Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Pengendalian Penyakit di Indonesia

1 Pembaca
Rp 90.000 28%
Rp 65.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 195.000 13%
Rp 56.333 /orang
Rp 169.000

5 Pembaca
Rp 325.000 20%
Rp 52.000 /orang
Rp 260.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Pada buku ini para penulis berupaya menghadirkan kebaruan berdasarkan data dan hasil penelitian terkini. Adapun metode penyusunan naskah menggunakan studi literatur. Secara struktur buku ini terdiri dari 11 bab yang terdiri dari Tuberkulosis, HIV/AIDS, Pneumonia, Hepatitis, Diare, Kusta, Corona Diseases (Covid-19), Tetanus Neonatrum, Campak, Difteri, AFP, dan (Acute Flaccid Paralysis/Lumpuh Layu). Penyakit tersebut merupakan penyakit menular yang menjadi tantangan para tenaga kesehatan di Indonesia.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Agustiawan / Nessy Anggun Primasari / Dini Prastyo Wijayanti / Nelfa Fitria Takahepis / Pepin Nahariani / Dian Pratiwi Iman / Dwi Hendriani / Debie Rizqoh / Agung Suharto / Mariza Elvira / Sartika
Editor: Zeni Zaenal Mutaqin

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233629690
Terbit: Januari 2023 , 194 Halaman










Ikhtisar

Pada buku ini para penulis berupaya menghadirkan kebaruan berdasarkan data dan hasil penelitian terkini. Adapun metode penyusunan naskah menggunakan studi literatur. Secara struktur buku ini terdiri dari 11 bab yang terdiri dari Tuberkulosis, HIV/AIDS, Pneumonia, Hepatitis, Diare, Kusta, Corona Diseases (Covid-19), Tetanus Neonatrum, Campak, Difteri, AFP, dan (Acute Flaccid Paralysis/Lumpuh Layu). Penyakit tersebut merupakan penyakit menular yang menjadi tantangan para tenaga kesehatan di Indonesia.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Alhamdulillaahirabbli’alamiin. Puji dan syukur kehadirat Allah SWT, berkat izin dan karunia-Nya buku ini dapat ditulis dan berhasil diterbitkan. Buku kolaborasi dengan judul Pengendalian Penyakit di Indonesia ditulis oleh para akademisi dan peneliti dari berbagai institusi di Indonesia.

Pada buku ini para penulis berupaya menghadirkan kebaruan berdasarkan data dan hasil penelitian terkini.

Adapun metode penyusunan naskah menggunakan studi literatur. Secara struktur buku ini terdiri dari 11 bab yang terdiri dari Tuberkulosis, HIV/AIDS, Pneumonia, Hepatitis, Diare, Kusta, Corona Diseases (Covid-19), Tetanus Neonatrum, Campak, Difteri, AFP, dan (Acute Flaccid Paralysis/Lumpuh Layu). Penyakit tersebut merupakan penyakit menular yang menjadi tantangan para tenaga kesehatan di Indonesia.

Terima kasih yang tak terhingga kami haturkan kepada seluruh pihak yang telah membantu dan berkontribusi pada pembuatan buku ini. Secara khusus kami ucapkan terima kasih kepada penerbit Media Sains Indonesia yang telah menerbitkan. Untuk peningkatan kualitas pada penyusunan buku selanjutnya kami sangat mengharapkan saran dan kritik dari pembaca. Harapan besar kami selain buku ini dapat bermanfaat bagi upaya pengendalian penyakit di Indonesia juga dapat menjadi amal jariyah yang pahalanya terus mengalir abadi kepada seluruh pihak yang terlibat. Aamiin yaa Rabbal ‘alamiin.

Penulis

Agustiawan - Merupakan Dokter di Rumah Sakit Islam (RSI) Ibnu Sina Pekanbaru dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Pekanbaru, Riau. Penulis menyelesaikan pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh pada tahun 2018 dan Magister Kesehatan Masyarakat (Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku) di Institut Kesehatan Helvetia Medan. Agustiawan juga sedang menjalani Pendidikan Sarjana Hukum di Universitas Terbuka.

Agustiawan tergabung dalam organisasi Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Perkumpulan Promotor dan Pendidik Kesehatan Masyarakat Indonesia (PPPKMI), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja Indonesia (PAKKI), dan mendirikan Perkumpulan Health Education and Promotion (HEP) Indonesia.

Editor menyelesaikan program kursus Ahli Ilmu Faal Olahraga Klinis (AIFO-K) dan mendapatkan sertifikasi tersebut dari BNSP RI. Editor juga aktif menulis beberapa jurnal dengan bahasan yang fokus pada Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran. Agustiawan juga merupakan Fellor dari Royal Society for Public Health (FRSPH) yang berpusat di London, UK. Agustiawan juga menyelesaikan Diploma dalam Sustainable Management dari IBMI Berlin.
Nessy Anggun Primasari - Ketertarikan penulis dengan bidang penelitian sejak penulis menempuh pendidikan D-III Akademi Keperawatan di Poltekkes Kemenkes Surabaya lulus tahun 2011, kemudian penulis menyelesaikan pendidikan Sarjana dan Profesi Ners pada tahun 2014 di Universitas Airlangga Surabaya. Pada tahun 2019 penulis menyelesaikan pendidikan Magister peminatan Komunitas di Universitas Airlangga Surabaya. Saat ini penulis merupakan dosen di Program Studi Keperawatan STIKES Guna Bangsa Yogyakarta. Penulis dilahirkan di Surabaya, 11 Desember 1989. Beberapa karya ilmiah penelitian dan buku yang telah di publikasikan terkait tentang komunitas dan penelitian seperti Buku Modul Pemberdayaan Keluarga Berbasis Keyakinan Pada Pasien Terinfeksi HIV/AIDS (2019), Buku Panduan Pembuatan Literature Review (2020), dan menulis artikel di beberapa jurnal, baik jurnal nasional maupun internasional. Beberapa karya ilmiah berupa riset keperawatan keluarga dan komunitas yang telah dipublikasikan diantaranya Determinants of Stigma Attitude Among People Living with HIV, Juni 2019, Pemberdayaan Keluarga Berbasis Keyakinan Terhadap Health Related Quality Of Life Pada Pasien Terinfeksi HIV/AIDS, Desember 2019, Factors Associated with Knowledge, Attitude and Behavior of Condom Use among Women Living with HIV AIDS Oktober tahun 2019. .
Dini Prastyo Wijayanti - Dini Prastyo Wijayanti, S. Kep, Ns, M. Kep lahir di Sidoarjo, 4 Juni 1989. Pendidikan Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners di selesaikan di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya tahun 2012. Penulis menyelesaikan Program Magister Keperawatan di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Brawijaya tahun 2018. Penulis saat ini adalah Dosen Politeknik Kesehatan Kerta Cendekia Sidoarjo. Penulis aktif pada kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Hasil Karya Penelitian dan Pengabdian Masyarakat sudah dipublikasikan ke Jurnal Nasional dan Internasional. Penulis merupakan anggota HIPGABI JATIM dan SRPB JATIM aktif dalam kegiatan kegawatdaruratan dan kebencanaan.

Penulis telah memiliki tiga buku sebelumnya yang berjudul “ Model Asuhan Keperawatan Covid-19 Berdasarkan Teori Betty Neuman ( Aplikasi pada Keperawatan Gawat Darurat dan Keperawatan Jiwa), buku chapter “Keperawatan Bencana dan Kegawatdaruratan (Teori dan penerapan)”, dan “Pengendalian Penyakit di Indonesia”
Nelfa Fitria Takahepis - Penulis merupakan dosen pengajar di Universitas Muhammadiyah Manado. Penulis lahir di Manado, 7 Maret 1984 dan mulai tertarik terhadap ilmu kesehatan dimulai sejak tahun 1999 pertama masuk sekolah perawat kesehatan di Rumkit Tk.III Teling, Manado. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan Stara 1 Universitas Katolik Dela Salle Manado Program Studi Ilmu Keperawatan dari tahun 2002-2006 setelah itu lanjut ke jenjang Profesi Ners di Universitas Katolik De La Salle Manado pada tahun 2006. Setelah lulus Profesi Ners penulis memilih mengajar sebagai tenaga pendidik di Universitas Muhammadiyah Manado dari tahun 2011-Sekarang. Seiring mengajar di Universitas Muhammadiyah Manado penulis melanjutkan studi S2 Program Magister Keperawatan Medikal Bedah di STIK Sint-Carolus Jakarta pada Tahun 2018-2020.

Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dan pengabdian pada masyarakat dibidang keperawatan. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi.
Pepin Nahariani - Dimulai dari sebuah kebutuhan untuk menulis bagi setiap pengajar, maka saya mulai dari yang kecil, dari waktu sekarang dan dari diri sendiri. Penulis lahir di Kediri, memiliki riwayat pendidikan ilmu Keperawatan dari jenjang Sarjana dan Profesi Ners tahun 2006 dan lulus Magister Keperawatan tahun 2013 pada kampus yang sama yaitu di Universitas Airlangga Surabaya.

Pengalaman mengajar dimulai tahun 2007 dan sekarang menjabat sebagai Kaprodi Pendidikan Profesi Ners di STIKES Pemkab Jombang. Bidang keahlian Manajemen Keperawatan, ilmu komplementer dan Keperawatan Medikal Bedah.

Penulis ingin mengimplementasikan antara ilmu, sikap dan skill menjadi sebuah keahlian yang tidak terpisahkan. Dengan hasil karya tulisan ini, penulis berharap bisa memberikan sebuah wacana pengalaman dalam mendiskripsikan ketiganya. Untuk menjadi pengajar yang profesional, penulis aktif di beberapa organisasi, salah satunya PPNI, AIPNI Regional, HPHI Jatim, HPMI Jatim, dan P3AI Kab Jombang. Selain itu juga penulis aktif dibidang riset keilmuan dengan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI, pemerintah daerah. Penulis juga aktif mengikuti kegiatan sosial di masyarakat, diantaranya yaitu di tim edukasi peggiat kurma tropis, komunitas komplementer dan thibunnabawi, komunitas senam taichi serta komunitas madu indonesia. Dengan kegiatan menulis ini, penulis memiliki harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi sesama.
Dian Pratiwi Iman - Penulis berdomisili di Manado, Sulawesi Utara. Sejak menempuh pendidikan di Sekolah Menegah Atas, penulis telah tertarik dengan dunia kesehatan. Hal ini membuat penulis memilih untuk melanjutkan studi ke Program Studi Kedokteran Umum Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi dan berhasil lulus pada tahun 2010. Tahun 2014, penulis kemudian melanjutkan studi S2 di Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi dengan minat Gizi Kesehatan Masyarakat. Saat ini penulis adalah dosen tetap di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Manado. Mengampu mata kuliah Anatomi Fisiologi dan Patofisiologi. Sebagai dosen dalam melaksanakan tugas profesionalnya selain aktif mengajar penulis juga melaksanakan penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Penulis juga aktif di organisasi pelayanan kemanusiaan yang memiliki program kesehatan.
Dwi Hendriani - Ketertarikan penulis terhadap ilmu kesehatan dimulai pada tahun 1996 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke Sekolah Perawat Kesehatan di SPK Depkes Samarinda pada tahun 1996 dan melanjutkan studi ke Diploma III Kebidanan di Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur, dilanjutkan ke jenjang Sarjana Terapan Kebidanan. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi dan berhasil menyelesaikan studi S1 Kesehatan Masyarakat Peminatan Promosi Kesehatan/PKIP di Universitas Widya Gama Mahakam pada tahun 2007. Selanjutnya pada tahun 2013, penulis menyelesaikan studi S2 Kesehatan Masyarakat Peminatan Promosi Kesehatan di Universitas Hasanuddin Makassar.

Terhitung bulan Desember 2018 penulis bergabung di Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Kalimantan Timur. Selain itu penulis juga tergabung dalam organisasi Perkumpulan Promotor dan Pendidik Kesehatan Masyarakat Indonesia (PPPKMI), Asosiasi Dosen Indonesia (ADI), organisasi Ikatan Bidan Indonesia (IBI), serta Asosiasi Pendidikan Kebidanan Indonesia (AIPKIND). Sebagai dosen, penulis aktif sebagai peneliti dibidang ilmunya serta menulis Buku dan Modul sebagai Luaran Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, dan sudah terdaftar pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM RI, dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan ilmu kesehatan serta bagi bangsa dan negara yang tercinta ini.
Debie Rizqoh - Penulis merupakan lulusan Magister Ilmu Biomedik di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dengan spesialisasi di bidang Mikrobiologi. Penulis juga alumni S1 Biologi di Institut Pertanian Bogor. Saat ini penulis bekerja sebagai dosen S1 Kedokteran, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Bengkulu. Penulis juga merupakan anggota Perhimpunan Mikrobiologi Indonesia (PERMI). Hobinya adalah membaca, menulis dan traveling. Sebelumnya penulis telah menerbitkan buku ajar “Teknik Laboratorium Mikrobiologi Medik”, modul pembelajaran “Neuropatogenesis Infeksi Bakteri”, modul pembelajaran “Prinsip Dasar Infeksi Virus”, dan buku monograf “Pengembangang Vaksin Virus Influenza H5N1”. Penulis merupakan salah satu pemenang Hibah Buku Ajar Universitas Bengkulu tahun 2022. Bidang ilmu yang digeluti penulis saat ini adalah Mikrobiologi. Dari saat kuliah S1 hingga menjadi dosen, penulis telah melakukan banyak penelitian terkait bidang mikrobiologi. Penulis juga telah banyak menghasilkan artikel ilmiah mengenai bidang mikrobiologi yang telah dipublikasi di beberapa jurnal ilmiah. Harapan penulis semua karyanya dapat bermanfaat, bisa menjadi warisan ilmu pengetahuan bagi bangsa Indonesia.
Agung Suharto - Lahir di Ponorogo, 06 Oktober 1969, Lulus Sekolah Perawat Kesehatan Dr Soedono Madiun (1989). Lulus Diploma III Keperawatan (Program Keguruan) Soetopo Surabaya (1995). Lulus Program Studi DIV Perawat Pendidik (Komunitas) FK Unair Surabaya (1999). Lulus S1 Pendidikan (Bimbingan dan Konseling) IKIP PGRI Madiun (2001). Lulus S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat (Perilaku Promosi Kesehatan) UGM Jogjakarta (2003). Lulus Program Doktor (S3) Fakultas Kesehatan Masyarakat Unair Surabaya ( 2017).
Sejak tahun 1990 sampai 1999 sebagai Guru pada SPK Depkes Magetan. Sejak tahun 1999 sampai sekarang, penulis sebagai Dosen pada Program Studi DIII Kebidanan Magetan Poltekkes Kemenkes Surabaya.
Penulis sebagai Reviewer nasional penelitian dan pengabdian masyarakat, Asesor Beban Kinerja (BKD) Dosen, Anggota Tim KEPK Poltekkes Kemenkes Surabaya. Selain itu penulis aktif dalam penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang pemberdayaan masyarakat dan perilaku promosi kesehatan serta publikasi artikel jurnal nasional maupun internasional.
Mariza Elvira - Penulis merupakan Dosen pada Jurusan Keperawatan Fakultas Psikologi dan Kesehatan, Universitas Negeri Padang (UNP). Menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Atas di SMA Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman (2003-2006), pendidikan Sarjana Keperawatan (2007-2011) dan Profesi Ners (2011-2012) pada Program Studi Ilmu Keperawatan STIKes Perintis Padang, pendidikan Magister Keperawatan pada Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Andalas (2014-2016). Selama menjadi dosen, penulis aktif dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Penulis juga aktif mengikuti berbagai pelatihan dan kegiatan orasi ilmiah untuk pengembangan diri. Berbagai karya ilmiah telah dihasilkan baik dalam bentuk buku, HKI maupun artikel ilmiah pada jurnal nasional dan jurnal internasional.
Sartika - Lahir di Pangkajene Kabupaten Sidenreng Rappang, Provinsi Sulawesi Selatan, 03 Juli 1989. Dosen di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (2015). Penulis merupakan Magister Kesehatan Masyarakat peminatan Epidemiologi (2012) dari Universitas Hasanuddin, Makassar. Penulis menjadi tenaga pengajar dengan bidang ilmu kesehatan masyarakat dan menggeluti bidang Epidemiologi, epidemiologi Penyakit Menular dan Tidak Menular serta berbagai matakuliah umum di program studi Kesehatan masyarakat. Karya tulis Penulis pada pendidikan starata satu Sarjana Kesehatan Masyarakat Topik terkait Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Scabies Di Pondok Pesantren sedangkan pada saat mengenyam pendidikan strata dua, magister kesehatan masyarakat, penulis memilih topik terkait Determinan Kejadian Ansietas pada Ibu Hamil.

Editor

Zeni Zaenal Mutaqin - Editor lahir di Garut tanggal 12 Januari 1983. Ketertarikan editor pada dunia menulis mulai tumbuh saat duduk di bangku SMA. Beberapa tulisan editor dalam bentuk opini pernah dimuat di koran lokal Garut saat editor menjadi mahasiswa S-1 Kesehatan Masyarakat di STIKes Garut. Pada tahun 2011 editor menjadi PNS di Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Jakarta I. Tahun 2015 editor mendapatkan beasiswa tugas belajar S-2 di FKM Universitas Indonesia Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat peminatan Kebijakan dan Hukum Kesehatan lulus tahun 2017. Saat menjadi mahasiswa S-2 editor pernah diamanahi sebagai ketua Himpunan Mahasiswa Pascasarjana FKM UI tahun 2016-2017.

Selain memiliki keilmuan di bidang Kesehatan Masyarakat editorpun memiliki kompetensi di bidang Pendidikan Antikorupsi. Pada tahun 2020 editor mendapatkan sertifikat dari Lembaga Sertifikasi Profesi Komisi Pemberantasan Korupsi (LSP-KPK) sebagai penyuluh antikorupsi. Pada tahun 2021 editor mendapatkan sertifikat sebagai fasilitator diklat calon penyuluh antikorupsi dari LSP-KPK. Editor aktif melakukan penelitian dan menulis buku bidang Kesehatan Masyarakat dan Pendidikan Antikorupsi. Juga aktif memberikan penyuluhan baik di bidang Kesehatan Masyarakat maupun Pendidikan Antikorupsi. Selain sebagai dosen editor mendapatkan amanah sebagai ketua Satuan Pengawas Internal di Poltekkes Kemenkes Jakarta I.

Daftar Isi

Cover Depan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1. Tubercolosis
     Pendahuluan
     Definisi Dan Penyebab
     Gejala Dan Diagnosis Tuberkulosis
     Isu Terkait Tuberkulosis
     Pengendalian Tuberkulosis
Bab 2. Hiv / Aids
     Hiv
     Siklus Hidup Hiv
     Aids
     Etiologi
     Gejala Klinis
     Fase Klinis HIV/AIDS
     Penularan HIV/AIDS
     Pencegahan HIV/AIDS
     Kelompok Risiko Tinggi Tertular HIV/AIDS
     Stadium HIV/AIDS Menurut Gejala Klinis
Bab 3.  Pneumonia
     Pendahuluan
     Definisi Pneumonia
     Etiologi
     Manifestasi Klinis
     Penularan
     Klasifikasi
     Patofisiologi
     Pemeriksaan Penunjang
     Penatalaksanaan
     Komplikasi
     Pencegahan dan Faktor Resiko
Bab 4. Hepatitis
     Pendahuluan
     Definisi Hepatitis
     Etiologi
     Jenis Hepatitis
     Penatalaksanaan/Perawatan
     Pencegahan
     Gejala Klinis
     Pencegahan
     Pengendalian Hepatitis (Kemenkes RI, 2020)
Bab 5. Diare
     Definisi
     Prevalensi Kejadian
     Tanda Gejala
     Patogenesis
     Pemeriksaan Penunjang
     Pemeriksaan Fisik
     Komplikasi
     Penatalaksanaan
     Pencegahan
Bab 6. Kusta
     Pendahuluan
     Definisi
     Etiologi dan Patogenesis
     Klasifikasi
     Reaksi Kusta
     Manifestasi Klinis
     Diagnosis
     Diagnosis Banding
     Terapi
     Pengendalian Penyakit Kusta di Indonesia
Bab 7. Coronavirus Diseases (Covid-19)
     Pendahuluan
     Covid-19 Sebagai Bencana Nasional
     Dampak Sosial dan Ekonomi Wabah Covid-19
     Cara Penyebaran Virus
     Protokol Kesehatan yang Harus Dipatuhi
     Pencegahan dan Pengendalian Kasus Covid-19
Bab 8. Tetanus Neonatorium
     Pendahuluan
     Etiologi dan Faktor Risiko Tetanus Neonatorum
     Gejala Klinis Tetanus Neonatorum
     Patofisiologi Tetanus Neonatorum
     Diagnosis, Prognosis dan Komplikasi
     Tatalaksana Tetanus Neonatorum
     Pencegahan Tetanus Neonatorum
Bab 9. Campak
     Pendahuluan
     Pengertian
     Gejala
     Stadium
     Komplikasi
     Pencegahan
     Pengobatan
     Perawatan Campak di Rumah
Bab 10. Penyakit Difteri
     Pendahuluan
     Defenisi
     Etiologi
     Patogenesis
     Klasifikasi Difteri
     Tanda dan Gejala
     Penatalaksanaan dan Pengobatan
     Surveilans Difteri
     Tujuan Surveilans Difteri
     Klasifikasi Kasus Difteri
     Kegiatan Surveilans
     Tatalaksana Kontak Erat Kasus
     Strategi Penanggulangan KLB Difteri
     Pencegahan Difteri Melalui Imunisasi
     Tatalaksana Kasus Difteri di Rumah Sakit
Bab 11. Afp (Acute Flaccod Paralysis/Lumpuh Layu)
     Pendahuluan
     Pengertian AFP
     Etiologi AFP
     Gejala, Tanda dan Masa Inkubasi
     Cara Transmisi (Penularan)
     Penegakan Diagnosis
     Informasi Laboratorium
     Treatment/Penatalaksanaan
     Faktor Risiko Kejadian AFP
     Situasi di Indonesia
     Situasi Global
     Cara Pencegahan
Cover Belakang