strata satu dan berhasil lulus pada tahun 2001. Setelah lulus, penulis mengembangkan ilmu yang didapat ke dunia pekerjaan dibidang professional dan pendidikan. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister, di tahun 2016 dan berhasil menyelesaikan studinya pada tahun 2018 di Magister Teknologi Ilmu Komputer Universitas Budi Luhur. Penulis memiliki ketertarikan dibidang pengembangan aplikasi, web dan database. Penulis memulai berkarir sebagai dosen mulai tahun 2018 dan menjadi Dosen Tetap di Universitas Darma Persada mulai September 2019 sampai dengan sekarang. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai pekerja professional dibidang ketertatikannya tersebut. Selain itu, penulis juga ikut aktif bergabung dalam pengabdian masyarakat dibidang pendampingan UMKM dan juga ikut bergabung menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.
Aditya Wardhana - Penulis merupakan dosen tetap Universitas Telkom. Penulis menyelesaikan studi Sarjana Ekonomi (SE) di Universitas Padjadjaran pada tahun 1997 sebagai wisudawan terbaik. Kemudian, menyelesaikan studi Magister Sains (MSi) di Universitas Padjadjaran tahun 2003 dan Magister Manajemen (MM) di Universitas Pasundan tahun 2012 sebagai wisudawan terbaik. Saat ini penulis sedang melanjutkan studi Doktor Ilmu Manajemen di prodi Manajemen Universitas Pasundan. Penulis memiliki kepakaran di bidang manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, dan manajemen strategik. Penulis memiliki pengalaman praktisi di Citibank dan di PT Perusahaan Gas Negara Tbk dan meraih predikat the best employee serta sebagai konsultan di beberapa BUMN seperti Surveyor Indonesia, Badan Klasifikasi Kapal Indonesia, Pertamina, BNI 46, PTPN VIII, Biofarma, Kementerian Koordinator Perekonomian RI dan Kementerian Perhubungan. Penulis juga aktif melakukan berbagai penelitian terindeks Scopus dan Sinta dan telah menulis lebih dari 250 buku dalam bidang bisnis. Penulis mendapatkan penghargaan sebagai dosen dengan kinerja penelitian terbaik tahun 2022 dari LLDIKTI Wilayah 4 Jawa Barat dan memiliki Sertifikasi Penulis Buku Non-Fiksi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) RI.
Abdul Azis, M.Kom - adalah Orang Suku Jawa, Lahir di Brebes, 20 Mei 1990. Memulai karir didunia pendidikan dari tahun 2012 sebagai Dosen Luar Biasa di Universitas muhamamdiyah Purwokerto, Bina sarana Informatika Purwokerto, Politeknik Pratama Purwokerto, Amik Veteran Purwokerto, STMIK Amikom Purwokerto, dan sambil melanjutkan studi pasca sarjana di Universitas Islam Indonesia dari tahun 2012-2015. Memulai karir di STMIK Amikom Purwokerto pada tahun 2017, sebagai Dosen di Prodi Sistem Informasi. Bidang keilmuan yang Ia Pelajari adalah RDMBS (Relation Database Management System), .Net (bahasa C#), .Net (bahasa ASP.Net) dan Mobile Aplication, Fuzzy, IoT, Sistem Penunjang Keputusan dan Data Mining. Ia pernah memulai membuat program aplikasi semenjak masih Kuliah Sarjana pada tahun 2009-2010 di Kalimantan Tengah, kuala Kapuas, dan Jayapura, Kabupaten Keerom, membuat sistem BPPT (badan Pelayanan Perijinan Terpadu).

Editor

Dudih Gustian, ST. M.Kom - Dudih Gustian lahir di Sukabumi, Jawa Barat, 05 Agustus 1980. Setelah menamatkan Pendidikan menengah di Sukabumi, diterima di Institut Pertanian Bogor pada tahun 2002 pada program studi Diploma 3 Teknik Instrumentasi dan Kontrol. Mulai tahun 2006 menjadi pengajar di beberapa sekolah menengah atas dan kejuruan di Kota Sukabumi sampai saat ini.

Meniti karir sebagai Guru dibeberapa sekolah baik negeri maupun swasta di kota Sukabumi. Selain itu juga menjadi Dosen di beberapa perguruan tinggi di Sukabumi dalam kurun waktu 2010 – 2016. Tahun 2005 melanjutkan studi Sarjana di Univeristas Muhammadiyah Sukabumi pada program Studi Teknik Informatika. Pendidikan Akta 4 mengajar di Universitas Djuanda Bogor pada tahun 2010. Magister Ilmu Komputer STMIK Nusa Mandiri pada tahun 2010.

Menjadi anggota Aptikom Jabar pada tahun 2016 sampai saat ini, aktif sebagai pengasuh Data Mining grup disalah satu jejaring sosial. Menjadi Kepala Program Studi Sistem Informasi Universitas Nusa Putra Sukabumi pada tahun 2016 - 2020 dan saat ini menjadi Divisi Penelitian dan Publikasi LPPM di Universitas yang sama.

Bidang kajian yang diminati ialah kajian Data Mining, Kecerdasan Buatan, Statistik, Riset Operasi. Selain aktif sebagai penulis dan Dosen, juga aktif sebagai peneliti khususnya dalam bidang Data Mining sampai saat ini. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. ..

Daftar Isi

Cover Depan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1. Sistem Pendukung Keputusan dan Intelijen Bisnis
     Sistem Pendukung Keputusan
     Kategori Aplikasi SPK
     Perkembangan SPK
     Intelijen Bisnis
     Arsitektur Sistem Intelijen Bisnis
     Analisis Intelijen Bisnis
     Aplikasi Intelijen Bisnis Komersial
Bab 2. Sistem Pengambilan Keputusan, Model dan Dukungan
     Sistem Pendukung Keputusan
     Model
     Dukungan Sistem Pendukung Keputusan
Bab 3. Konsep, Metodologi, dan Teknologi Sistem Pendukung Keputusan: Gambaran Umum
     Konfigurasi Sistem Pendukung Keputusan
     Deskripsi Sistem Pendukung Keputusan
     Karakteristik dan Kemampuan Sistem Pendukung Keputusan
     Komponen Sistem Pendukung Keputusan
     Subsistem Manajemen Data
     Subsistem Manajemen Model
     Subsistem Antarmuka Pengguna
     Subsistem Manajemen Berbasis Pengetahuan
     Pengguna
     Perangkat Keras Sistem Pendukung Keputusan
     Klasifikasi Sistem Pendukung Keputusan
Bab 4. Pemodelan dan Analisis
     Model
     Pentingnya Penggunaan Model
     Pemodelan
     Klasifikasi Model
     Masalah dalam Pemodelan
     Pemodelan pada Sistem Pendukung Keputusan
Bab 5. Analytical Hierarchy Process (AHP)
     Umum
     Pengembangan Model AHP
     Matriks Perbandingan Berpasangan dan Vektor Prioritas
     Rasio konsistensi (Consistency Ratio)
Bab 6. Pengambilan Keputusan Berdasarkan Indeks Kinerja
     Metode Perbandingan Eksponensial (MPE)
     Contoh Kasus Menggunakan Metode MPE
     Composit Performance Index (CPI)
     Contoh Kasus Menggunakan Metode CPI
Bab 7. Group Decision Support
     Pengertian
     Jenis-Jenis Pengaturan Sistem Pendukung Keputusan Kelompok
     Komponen Sistem Pendukung Keputusan Kelompok
     Pengambilan Keputusan Dalam Grup
     Tingkatan Teknologi Sistem Pendukung Keputusan (SPK)
     Kelebihan Sistem Pendukung Keputusan Kelompok
     Kelemahan Sistem Pendukung Keputusan Kelompok
     Contoh Perusahaan yang Menggunakan Sistem Pendukung Keputusan Kelompok
     Kesimpulan
Bab 8. Metode Weighted Product (WP)
     Definisi Weighted Product (WP)
     Langkah-Langkah Metode Weighted Product (WP)
     Permodelan Metode Weighted Product (WP)
     Contoh Kasus Metode Weighted Product (WP)
     Kelebihan Metode Weighted Product (WP)
     Kekurangan Metode Weighted Product (WP)
     Kesimpulan
Bab 9. Metode Simple Additive Weighting (SAW)
     Teknik Pengambilan Keputusan
     Klasifikasi Pengambilan Keputusan
     Multi Criteria Decision Making (MCDM)
     Multiple Objective Decision Making (MODM)
     Multiple Attribute Decision Making (MADM)
     Konsep Dasar Multiple Attribute Decision Making (MADM)
     Metode-Metode Penyelesaian Masalah MADM
     Simple Additive Weighting Method (SAW)
     Konsep Dasar Metode Simple Additive Weighting Method (SAW)
     Langkah-Langkah Metode Simple Additive Weighting Method (SAW)
     Studi Kasus
     Kelebihan dan Kekurangan Metode Simple Additive Weighting Method (SAW)
Bab 10. Metode Profile Matching
     Pendahuluan
     Kelebihan
     Kekurangan
     Metode
     Contoh Kasus
     Kesimpulan
Bab 11. Metode Fuzzy SAW (FSAW)
     Fuzzy Multi Criteria Decision Making (FMCDM)
     Review Prinsip Dasar MCDM dan Kelemahannya
     Fuzzy, Logika Fuzzy dan Sistem Fuzzy
     Representasi Masalah Pada FMCDM
     FSAW (Fuzzy Simple Additive Weight)
     Contoh Kasus dan Perhitungan FSAW
Bab 12. Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan
     Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System=DSS) dan Tujuannya
     Sejarah dan Jenis DSS
     Pentingnya Metodologi dalam Pengembangan Sistem
     Pengembangan Sistem dengan SDLC
     Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan (DSS)
     Pendekatan Prototyping Evolusioner
     Pengembangan DSS Berbasis Tim
     Pengembangan DSS berbasis Pengguna
Bab 13. Kolaborasi Sistem Pendukung Keputusan Dengan Sistem Informasi Lain
     Sistem Informasi Perusahaan
     Pengertian Sistem Informasi Pendukung Keputusan (DSS)
     Pentingnya Sistem Informasi Pendukung Keputusan (DSS)
     Keunggulan dan Kelemahan Sistem Informasi Pendukung Keputusan (DSS)
     Pengukuran Efektivitas Sistem Informasi Pendukung Keputusan (DSS)
     Kolaborasi Sistem Informasi Pendukung Keputusan (DSS) dengan Sistem Informasi Lainnya
Bab 14. Fuzzy Tahani
     Fuzzy
     Fuzzy Database
     Fuzzy Model Tahani
     Fuzzyfikasi
     Fuzzy Query
     Operator Dasar Zadeh Untuk Operasi
     Contoh Kasus Fuzzy Tahani
Cover Belakang