Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Manajemen SDM dalam Era Society 5.0

1 Pembaca
Rp 92.000 29%
Rp 65.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 195.000 13%
Rp 56.333 /orang
Rp 169.000

5 Pembaca
Rp 325.000 20%
Rp 52.000 /orang
Rp 260.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi

Perpustakaan digital
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. Perpustakaan

Kehadiran Buku Manajemen SDM dalam Era Society 5.0 ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi. Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam duabelas bab yang memuat tentang Globalisasi dan Dampak Perubahan, Pelatihan dan Pengembangan SDM, Tantangan Strategis dan Isu Penting Manajemen SDM, Konsep Manajemen SDM, Lingkungan dan Strategi Manajemen SDM, Sistem dan Proses Perencanaan SDM, Pengembangan SDM, Kesejahteraan SDM, Kepemimpinan dan Komunikasi, Peran Serikat Pekerja dalam Penyelesaian Perselisihan Pemutusan Hubungan Kerja, Kompetensi Profesional SDM, dan bab terakhir yaitu Sistem Informasi SDM.

Ikhtisar Lengkap   

Penulis: Novalien Carolina Lewaherilla / Indarta Priyana / Hani Gita Ayuningtias / Asti Putri Kartiwi / Acai Sudirman / Rendy Sueztra Canaldhy / Fetty Poerwita Sary / Hikmat Zakky Almubaroq / Siti Waliah / Dwi Oktisari / Yuliana / Mochamad Vrans Romi
Editor: Harini Fajar Ningrum

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233628020
Terbit: November 2022 , 208 Halaman

BUKU SERUPA













Ikhtisar

Kehadiran Buku Manajemen SDM dalam Era Society 5.0 ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi. Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam duabelas bab yang memuat tentang Globalisasi dan Dampak Perubahan, Pelatihan dan Pengembangan SDM, Tantangan Strategis dan Isu Penting Manajemen SDM, Konsep Manajemen SDM, Lingkungan dan Strategi Manajemen SDM, Sistem dan Proses Perencanaan SDM, Pengembangan SDM, Kesejahteraan SDM, Kepemimpinan dan Komunikasi, Peran Serikat Pekerja dalam Penyelesaian Perselisihan Pemutusan Hubungan Kerja, Kompetensi Profesional SDM, dan bab terakhir yaitu Sistem Informasi SDM.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji syukur kehadirat Tuhan YME, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga buku ini selesai disusun dan berhasil diterbitkan. Kehadiran Buku Manajemen SDM dalam Era Society 5.0 ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi. Walaupun masih jauh dari kesempurnaan, tetapi kami mengharapkan buku ini dapat menjadi referensi atau bahan bacaan dalam menambah khasanah keilmuan khususnya mengenai Manajemen SDM dalam Era Society 5.0.

Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam duabelas bab yang memuat tentang Globalisasi dan Dampak Perubahan, Pelatihan dan Pengembangan SDM, Tantangan Strategis dan Isu Penting Manajemen SDM, Konsep Manajemen SDM, Lingkungan dan Strategi Manajemen SDM, Sistem dan Proses Perencanaan SDM, Pengembangan SDM, Kesejahteraan SDM, Kepemimpinan dan Komunikasi, Peran Serikat Pekerja dalam Penyelesaian Perselisihan Pemutusan Hubungan Kerja, Kompetensi Profesional SDM, dan bab terakhir yaitu Sistem Informasi SDM.

Ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh pihak yang telah memberikan kontribusi dalam seluruh rangkaian penyusunan sampai penerbitan buku ini. Secara khusus, terima kasih kepada Media Sains Indonesia sebagai inisiator buku kolaborasi ini. Buku ini tentunya masih banyak kekurangan dan keterbatasan, saran dari pembaca sekalian sangat berarti demi perbaikan karya selanjutnya. Akhir kata, semoga buku ini bermanfaat bagi para pembaca.

Penulis

Novalien Carolina Lewaherilla - Penulis menyelesaikan Sarjananya di Fakultas Ekonomi Universitas Pattimura. Melanjutkan Studi Program Magister di Universitas Brawijaya, dan menyelesaikan Program Doktoralnya pada tahun 2018. Penulis juga memiliki Sertifikasi khusus di bidang Manajemen Sumber daya Manusia yakni Certified Profesional Human Capital Management (CPHCM). Penulis yang berdarah Ambon ini ini adalah dosen tetap pada Fakultas Ekonomi Universitas Pattimura Ambon, sejak tahun 1999. Bidang keilmuwannya yakni Manajemen, khusus Manajemen Sumber Daya Manusia.Selain Manajemen Sumber Daya Manusia, penulis juga terlibat dalam mata kuliah dan kajian-kajian Kewirausahaan, Pengelolaan Bisnis dan Metodologi Penelitian Bisnis. Beberapa buku kolaborasi yang telah dihasilkan penulis antara lain: Manajemen Bisnis Kontemporer: Prinsip dasar dan Aplikasi, PengantarBisinis: Pemasaran, Pembiayaan dan Operasi, Knowledge Management, Manajemen Konflik, Manajemen Strategik dan MSDM: Kunci Keberhasilan Organisasi
Indarta Priyana - Penulis merupakan Dosen Program Studi Manajemen dengan konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia - Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia (UNIBI) di Bandung; menyelesaikan studi S1 Teknik Perminyakan di Univeritas Pembangunan Nasional Yogyakarta, dan S2 Magister Manajemen Universitas Pasundan Bandung.Penulis pernah bekerja dalam organisasi bisnis selama 2 tahun dan selebihnya hampir selama 20 tahun berkecimpung dalam organisasi non-bisnis, dengan berbagai pengalaman kepemimpinan, pengelolaan SDM, Keuangan, dan Administrasi, hingga akhirnya bekerja secara penuh sebagai Dosen.Pada saat ini sebagai Dosen Manajemen di UNIBI, mengampu beberapa mata kuliah antara lain: Manajemen SDM, Perilaku Organisasi, Manajemen Stratejik, dan Character Building.
Hani Gita Ayuningtias - Hani Gita Ayuningtias, S. Psi., MM merupakan dosen Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom University. Penulis merupakan lulusan dari Program Studi S1 Psikologi Universitas Kristen Marantha dengan fokus perminatan Psikologi Industri dan Organisasi. Penulis melanjutkan studi S2 pada program Magister Manajemen di Universitas Padjadjaran dengan konsentrasi keahlian Manajemen Sumber Daya Manusia. Penulis berkarir sebagai dosen sejak tahun 2014 di Telkom University dan tergabung dalam kelompok keahlian Human Capital and Talent Management. Penulis secara aktif melakukan penelitian bidang SDM dan telah menghasilkan publikasikan pada jurnal nasional dan internasional terakreditasi. Penulis aktif sebagai konsultan bidang sumber daya manusia dan juga mengikuti berbagai program dari DIKTI. Penulis juga berperan menjadi koordinator mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia dan Perilaku Organisasi. Selain itu penulis juga aktif menulis buku yang berkaitan dengan topik Psikologi Industri dan Organisasi, Manajemen Sumber Daya Manusia serta Perilaku Organisasi.
Asti Putri Kartiwi - Penulis lahir di kota Bogor pada tanggal 22 Maret 1984 dan menyelesaikan pendidikan studi s-1 di prodi Ekonomi manajemen Universitas Palangkaraya, Kalimantan Tengah pada tahun 2007, ditahun yang sama penulis mendaftar pada program pascasarjana bidang studi S-2 Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia dan berhasil lulus pada tahun 2009. Setahun kemudian pada tahun 2010 penulis mendaftar pada program Doktoral di Prodi S-3 Administrasi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dan menyelesaikan studi pada tahun 2014. Penulis telah menikah dan dikaruniai tiga orang anak yaitu Arjuna Farjana Hadipratama, Chayfa Humaira Passa dan Shaka Mahardikka Althaf. Sejak tahun 2019 penulis bekerja sebagai dosen pada program pascasarjana S-2 Administrasi Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu.

Penulis mengampuh beberapa matakuliah meliputi kepemimpinan dan perilaku organisasi, manajemen sumberdaya manusia, metodologi penelitian, dan teknologi informasi dan SIM. Saat ini penulis fokus pada bidang keahlian kepemimpinan dan perilaku organisasi sesuai matakuliah yang di ampuh pada program studi Magister Administrasi Pendidikan. Penulis juga sudah banyak menghasilkan karya tulis sesuai bidang keahlian yang dimiliki.
Acai Sudirman - Lahir di Lubuk Pakam, 15 Maret 1989, lulus dari Jurusan Sarjana Manajemen dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung pada tahun 2016. Gelar Magister Manajemen diperoleh dari program Magister Manajemen Fakultas Pascasarjana Universitas HKBP Nommensen Medan dengan konsentrasi Manajemen Pemasaran dan lulus pada tahun 2018. Saat ini aktif mengajar pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung pada Program Studi Manajemen. Selain sebagai dosen, penulis mengisi waktu sehari-hari dengan menulis dan telah menulis buku lebih dari 70-an dengan topik manajemen dan bisnis. Selain aktif menulis buku, penulis juga mulai belajar menjadi editor buku. Penulis menargetkan di akhir tahun 2022 bisa menghasilkan sebanyak 100 buku, baik sebagai penulis maupun sebagai editor. Motto penulis “Jomblo 4.0: Talk Less Do More”.
Rendy Sueztra Canaldhy - Ketertarikan penulis terhadap Ilmu Sosial dan Politik pada tahun 2001 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan program studi ilmu pemerintahan dan berhasil lulus pada tahun 2005. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi negeri Universitas Gadjah Mada di administrasi publik pada tahun 2008.

Penulis memiliki kepakaran dibidang kebijakan dan pelayanan publik. dan untuk menunjang karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.
Fetty Poerwita Sary - lahir di Palembang, 20 Januari 1978, merupakan dosen di Universitas Telkom Bandung dengan pengalaman mengajar lebih dari 20 tahun. Beliau juga merupakan Dosen mata kuliah MSDM, Perilaku Organisasi, Global Leadership, dan Interpesonal Komunikasi Bisnis di Fakultas Ekonomi dan Bisnis – Universitas Telkom.

Beliau pernah menjabat sebagai Direktur Pasca Sarjana dan Advanced Learning, Ketua Program Studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika, Sekretaris Prodi Internasional ICT Business, Internal Auditor, dan masih aktif sebagai peneliti di Research Center Digital Business Ecosystem. Beliau juga pernah menghasilkan buku terkait dengan bidang MSDM dan juga aktif melakukan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang terkait dengan mata kuliah yang diampu, selain sebagai konsultan dan narasumber.
Hikmat Zakky Almubaroq - Lulusan Akademi Angkatan Udara 1994. Jabatan yang saat ini adalah Kaprodi S2 Kelas Internasional Manajemen Pertahanan Fakultas Manajemen Pertahanan Universitas Pertahanan Republik Indonesia. Jabatan sebelumnya sebagai Kepala Sub Direktorat Pengkajian Internasional Lemhannas RI. Pernah mendapat kepercayaan untuk menjadi anggota Tim Kajian Dewan Pertimbangan Presiden RI berdasarkan surat Keputusan Dewan Pertimbangan Presiden RI Nomor 01 Tahun 2018 tanggal 30 April 2018. Beberapa penugasan yang telah dilaksanakan;, ASEAN Defence Senior Official Meeting (ADSOM), High Level Committee Malaysia-Indonesia (HLC MALINDO), Asean Military Intelligence Informal Meeting (AMIIM), Asean Military Operations Informal Meeting (AMOIM), Building Integrity for Senior Leader di U.K. Inggris. Beberapa kali sebagai Ketua, sekretaris, maupun sebagai Steering Commitee dan Organizing Committee dalam berbagai forum nasional maupun internasional diantaranya adalah; Jakarta Geopolitical Forum 2018, 2019, dan 2020, Making Indonesia 4.0., Scenario Planning Indonesia 2045 dan sebagainya. Dia juga beberapa kali diminta sebagai pembicara tunggalberbagai kegiatan seminar di berbagai universitas seperti Telkom University, Mercu Buana Univesity, President Universirty, Universitas Pendidikan Indonesia, IKIP Siliwangi, dsb. Memegang gelar Doktor dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).
Siti Waliah - Adalah seorang istri dan ibu dari ketiga anaknya, yang dilahirkan di Plaju, 2 Agustus 1978, Plaju adalah sebuah kecamatan yang berada di kota Palembang.. Mengenyam pendidikan sekolah dasar di SDN 370 Palembang, pada 1989. Dan melanjutkan pendidikan Sekolah menengah pada SMPN 24 Palembang tahun 1994, selanjutnya ke sekolah menengah umum negeri 04 Palembang tahun 1997. Penulis menyelesaikan strata-1 pada tahun 2002, untuk Program studi Administrasi Negara pada Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sriwijaya Palembang, dan menyelesaikan strata-2 di tahun 2008 untuk program studi yang sama yaitu Administasi Publik pada Program Pasca Sarjana Universitas Sjakhyakirti Palembang. Penulis merupakan salah seorang dosen PNS dpk pada Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Sjakhyakirti Palembang. Karir menjadi satu Dosen PNS dpk LLdikti Wilayah II telah penulis jalani sejak tahun 2005 sampai dengan sekarang.
Dwi Oktisari - Penulis merupakan Alumni dari SMA Negeri 1 Kota Prabumulih. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi dan berhasil menyelesaikan studi S1 di prodi ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS SJAKHYAKIRTI pada tahun 2010. Kemudian, penulis menyelesaikan studi S2 di prodi ILMU ADMINISTRASI PROGRAM PASCA SARJANA Di Kampus yang sama. Penulis memiliki kepakaran dibidang Pemerintahan dan Administrasi Publik. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.
Yuliana - Penulis Lahir di Palembang, 22 Juli 1979. Penulis menyelesaikan pendidikan Strata Satu (SI) pada Program Studi Ilmu Administrasi di Fakultas Ilmu Administrasi pada tahun 2003 di Universitas Sjakhyakirti Palembang dan melanjutkan pendidikan Strata Dua (S2) pada Program Studi Administrasi Publik pada tempat yang sama di Universitas Sjakhyakirti Palembang pada tahun 2013. Penulis Dosen Tetap Yayasan Perguruan Tinggi Sjakyakirti Palembang yang aktif mengajar di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Sjakhyakirti Mengajar pada mata kuliah Organisasi dan Manajemen, Etika Administrasi, Studi Implementasi Kebijakan Publik, Analisis Strategi Pembangunan, Kebijakan Publik, Sistem Politik Indonesia, Ekologi Administrasi, Pengantar Ilmu Administrasi Negara, Pendidikan Pancasila, Analisis Dampak Sosial, Administrai Pembangunan, Perilaku Organisasi, Teori Perencanaan dan sekarang penulis menjabat sebagai Ketua Program Studi Ilmu Administarsi Universitas Sjakhyakirti Palembang. Adapun book chapter yang pernah di tulis berjudul Kebijakan publik, Ilmu Komunikasi, Organization Strategi, Good Governance dalam Pelayanan Publik, Manajemen SDM dalam Era Society 5.0, Administrasi Pembangunan, Pengantar Manajemen Modern, Teori Organisasi Konsep Dan Implementasinya, Kepemimpinan dalam Organisasi.
Mochamad Vrans Romi - Penulis lahir di Bandung, 2 November 1988, Riwayat pendidikan Sarjana dimulai pada jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jenderal Achmad Yani, lulus pada tahun 2013, kemudian melanjutkan pendidikan S2 di Magister Manajemen Universitas Pasundan, lulus pada tahun 2015. Tahun 2017 melanjutkan pendidikan di Program Studi Doktor Ilmu Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Riwayat pekerjaan : Karir sebagai Dosen diawali pada tahun 2016 di Universitas Jenderal Achmad Yani sampai dengan sekarang. Penulis yang merupakan Dosen Jurusan Manajemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Achmad Yani, penulis juga pernah menjadi Ketua Gugus Kendali Mutu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unjani di tahun 2018 dan menjadi Kepala Bagian Kemahasiswaan dan Alumni Unjani dari tahun 2019-2021, dan ditahun 2021 menjadi Wakil Dekan II Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unjani.

Editor

Harini Fajar Ningrum - Penulis melanjutkan pendidikan tinggi S1 dan S2 pada Universitas Pendidikan Indonesia – Bandung yang keduanya berfokus pada spesialisasi Manajemen SDM. Penulis merupakan akademisi / dosen di Indonesia. Penulis aktif menjadi peneliti dan mempublikasikan berbagai karya tulis ilmiah dalam bidang kajian Ilmu Manajemen. Saat ini, penulis juga tersertifikasi oleh BNSP sebagai penyunting naskah, dan aktif menjadi editor pada berbagai jurnal dan buku.

Daftar Isi

Cover Depan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1. Globalisasi dan Dampak Perubahan
     Pendahuluan
     Globalisasi dalam Dunia Modern
Bab 2. Pelatihan dan Pengembangan SDM
     Pengertian Pelatihan dan Pengembangan SDM
     Tujuan Pelatihan dan Pengembangan SDM
     Kategori Pelatihan dan Pengembangan SDM Lebih Strategis
     Pelatihan dan Pengembangan SDM Era Industri 4.0
     Hal yang Sering Terabaikan dalam Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia
Bab 3. Tantangan Strategis dan Isu Penting Manajemen SDM
     Tantangan Strategis Tren Pembentuk Manajemen Sumber Daya Manusia Masa Kini
     Isu Penting Manajemen Sumber Daya Manusia Masa Kini
Bab 4. Konsep Manajemen SDM
     Sejarah Manajemen Sumberdaya Manusia
     Pendekatan Manajemen Sumberdaya Manusia
     Tujuan Manajemen Sumberdaya Manusia
     Fungsi Manajemen Sumberdaya Manusia
     Sumberdaya Manusia Unggul
Bab 5. Lingkungan dan Strategi Manajemen SDM
     Pendahuluan
     Lingkungan Manajemen Sumber Daya Manusia
     Strategi Sumber Daya Manusia
     Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia yang Unggul
Bab 6. Sistem dan Proses Perencanaan SDM
     Pengertian Perencanaan Sumber Daya Manusia
     Pentingnya Perencanaan Sumber Daya Manusia
     Tujuan Perencanaan Sumber Daya Manusia
     Manfaat Perencanaan Sumber Daya Manusia
     Elemen-Elemen Perencanaan Sumber Daya Manusia
     Teknik Meramalkan Sumber Daya Manusia
     Tahapan/Proses Perencanaan Sumber Daya Manusia
Bab 7. Pengembangan SDM
     Pendahuluan
     Definisi Pengembangan SDM
     Indikator Pengembangan SDM di Tingkat Organisasi
     Luaran Pengembangan SDM
     Hubungan Antara Manajemen SDM dan Pengembangan SDM
     Fungsi Pengembangan SDM
     Tantangan Bagi Profesional Organisasi dan Pengembangan SDM di Era Society 5.0
     Ringkasan
Bab 8. Kesejahteraan SDM
     Si Tou Timou Tumou Tou
     Scandinavian Girl
Bab 9. Kepemimpinan dan Komunikasi
     Pendahuluan
     Kepemimpinan
     Komunikasi
     Aspek Komunikasi yang Efektif
     Penutup
Bab 10. Peran Serikat Pekerja dalam Penyelesaian Perselisihan Pemutusan Hubungan Kerja
     Pengertian Industrial
     Pengertian Serikat Pekerja
     Perselisihan Pemutusan Hubungan Kerja
     Peran Serikat Pekerja dalam Penyelesaian Perselisihan Pemutusan Hubungan Kerja
Bab 11. Kompetensi Profesional SDM
     Pendahuluan
     Pengertian Kompetensi
     Manfaat Kompetensi
     Jenis-Jenis Kompetensi
     Karakteristik Kompetensi
     Pengertian Profesional SDM
Bab 12. Sistem Informasi SDM
     Pengertian Sistem Informasi SDM
     Manfaat Sistem Informasi SDM
     Jenis Perangkat Lunak Sistem Informasi SDM
     Fungsi Sistem Informasi SDM
Cover Belakang